Isnin, 6 Januari 2014

HAID,NIFAS DAN DARAH ISTIHADAH.

(Fasal) Ini suatu fasal mewajib atas semuanya atau ibu bapanya mengajarkan isterinya dan akan anaknya hukum haid dan nifas dan wiladah istihadah (bermula) erti haid itu darah yang keluar daripada perempuan yang sampai umurnya sembilan tahun atau lebih sekurang-kurangnya sehari semalam dan sebanyak-banyaknya lima belas hari dan malamnya lima atau enam atau tujuh hari maka dinamakan darah haid (dan erti) nifas itu darah yang keluar kemudian daripada selesai keluar anaknya maka sekurang-kurangnya satu titik dan sebanyak-banyaknya enam puluh hari dan ghalibnya empat puluh atau dua puluh dan lebih kurang daripadanya (dan erti) wiladah beranak jika tiada berserta darah dan sekeliannya mewajibkan mandi diangkatkan hadasnya daripada haid atau daripada nifas atau daripada wiladah dan wajib meninggalkan sembahyangnya dan puasa dan membaca quran dan berhenti di dalam masjid (dan erti) istihadah itu darah penyakit yang keluar dari bukan masa haid dan nifas seperti darah yang lebih daripada sebanyak-banyak haid dan nifas maka dinamakan darah istihadah maka tiada dimenegahkan daripada sembahyang dan puasa dan mengambil kesukaan oleh suaminya
Sulmu Al-Mubtadi (M/S: 8)
28 April 2009
Surau Kg. Jawa

Meskipun haid dan sekelompok dengannya tidak berlaku kepada golongan lelaki namun mengetahuinya adalah wajib untuk mengajar ahli keluarga terutama isteri dan anak perempuan kerana boleh menyebabkan dosa isteri dan anak perempuan mereka juga tertanggung oleh si suami. Betapa pentingnya ilmu ini juga dapat dilihat apabila si isteri yang keluar daripada rumah tanpa kebenaran suaminya untuk mempelajari ilmu ini tidak dikira nusyuz. Kekeliruan perbezaan antara haid dan sekelompok dengannya juga boleh menyebabkan dosa kerana silap mandi.

Haid seperti yang diterangkan dalam kitab ini merujuk darah yang dikeluarkan oleh seorang perempuan ketika umurnya 9 tahun atau ke atas dan paling awal dikira 16 hari sebelum masuk umur 9 tahun. Sekiranya keluar lebih awal daripada itu maka masih belum diwajibkan ke atas mereka perkara wajib seperti solat selepas tamat tempoh haid tersebut. Sekiranya telah keluar sekali maka dibenarkan mengikut adat iaitu tempoh jika bulan ini keluar 7 hari maka bulan hadapan juga 7 hari. Cara memeriksa haid tersebut berhenti adalah dengan memasukkan kain putih atau kapas ke dalam kemaluan dan pada kain atau kapas tersebut tiada warna darah seperti merah, kuning, atau seumpama dengannya dan kain tersebut berwarna putih. Tempoh darah haid keluar ialah 24 jam dalam 15 hari. Sekiranya kurang maka perlu qadha kembali solat yang ditinggalkan.

Antara perkara yang tidak boleh dilakukan ketika haid ialah solat, puasa, memegang Al-Quran, tawaf, sujud tilawah dan sujud syukur. Namun dalam keadaan haid boleh dibaca ayat Al-Quran selagi tidak diqasad membacanya seperti membaca zikir amalan, untuk perlindungan gangguan makhluk terutama memasuki tempat yang mencurigakan hingga tegak bulu roma, dan untuk tujuan perubatan*. Mereka yang haid juga tidak dibenarkan untuk tinggal atau menetap di dalam masjid dalam erti kata berhenti seketika dalam masjid selepas masuk ke dalamnya. Hanya dibenarkan untuk menetap di tempat yang tidak dilakukan solat seperti di tangga dan kolah masjid. Dibenarkan untuk melalui dalam masjid dengan masuk pintu yang berbeza dengan pintu keluar selagi mana wanita itu tidak berhenti seketika dan tiada darah yang menitik di dalam masjid.

Nifas ialah darah yang keluar selepas bersalin tidak kira lahir secara normal atau melalui pembedahan sekurang-kurangnya setitik. Syarat darah tersebut mestilah bayi tersebut telah keluar sepenuhnya tanpa tinggal sedikit juzuk dalam badan si ibu. Sekiranya darah yang keluar sebelum itu dinamakan darah tolaq dan masih diwajibkan ke atas wanita tersebut untuk menunaikan kewajiban seperti solat dan lain-lain sekiranya darah ini keluar. Sekiranya darah nifas tidak keluar pada waktu kelahiran dan darah tersebut keluar dalam tempoh tujuh hari selepas kelahiran maka wajib ke atas wanita tersebut mandi nifas. Tempoh paling lama darah ini keluar adalah 60 hari dan selalunya dalam tempoh 20 hari atau 40 hari. Selepas darah nifas berhenti diwajibkan mandi dan perlu melaksanakan perkara wajib seperti solat dan lain-lain.

Wiladah berlaku apabila seseorang wanita melahirkan anak tanpa keluar darah. Perkara ini berlaku pada anak Baginda Nabi Muhammad S.A.W; Fatimah ketika melahirkan anak. Wajib ke atas wanita tersebut untuk mandi wiladah selepas melahirkan anak dan diwajibkan untuk menunaikan perkara wajib seperti solat dan lain-lain. Sekiranya darah keluar dalam tempoh 7 hari selepas itu maka dinamakan darah tersebut darah nifas dan sekiranya darah keluar pada hari ke-8 dan seterusnya dinamakan darah haid.

Darah istihadah adalah darah penyakit yang keluar dalam keadaan abnormal melebihi 15 hari. Keadaan wanita yang keluar darah istihadah wajib melakukan perkara-perkara yang wajib seperti solat dan sebagainya. Sekiranya mengikut adat, seorang wanita yang haidnya pada hari pertama hingga ke-7 pada setiap bulan tiba-tiba keluar darah dari hari ke-10 hingga ke-16 maka diwajibkan ke atas wanita tersebut qadha kembali solatnya untuk hari ke-10 hingga ke-16. Seorang suami boleh meniduri isterinya ketika darah istihadah keluar dari isterinya.

DARAH MENJADI KOTOR

Kenapa darah kita jadi kotor?
Kejadian darah kotor, pekat atau bertoksid memang biasa berlaku dalam masyarakat hari ini. Perkara begini sudah menjadi lumrah dan sentiasa bermain dalam pemikiran serta seringkali menjadi topik perbualan harian kita. Apakah kita redha darah kita menjadi kotor, pekat atau bertoksid? Jawabnya tentu sekali kita tidak redha dan timbul rasa takut atau cemas. Mengikut kelazimannya bila darah kita sudah tidak normal lagi maka berbagai-bagai penyakit akan menyerang kita. Kenapa darah kita menjadi kotor, pekat atau bertoksid?

Punca yang biasa kita ketahui:
  Pemakanan tidak seimbang, berkolestrol tinggi, terlampau manis, masin atau masam selalunya akan mengganggu sistem pencernaan badan kita. Bahan-bahan yang berlebihan tadi akan tertinggal dalam badan kita bila ianya tidak dinyahkeluarkan dengan sempurna. Kebanyakan makanan pula mengandungi pengawet, penaik, perisa tambahan, perasa dan pewarna tiruan akan larut dalam darah sebagai toksid yang akan menyebabkan darah menjadi pekat dan kita istilahkan ianya sebagai "Darah Kotor".

Punca lain yang sangat bahaya:
  Kini terdapat berbagai-bagai jenis ubatan moden yang berada dipasaran yang diproses berasaskan dadah. Ianya sangat popular sebab ianya cepat bertindak, mudah didapati dan kebanyakannya lulus untuk dijual. Samada kita sedar atau tidak sedar ianya jadi terpaksa dan sangat digemari dalam masyarakat moden harini. Sejenis dadah yang dipanggil Steroid adalah menjadi pilihan utama dalam ubatan moden kerana ianya sangat berkesan dalam mengaktifkan sesuatu unsur (bahan-bahan kandungan ubat moden). Steroid sangat merbahaya sekiranya ia terlalu banyak dan lama berada dalam badan kitam dipercayai boleh mereputkan tulang.

Kebanyakan dadah atau bahan kimia proses yang digunakan dalam ubatan tadi akan mewujudkan ketagihan dan membuatkan kita terlalu bergantung padanya. Amalan yang berterusan akan menyebabkan darah kita menjadi pekat dan kotor, seterusnya akan mengakibatkan berbagai penyakit sampingan yang sangat bahaya terutama barah yang sangat popular sekarang ni...................

Dadah menjadi perangsang minda, mehilangkan rasa sakit juga alat penenang ketika kita sedang dilanda kesakitan. Dikala itu kita akan jadi khayal dan kemungkinan besar kita akan lupa diri, lupa juga pada Yang Maha Berkuasa, naumzubillah-himinzalikh.

Darah yang kotor akan menghalang zikrullah mengalir dalam darah kita menyebabkan kita jadi alpa kepada Yang Maha Pencipta. Tidak hairanlah kalau disaat-saat akhir kehidupan, terutama yang terlantar diwad, kita dapati ada diantaranya akan jadi malas untuk solat, zikrullah dan hilang kepergantungan kita kepada Yang Maha Esa.

Kenapa kita perlu bersihkan darah?
  Apa jua yang terlarut dalam darah kita selain dari apa yang sepatutnya mengikut keperluan sebenar badan kita haruslah dikeluarkan dengan kadar segera. Banyak pendekatan yang boleh kita ambil samada buat senaman, riadah atau makan penawar dibawah.

Segala usaha adalah menjadi wajib kerana menjadi tanggung-jawab kita menjaga amanah yang diberikan kepada kita untuk menjaga badan kita yang dipinjamkan ini. Jangan biarkan sampai sesiapa jua merosakkannya dengan membuang sebahagian daripada komponannya sesuka hati. Satu masa kita akan pulangkannya kepada yang berhak. Sampai hatikah kita kembalikan barang yang dipinjamkan kepada kita dalam keadaan rosak atau tidak normal lagi?

Darah yang bersih akan dapat melahirkan badan yang sihat, organ yang cergas, minda yang sempurna, jiwa yang tenang, hati yang baik dan akan mengalir zikrullah bersama oksijan disegenap urat saraf kita sehingga ke saraf paling halus sekalipun, insya-Allah.

Kepentingan darah bersih kepada organ dan sistem badan

Darah yang bersih akan dipam berulang-alik masuk dan keluar kepada setiap organ badan, segaligus mempengaruhi sistem badan, sistem imun, antibodi, sistem saraf, hormon dan sebagaiya. Bagi memastikan sistem ini berfungsi dengan baik kita sangat-sangat memerlukan darah yang bersih dengan kandungan oksijan dan zat yang diperlukan secukupnya serta mempunyai kadar kecairan yang sesuai.

Darah yang pekat dan kotor akan menjejaskan semua sistem, sekaligus akan menghasilkan berbagai-bagai penyakit yang berkait dengan darah, saraf, organ dan lain-lain.

Apakah penyakit yang senang dan selalu dihidapi oleh mereka yang mengandungi darah kotor?Antaranya adalah:

Senarai dibawah adalah diambil secara rawak, sebenarnya masih banyak lagi penyakit-penyakit yang disebabkan darah kotor:

a) Jangkitan kuman dalam darahb) Darah tinggic) Kencing manis / diabetis.d) Kegemukane) Gatal / berkudisf) Sakit / lenguh-lenguh urat-sarafg) Mudah letihh) Sterssi) Penyakit kulit seperti kurap, panau atau badamj) Sakit jantungk) Komplikasi hatil) Buah pinggangm) Buasirn) Batu karango) Hapetitis Bp) Senggugutq) Strokr) Uluran / medus) Hulu hatit) Radang paru-paruu) Ulserv) Barahw) Kegemukan

Bagaimana berbagai-bagai penyakit tersebut boleh sembuh?
  Apabila kita mengalami masalah kesihatan atau sedang sakit biasanya kita akan segera berusaha untuk sembuh, samada makan ubat atau berpantang. Biasanya bagi kita orang Islam pasti tidak lupa berdoa dan bertawakkal. Sebagai tip bagi tujuan memulihkan kesihatan kita saya kongsikan dengan saudara satu rahsia.

Bila berlaku sedikit kecuaian samada oleh tangan kita sendiri atau oleh orang lain maka kita akan jadi mangsa dan terperangkap dalam masalah kesihatan. Kenapa kita jadi tidak sihat? Sebahagian besarnya berpunca dari darah kotor. Nabi Muhammad saw pernah bersabda " Segala penyakit berpunca dari perut"membawa maksud apajua yang kita makan atau minum akan masuk kedalam perut dan menghasilkan darah. Makanan yang bercampur berbagai-bagai bahan luaran menjadi punca utama darah jadi kotor, sekaligus mengganggu kestabilan sistem badan dan organ.

Bagaimana?
  Sebagai pemilik tubuh yang dikurniakan Illahi dengan sebaik-baik kejadian, lengkap dengan segala sistem dan mampu melakukan berbagai-bagai perkara yang tidak diberikan kepada makhluk lain dimuka bumi ini kita wajib bersyukur dan perlu menjaganya dengan sebaik-baiknya. Tubuh kita adalah amanah Allah swt dan kita diberi hak untuk melindungi dan menjaganya semampu kita.

Jadi, untuk kita jadi sihat atau kekal sihat kita perlulah sentiasa menjaga kebersihan badan kita luar dan dalam. Bagi membersihkan dalaman badan kita, kita perlu makan ubat atau penawar, itu adalah tugas atau tanggung-jawab kita.  Darah yang bersih akan melancarkan sistem badan, sekaligus akan menghasilkan antibodi bagi melawan penyakit, insya-Allah.

Apabila kita memohon dari Allah swt untuk mengembalikan kesihatan kita maka terlebih dahulu kita perlulah bersihkan dalaman badan kita dulu sebagai tanda melaksanakan amanah kita kepadaNya. Apabila dalaman kita bersih, bebas dari kandungan toksid, dadah, kimia atau apajua samada berpunca dari bahan pengawek makanan atau ubat-ubatan moden akan menghasilkan satu situasi kyusuk dan rasa manis bila berdoa, solat, wirid atau apa-apa amalan soleh. Dikala inilah doa kita mudah dimakbulkan, insya-Allah.

DARAH HAID UNTUK WANITA.

Berapa jeniskah darah yang keluar melalui kemaluan wanita (mengikut ilmu Fiqh Islam)?

Darah yang keluar melalui kemaluan wanita ada tiga jenis, iaitu;

1. Darah Haid
2. Darah Nifas
3. Darah Istihadhah

Pembahagian di atas telah menjadi ijmak ulamak (Lihat; Bidayatul Mujtahid, 1/69).

Apa yang dimaksudkan dengan darah haid?

Haid dari segi bahasa bermakna mengalir.

Adapun dari segi istilah ahli Fiqh, ia adalah darah yang mengalir keluar dari kemaluan wanita dari dalam rahimnya (uterus) kerana semulajadi (bukan kerana penyakit atau kerana selepas melahirkan anak). Keluarnya pada masa tertentu apabila seorang wanita telah mencapai umur tertentu.[1]

Apakah syarat-syarat darah haid?

Syarat-syarat darah haid ialah;

1. Warna darah yang keluar menepati ciri-ciri warna darah haid.
2. Seorang wanita itu telah mencapai umur kemungkinan haid. Maka darah yang keluar sebelum umur tersebut tidak dianggap haid.
3. Rahimnya kosong dari anak kerana wanita yang hamil tidak mungkin akan kedatangan haid mengikut jumhur ulamak (kecuali Syafi’ie dan Malik).
4. Hendaklah tempoh kedatangan haid tidak kurang dari tempoh minimanya.
5. Hendaklah kedatangannya tidak melebihi tempoh maksimanya.
6. Hendaklah kedatangannya didahului oleh tempoh suci yang paling pendek (iaitu 15 hari mengikut mazhab Syafi’ie) bagi wanita yang telah biasa kedatangan haid.

Jika darah yang keluar memenuhi syarat-syarat di atas, ia adalah darah haid. Jika tidak, maka ia bukan darah haid tetapi darah istihadhah.

Apakah warna darah haid?

Menurut ulamak; warna-warna darah haid ada lima, iaitu;
1. Hitam
2. Merah
3. Asyqar (warna antara merah dan kuning)
4. Kuning
5. Keruh

Kebiasaannya, mula-mula datang haid berwarna hitam, kemudian berubah kepada merah, kemudian antara merah dan kuning, kemudian kuning dan akhirnya keruh (yakni antara putih dan hitam).

Tanda habisnya haid ialah warna putih atau tiada sebarang warna. Apabila hilang semua warna-warna tadi sama ada kelihatan warna putih (seperti kapur putih yang disebut oleh Aisyah r.a. dalam hadisnya) atau tidak kelihatan sebarang warna, maka itu tandanya darah haid telah habis. Ketika itu, barulah ia boleh mandi dan melakukan ibadah sebagaimana wanita yang suci.

Bilakah warna kuning dan keruh dianggap haid dan bila pula tidak dianggap haid?

Warna kuning dan keruh hanya dianggap haid pada hari-hari kebiasaan haid. Ini berpandukan kepada hadis dari Saidatina Aisyah r.a. yang menceritakan; para wanita sahabat menghantar kepadanya satu bekas kecil berisi kapas yang terdapat padanya kesan kuning dan keruh dari haid. (*Tujuan mereka ialah meminta penjelasan darinya apakah mereka telah suci dari haid atau belum apabila yang masih tinggal pada faraj mereka hanyalah kesan kuning dan keruh). Lalu ‘Aisyah menjawab; “Janganlah kamu kamu tergesa-gesa (mandi wajib) sehinggalah kamu melihat seperti kapur putih”. (Riwayat Imam al-Bukhari)
Adapun selepas hari kebiasaan haid (yakni pada hari-hari suci), maka warna kedua-duanya tidak dianggap darah haid. Ini berdasarkan kenyataan Ummu ‘Athiyyah r.a. yang menyebutkan; “Kami tidak menghitung warna keruh dan juga kuning selepas suci (yakni setelah habis haid) sebagai sesuatu (dari darah haid)”. (Riwayat Imam Bukhari dan Abu Daud)

Berapakah umur kemungkinan datangnya haid?

Menurut jumhur ulamak (termasuk mazhab Syafi’ie, Hanafi, Hanbali dan kebanyakan ulamak mazhab Maliki); sekurang-kurang umur datangnya haid ialah sembilan tahun. Maka menurut pandangan ini, darah yang kelihatan sebelum sembilan tahun bukan darah haid, tetapi darah penyakit (istihadhah).

Sebahagian ulamak mazhab Maliki berpendapat; jika darah keluar dari kanak-kanak perempuan antara umur 9 hingga 13 tahun, hendaklah keadaannya ditanya kepada kaum wanita atau doktor yang berpengalaman. Jika mereka mengesahkan bahawa yang keluar adalah haid, maka darah itu adalah haid. Jika tidak, maka ia bukan darah haid.

Wanita yang kedatangan haid –jika umurnya telah genap sembilan tahun mengikut pandangan jumhur tadi-, ia dianggap telah baligh dan dituntut melaksanakan kewajipan-kewajipan Syarak. Ia sama seperti kanak-kanak lelaki yang baligh kerana mimpi hingga keluar mani. Bagi kanak-kanak yang tidak bermimpi atau datang haid, umur balighnya ialah 15 tahun, yakni apabila masuk umur 15 tahun, maka mereka dikira baligh sekalipun tidak datang haid atau tidak berlaku mimpi tersebut.

Berapakah umur putusnya haid?

Menurut mazhab Syafi’ie; tidak ada umur tetap bagi putusnya haid. Ia hendaklah dikiaskan kepada ahli-ahli keluarga terdekat bagi seorang wanita dari pihak bapa dan juga pihak ibu seperti ibu-ibu saudara sebelah bapa dan ibu-ibu saudara sebelah ibu. Hal tersebut kerana faktor keturunan. Namun jika perlu untuk dilihat kepada faktor umur, maka Imam Syafi’ie menganggarkan bahawa umur putus haid ialah selepas 62 tahun kerana ia adalah umur kebiasaannya wanita putus haid.

Mazhab Imam Abu Hanifah menetapkan umur putus haid sebagai 55 tahun. Selepas umur tersebut, darah yang keluar tidak lagi dinamakan haid mengikut pandangan yang terpilih dalam mazhab.

Menurut mazhab Maliki pula, umur putus haid dari 50 hingga 70 tahun. Jika darah masih keluar selepas umur 70 tahun, maka ia bukan haid tetapi istihadhah.

Mazhab Imam Ahmad pula menetapkan umur putus haid antara 50 hingga 60 tahun.antara dua tempoh ini merupakah tempoh syak di mana jika seorang wanita melihat darah semasa tempoh ini, maka ia tidak boleh berhenti dari ibadah sebagai langkah ihtiyat (berhati-hati) dan keluar dari khilaf. Namun jika umurnya genap 60 tahun dan darah masih keluar, maka darah yang dilihatnya bukan darah haid, tetapi istihadhah.

Apa yang perlu dilakukan oleh wanita yang telah putus haidnya?

Wanita yang telah putus haid, ia hendaklah bertindak sebagai perempuan yang suci sepanjang masa sama ada dari segi ibadah atau hukum-hakam yang lain. Dalam masalah eddah pula, ia hendaklah bereddah mengikut bulan, bukan mengikut bilangan haid atau bilangan suci lagi. Ini ditegaskan oleh Allah dalam firmanNya dalam surah al-Talaq, ayat 4.

Adakah perempuan mengandung ada kemungkinan datang haid?

Para ulamak berikhtilaf dalam masalah ini;

Menurut jumhur ulamak; perempuan mengandung tidak ada kemungkinan datangnya haid. Maka jika seorang wanita melihat darah keluar melalui farajnya semasa ia sedang mengangdung, darah itu bukan darah haid, tetapi darah penyakit.

Namun menurut Imam Syafi’ie, Malik dan al-Laits; perempuan mengandung ada kemungkinan datangnya haid. Menurut mereka; jika perempuan yang mengandung itu mendapati darah keluar dari farajnya dan keluarnya menepati hari-hari kebiasaan haidnya serta kelihatan ciri haid pada darah tersebut, maka darah itu adalah darah haid.

Berapa lamakah tempoh paling singkat berlakunya haid dan berapa pula tempoh paling panjang atau paling lama?

Dalam menentukan tempoh paling singkat dan tempoh paling panjang bagi haid, para ulamak berbeza pandangan;

1. Menurut Imam Syafi’ie, Atha dan Abu Thur; tempoh haid yang paling singkat ialah sehari semalam (yakni 24 jam) secara berterusan.[2] Tempoh kebiasaan wanita kedatangan haid ialah selama enam atau tujuh hari. Adapun tempoh paling panjang bagi haid ialah lima belas hari. Maka berdasarkan pandangan ini; jika darah yang datang kurang dari sehari semalam atau melebihi lima belas hari, maka ia bukan darah haid tetapi darah penyakit atau istihadhah.

2. Bagi Imam Abu Hanifah dan as-Sauri pula; tempoh haid paling singkat ialah tiga hari dan tempoh paling panjang ialah 10 hari.

3. Mengikut Imam Malik pula, tidak ada batasan bagi tempoh haid yang paling singkat, yakni ada kemungkinan haid datang sedetik sahaja. Adapun tempoh paling panjang, terdapat tiga riwayat dari beliau iaitu; 15 hari, 17 hari atau tiada batasan.

4. Menurut Imam Ibnu Taimiyyah; tidak perlu ditentukan tempoh paling singkat bagi haid dan juga tempoh paling lama baginya, akan tetapi dikira apa yang telah tetap menjadi kebiasaan bagi seorang wanita maka itulah tempoh haid baginya sekalipun tempoh itu kurang dari sehari atau lebih dari 15 hari atau 17 hari. Begitu juga tidak ada had bagi umur paling bawah untuk kedatangan haid dan juga umur paling lama/paling hujung. Sama juga, tidak ada had bagi sekurang-kurang masa suci antara dua haid. Menurut beliau lagi; bagi perempuan yang mula-mula kedatangan haid (مبتدأة), maka dikira/dihitung sebagai haid darah yang ia lihat selagi ia tidak menjadi mustahadhah (yakni perempuan yang kedatangan istihadhah iaitu darah yang keluar bukan pada masa yang sepatutnya). Begitu juga, perempuan yang berubah kebiasaan hari-hari haidnya (yakni hari-hari kebiasaan haidnya berubah sama ada bertambah atau berkurang atau bertukar pada hari-hari yang lain), maka perubahan itu adalah dikira haid sehinggalah ia mengetahui bahawa darah yang keluar itu bukan haid, tetapi istihadhah kerana darah yang keluar berterusan tanpa henti.

Suci di antara hari-hari kebiasaan haid; adakah dianggap haid atau tidak?

Dalam persoalan ini terdapat khilaf di kalangan ulamak;

a) Mazhab Syafi’ie dan Abu Hanifah berpendapat; suci yang berlaku pada hari-hari haid dikira sebagai haid. Oleh demikian, jika seorang wanita mendapati satu hari keluar darah dan satu hari berikutnya suci (di mana ia mengetahui suci itu sama ada dengan keringnya darah atau dengan ia meletakkan kapas dan tiada kesan darah haid pada kapas), kemudian hari berikutnya datang semula darah, maka menurut pandangan ini keseluruhan hari adalah haid.

Berkata Imam Khatib as-Syirbini dalam al-Iqna’; “Suci antara darah-darah sama ada dalam tempoh minima haid (iaitu sehari semalam) atau lebih adalah dikira haid kerana mengikutinya (yakni mengikuti haid), tetapi dengan beberapa syarat, iaitu;
a) Tempoh suci itu tidak melebihi 15 hari.[3]
b) Darah-darah haid (yang keluar secara keseluruhannya) tidak kurang dari tempoh minima haid iaitu sehari semalam.
c) Suci itu hendaklah dikelilingi antara dua darah haid”.

b) Mazhab Maliki dan Hanbali pula berpandangan; hari suci antara hari-hari kebiasaan haid adalah dikira suci. Oleh demikian, seorang wanita pada hari suci tersebut hendaklah mandi dan menunaikan solat, harus ia berpuasa, beriktikaf, membaca al-Quran dan tidak ditegah suaminya mensetubuhinya pada hari suci itu.

Apakah larangan-larangan Syarak ke atas wanita yang kedatangan haid?

Wanita kedatangan haid dilarang/diharamkan oleh Syarak untuk melakukan perkara-perkara berikut;

a) Mengerjakan solat
b) Melakukan tawaf
c) Menyentuh mushaf dan membawanya
d) Membaca al-Quran
e) Berhenti atau menetap di dalam masjid (termasuk beriktikaf)
f) Melintasi masjid jika dikuatiri akan mencemarkan masjid
g) Berpuasa
h) Bersetubuh dengan suami
i) Dijatuhkan talak ke atasnya

(*Untuk mendapatkan keterangan lebih terperinci sila baca dalam Bab Hadas yang dikemukakan sebelum ini)

Semua larangan di atas tidak terangkat kecuali setelah mandi wajib melainkan tiga larangan sahaja iaitu; puasa, talak dan melintasi masjid di mana ketiga-tiga larangan ini terangkat sebaik sahaja kering darah haid atau nifas, iaitu tidak disyaratkan selepas mandi barulah perkara-perkara tersebut harus dilakukan.

Bilakah wanita haid dibolehkan mandi wajib?

Bila ia mendapati darah haidnya telah habis, yakni telah kering. Sabda Nabi s.a.w. dalam hadis ‘Aisyah r.a. (mengikut satu riwayat darinya); “Apabila haid kamu telah habis, maka mandilah dan tunaikanlah solat”.

Apakah caranya untuk memastikan darah haid benar-benar habis?

Hendaklah dilakukan pemeriksaan terhadap faraj, iaitu dengan memasukkan cebisan kain, kapas atau sebagainya ke dalam faraj dan melihat sama ada masih terdapat kesan darah haid atau tidak. Jika tidak ada kesan darah haid sama ada tidak nampak sebarang warna pada kain/kapas tersebut atau nampak warna putih seperti kapur, maka ketika itu barulah diharuskan mandi. Jika masih ada sebarang kesan warna darah atau warna kuning atau keruh, tidak harus mandi lagi kerana darah haid belum habis.

Kaedah pemeriksaan di atas diambil daripada amalan wanita-wanita sahabat sebagaimana yang diceritakan oleh Saidatina ‘Aisyah r.a.; “Wanita-wanita sahabat menghantar kepadanya satu bekas kecil berisi kapas yang terdapat padanya kesan kuning dan keruh dari haid. (*Tujuan mereka ialah meminta penjelasan darinya apakah mereka telah suci dari haid atau belum apabila yang masih tinggal pada faraj mereka hanyalah kesan kuning dan keruh). Lalu ‘Aisyah menjawab; “Janganlah kamu kamu tergesa-gesa (mandi wajib) sehinggalah kamu melihat seperti kapur putih” (HR Imam al-Bukhari dan Imam Malik).

Nota Hujung;

[1] Takrif ini adalah hasil gabungan pelbagai takrif ulamak. Lihat; al-Haidh wa an-Nifas wa Ahkami at-Taharah Lin-Nisa’, Ibrahim Muhammad Jamal, hlm. 18-19.
[2] Tidak disyaratkan berterusan itu dengan darah kelihatan mengalir keluar. Memadai dengan diketahui bahawa darah itu ada iaitu sekira-kira jika diletakkan kapas atau kain, akan terlihatlah kesan darah padanya.
[3] Jika seorang wanita mu’tadah melihat darah berwarna hitam selama lima hari, kemudian ia suci 15 hari, kemudian ia lihat selepas itu darah kuning selama lima hari pula, maka darah kuning itu adalah haid. Adapun tempoh 15 hari di antara darah hitam dan darah kuning itu dikira sebagai tempoh suci yang sempurna. (Ahkam at-Taharah, hlm. 67)

SEKS TANPA PERKHAWINAN YANG SAH

Pernah melewati jejeran kafe dan tempat clubbing di daerah Kemang pada malam minggu yang dijubeli remaja di bawah usia 17 tahun? Sering mendengar di televisi mengenai sepasang remaja yang melakukan kegiatan mesum di tempat umum? Apakah ada di antara teman Anda atau Anda sendiri yang memiliki video seks bersama kekasih dan disimpan dalam hand phone? Berapa banyak jawaban ‘iya’ yang terlontar untuk pertanyaan di atas?
Tahukah Anda bahwa 48,1% remaja di Indonesia hamil di luar nikah? Begitu mudahnya kita jumpai hotel mulai dari yang bertarif murah hingga mahal menerapkan paket 3 jam dan/atau 6 jam kepada siapapun calon penginap, bahkan anak yang belum dewasa, tanpa mengindahkan adanya status perkawinan bagi pasangan yang akan menginap tersebut. Tidak hanya hotel, tempat hiburan malam baik kelas elite sosialita maupun ecek-ecek pun banyak yang lalai untuk membatasi pengunjung yang masih di bawah umur. Belum lagi begitu mudahnya kita jumpai minuman keras yang dapat diperoleh di mini market pinggir jalan dengan harga terjangkau tanpa adanya pengawasan ketat mengenai batas usia pembeli hingga media pornografi baik cetak maupun elektronik yang mudah dan murah diakses oleh setiap orang. Melihat fenomena ini, bagaimana tidak semakin marak seks tanpa perkawinan sekarang ini?
Dalam arti harafiah, seks pra nikah adalah kegiatan dan/atau aktivitas seksual yang dilakukan sebelum adanya ikatan perkawinan. Sebelum melakukan pembahasan lebih jauh mengenai seks pra nikah, maka perlu kita pahami dulu bahwa dalam seks pra nikah terdapat dua konteks yang memiliki perbedaan mendasar namun sangat berkaitan erat satu sama lain, yaitu seks dan perkawinan. Namun dewasa ini, aktivitas seksual semakin beragam jenisnya, terutama di kalangan remaja. Baru-baru ini marak istilah dry humping di kalangan remaja, yaitu kegiatan seksual dengan tetap berpakaian lengkap yang kerap dilakukan di tempat-tempat umum yang sepi.


Untuk lebih memudahkan, saya membuat komparasi mengenai seks dan perkawinan sebagai berikut:
No
Seks
Perkawinan
1
Kebutuhan dasar dari setiap manusia (kodrati)
Kebutuhan yang diatur oleh norma agama dan/atau norma hukum
2
Tidak perlu adanya lembaga perkawinan
Diatur oleh negara melalui lembaga perkawinan serta dilindungi oleh Undang-Undang
3
Kebutuhan yang dapat dibilang tidak mengenal batas usia
Adanya pengaturan mengenai batas usia untuk melakukan perkawinan
4
Tidak adanya syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan seks
Adanya syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan perkawinan
5
Melakukan seks tidak melahirkan adanya hubungan hukum maupun hak dan kewajiban yang lahir dari pelaku kegiatan seks, kecuali jika dilakukan oleh anak (orang yang belum dewasa), salah satunya terikat perkawinan dengan orang lain, dan/atau dilakukan dengan tindakan paksaan/kekerasan
Melakukan perkawinan melahirkan adanya hubungan hukum serta hak dan kewajiban yang lahir dari 2 orang yang melakukan perkawinan

Dari gambaran di atas, apa yang dapat disimpulkan? Setujukah Anda dengan pendapat saya?
Kesimpulan
Bahwa seks dapat dilakukan tanpa adanya ikatan perkawinan dan tidak mungkin melakukan perkawinan tanpa ada kegiatan seks di dalamnya. Dalam hal ini, kegiatan seks serta dampaknya yang dilakukan dalam ikatan perkawinan, dilindungi oleh Undang-Undang.

Perlindungan terhadap kegiatan seks yang dilakukan di dalam ikatan perkawinan dapat dilihat dari beberapa aturan yang terdapat dalam Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan (“UU Perkawinan”) serta Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (“KUHP”) antara lain:
  1. Pengakuan anak yang dilahirkan dalam atau sebagai akibat perkawinan yang sah sebagai anak sah, berikut dengan hak-hak yang melekat pada anak sah tersebut, seperti hak waris dari orangtuanya, hak dinafkahi, hubungan perdata antara anak tersebut dengan kedua orangtuanya.
  2. Kegiatan seksual yang dilakukan oleh orang yang telah terikat perkawinan dengan orang yang bukan pasangan sahnya, dikategorikan sebagai tindak pidana dalam KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 9 (sembilan) bulan.
Sebuah perlindungan yang diberikan oleh Negara tersebut tentunya disertai dengan adanya pembedaan dari sesuatu yang tidak dilindunginya, yaitu seks yang dilakukan di luar perkawinan. Negara melakukan pembedaan tersebut dengan adanya pembedaan hak anak di luar perkawinan serta penjatuhan sanksi pidana dalam kegiatan seks yang dilakukan oleh orang yang terikat perkawinan dengan yang bukan pasangan sahnya serta resiko-resiko lainnya yang dapat timbul dari sebuah seks di luar perkawinan yang memiliki efek lebih besar lagi ketika kegiatan seks di luar perkawinan tersebut dilakukan oleh orang yang belum matang secara fisik dan/atau emosional dan/atau finansial untuk mengikatkan diri dalam perkawinan (seks pra nikah).
Resiko yang terdapat dalam sebuah seks pra nikah luar biasa besarnya. Seks pra nikah tidak memiliki kekuatan hukum yang dapat menimbulkan pemenuhan akan sebuah tuntutan. Sebagai contoh, seseorang yang melakukan seks pra nikah tidak dapat melakukan tuntutan terhadap pasangannya untuk mengawini dan/atau bertanggung jawab apabila terjadi kehamilan akibat seks pra nikah yang dilakukannya.  Berikut beberapa resiko hukum yang timbul terkait dengan seks tanpa perkawinan berdasarkan beberapa peraturan perundang-undangan:
No
Kondisi
Undang-Undang yang Mengatur
Resiko Hukum
1
Pencabulan atau melakukan kegiatan seksual dengan anak di bawah umur
UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan Pasal 287 KUHP
Pidana penjara minimal 3 tahun, maksimal 15 tahun dan denda (UU Perlindungan Anak)
Pidana penjara maksimal 9 tahun (KUHP)
2
Melakukan seks tanpa kawin dengan orang yang telah terikat perkawinan
Pasal 284 KUHP
Pidana penjara maksimal 9 bulan
3
Melakukan seks tanpa kawin dengan paksaan
Pasal 285 KUHP
Pidana penjara paling lama 12 tahun
4
Melakukan seks dengan orang yang tidak berdaya
Pasal 286 KUHP
Pidana penjara paling lama 9 tahun



Resiko-resiko lainnya yang dapat ditimbulkan dari seks pra nikah selain yang telah dijabarkan di atas adalah sebagai berikut:
No
Resiko
Penjabaran
1
Kehamilan di luar perkawinan
Aborsi yang tidak aman
Aborsi merupakan salah satu cara yang sering dipilih untuk menindak kehamilan di luar perkawinan. Faktanya, banyak nyawa wanita melayang karena melakukan aborsi yang tidak aman disebabkan karena minimnya dana untuk melakukan aborsi yang aman dan/atau kurangnya pengetahuan. Selain berdosa dan dihantui perasaan bersalah seumur hidup yang dapat mempengaruhi psikis, aborsi di beberapa Negara dikategorikan sebagai tindakan ilegal  yang diancam dengan sanksi pidana. Resikonya menyeramkan bukan?
Anak di luar kawin
Anak di luar kawin adalah anak yang dilahirkan di luar ikatan perkawinan dan/atau di luar ikatan perkawinan yang tercatat sah oleh Negara. Anak di luar kawin pada dasarnya hanya memiliki hubungan keperdataan dengan Ibunya. Namun berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitusi RI No. 46/PUU-VIII/2010 tertanggal 13 Februari 2012, maka anak di luar kawin dapat memiliki hubungan keperdataan dengan keluarga ayahnya apabila dapat dibuktikan berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi bahwa anak tersebut memiliki hubungan darah dengan ayahnya. Namun dalam hal ini, tidak berarti pihak pria berkewajiban untuk melakukan perkawinan dengan ibu anaknya.
Resikonya berat bukan?
Anak Zina
Berbeda dengan anak di luar kawin, anak zina merupakan anak yang dihasilkan di luar ikatan perkawinan dimana salah satu atau kedua pihak terikat dalam perkawinan yang sah. Untuk anak zina, KUH Perdata dan Kompilasi Hukum Islam melakukan pembedaan terhadap hak anak zina dengan anak di luar kawin. Ayah dari anak zina tidak memiliki kewajiban untuk menafkahi anaknya. Hubungan keperdataan anak zina hanya dengan Ibunya, anak zina pun tidak memiliki hak waris dari Ayahnya.
Miris sekali resikonya bukan?
2
Pernikahan Prematur
Perceraian
Perkawinan yang didasarkan pada adanya seks maupun kehamilan yang terjadi sebelum perkawinan, mayoritas kehidupan perkawinan tersebut diarungi dengan emosi dan/atau mental dan/atau finansial yang belum memadai, bahkan nihil cinta. Akibatnya, perkawinan tersebut dijalani tanpa adanya penghormatan dan cita-cita luhur terhadap perkawinan itu sendiri yang berujung pada perceraian.
Apakah Anda siap?
Keluarga yang berantakan
Perceraian tidak hanya satu-satunya akibat dari perkawinan yang dilakukan secara ‘prematur’. Pertengkaran yang selalu dominan mewarnai kehidupan perkawinan, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), perselingkuhan, anak yang terlantar serta terganggunya psikis pelaku perkawinan serta psikis anak di dalam perkawinan merupakan resiko yang diderita oleh perkawinan yang tidak membahagiakan. Kenapa tidak membahagiakan? Karena perkawinan tersebut ‘dipaksakan’ oleh keadaan, karena adanya kehamilan yang tidak direncanakan dari seks pra nikah.
Ini yang bukan Anda cita-citakan dalam sebuah perkawinan bukan?
3
Penyakit Menular Seksual (PMS)
Berganti-ganti pasangan dalam aktivitas seks ataupun melakukan seks terlalu dini berpotensi terhadap penyakit menular seksual  seperti  penularan virus HPV, raja singa, herpes bahkan AIDS. Tidak hanya penyakit tersebut mengganggu, mengancam kesuburan, tetapi juga dapat mengakibatkan kematian.

Resiko yang terpapar di atas tentunya merupakan resiko nyata yang ada dalam sebuah kegiatan seks pra nikah. Saya yakin, bahwa resiko-resiko tersebut menakutkan bagi semua orang, tak terkecuali bagi diri saya sendiri. Namun bila dilihat kenyataannya di dalam masyarakat, orang yang melakukan seks pra nikah dan yang melakukan aborsi jumlahnya kian meningkat tiap tahunnya. Apa gerangan penyebabnya?
Mengapa seks pra nikah begitu marak di kalangan remaja? Dilihat dari segi usia, remaja cenderung memiliki kontrol pribadi yang lemah, baik dari segi kematangan berpikir dan/atau bertindak dan/atau emosional serta pengetahuan yang memadai untuk mengetahui resiko-resiko apa yang dihadapi dari seks pra nikah. Kontrol dan peranan orang tua yang lemah dan/atau pasif dalam memberikan pemahaman akan seks yang aman dan bertanggung jawab serta pemahaman yang baik terhadap norma agama yang dianut kepada anak juga memiliki andil dari maraknya seks pra nikah yang terjadi di masyarakat. Lemahnya kontrol Negara dengan pornografi yang bebas tanpa adanya regulasi yang ketat dapat meningkatkan jumlah pelaku seks pra nikah di kalangan remaja pada khususnya, karena dilihat dari segi usia, mereka belum memiliki kematangan berpikir dan kematangan emosional untuk melakukan seks yang bertanggung jawab. Minimnya pendidikan seks yang didapat melalui kurikulum pendidikan formal juga kian memperparah carut marut pembentukan benteng pertahanan dan kontrol diri yang kuat khususnya bagi remaja untuk menahan diri dari godaan melakukan seks pra nikah maupun menghindari terjadinya resiko-resiko yang ditimbulkan dari seks pra nikah.
Menyikapi resiko-resiko yang ditimbulkan oleh seks pra nikah, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya hal tersebut:
  1. Diselenggarakannya pendidikan dan pemahaman seks serta resiko-resikonya yang yang disesuaikan dengan perkembangan fisik dan mental anak serta perkembangan pergaulan serta usia anak. Hal ini dapat dilakukan oleh Negara baik melalui penyisipan edukasi seks melalui lembaga formal maupun penyuluhan informal bekerja sama dengan LSM dan atau lembaga-lembaga nirlaba yang memiliki concern dan kompetensi terhadap masalah ini;
  2. Selain pemahaman dan pendidikan seks, penting untuk dilakukan penyuluhan dan pemahaman yang baik mengenai konsepsi lembaga dan ikatan perkawinan. Hal ini guna mendorong agar orang yang masuk dalam batas usia dewasa untuk melakukan perkawinan tidak takut untuk mengikatkan diri dalam perkawinan dibandingkan dengan melakukan seks pra nikah;
  3. Penguatan hubungan orangtua dan anak, dimana orangtua memposisikan dirinya sebagai sahabat anak, menjadikan rumah sebagai tempat anak merasa paling nyaman. Kedekatan emosional, pembekalan ilmu dan norma agama serta proses brainstroming yang berkesinambungan antara orangtua dan anak dapat dijadikan alarm pencegahan dini terhadap kebebasan anak yang mengarah pada seks pra nikah;
  4. Peran aktif Negara sebagai pihak penguasa untuk dapat menerapkan regulasi yang tepat dalam mencegah terjadinya seks pra nikah. Hal ini dapat diupayakan melalui kontrol contain pornografi melalui berbagai jenis media, regulasi pengunjung hiburan malam, regulasi peredaran dan batas usia pembeli miras,  sehingga tidak disalahgunakan dan/atau menjadi pemicu negatif maraknya seks pra nikah. Selain itu, Negara juga berwenang untuk melakukan hal yang lebih ekstrim lagi dengan pengawasan yang ketat terhadap pengunjung hiburan malam yang belum cukup dewasa dan lain sebagainya.

CEGAH SEKS BEBAS REMAJA.

USIA remaja rentan terhadap pergaulan bebas yang dapat menyebabkan perilaku seksual diluar nikah. Oleh sebab itu, Anda sebagai orangtua harus menyarankan ini pada buah hati untuk mencegah ancaman tersebut.

Tak seorang pun boleh memaksa anak remaja untuk melakukan hubungan seks. Dan pergaulan anak remaja tak lepas dari tekanan untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya mereka sendiri merasa tidak nyaman, seperti mengonsumsi obat terlarang, minum alkohol, merokok, dan berhubungan seks.

Itu sebabnya, Anda sebagai orangtua perlu memberikan pengetahuan mengenai itu semua agar anak Anda dapat menghindari hal-hal negatif yang dapat merusak dirinya. Menurut buku Panduan Kesehatan Keluarga, karangan Dr. Miriam Stoppard, ajarkan pada anak remaja untuk berani mengatakan “tidak”.

Hampir setiap anak perempuan sulit mengatakan “tidak” dan akan melakukan hubungan seks karena bujukan dari lingkungan dan pasangan. Ada beberapa alasan mengapa anak perempuan sulit mengatakan “tidak” dengan tegas, yang paling sering adalah karena tidak mau menyakiti perasaan pacar, atau ia takut dianggap munafik.

Beberapa anak perempuan juga khawatir dirinya tidak dianggap sejalan dengan anak perempuan lainnya. Dengan semua tekanan ini, peran Anda sebagai orangtua diperlukan untuk memberikan contoh dan penegasan mengenai itu semua.

Katakan pada anak perempuan Anda, jika benar-benar ingin menolak hubungan seks, maka harus berani mengatakan hal berikut :

-    Tidak, aku harus menunggu sampai sudah menikah
-    Tidak, kamu membuatku takut kepadamu
-    Tidak, aku tidak mau dan kalau kamu memaksaku, itu namanya perkosaan’tidak, kamu tampaknya tidak terlalu menyayangiku
-    Tidak, aku tidak suka dipaksa melakukan sesuatu
-    Tidak, aku belum siap untuk itu
-    Tidak, kamu jangan membuatku terburu-buru. Aku akan tahu kapan aku siap
-    Tidak, aku tidak suka kelakuanmu
-    Tidak, aku takut dosa ada Tuhan yg terus mengawasi

Dengan saran dan penjelasan dari Anda untuk menyakinkan anak perempuan Anda berani mengatakan “tidak”, maka ia akan berani menghindari segala sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginannya. Selain itu, Menanamkan nilai-nilai kegamaan teramat penting untuk putra-putri kita, memberi tahu norma-norma sosial dan akibatnya jika mereka melanggar itu semua. Terkadang ketidak pedulian remaja akan norma-norma itu membuat mereka berani melanggarnya, coba sentuh hati mereka dengan kepedulian mereka kepada keluargannya, coba katakan : 'jika kamu sayang keluargamu tolong jaga dirimu, bayangkan akibat yang harus ditanggung keluargamu jika hal-hal negatif yang menimpa kamu berefek kepada keluargamu'.

BERTAUBAT DARIPADA PERZINAAN.

Pak ustad, saya mohon bantuannya dengan sangat. Sebelumnya saya perkenalkan diri saya, nama saya Fulan (sensor),. saya berada di kota Gresik,. saya ingin menanyakan tentang hukum islam yang ingin saya terima, tapi saya tidak tahu harus kemana untuk menjalaninya,. saya adalah pezina,.saya telah melakukan perbuatan keji itu dengan pacar saya, lebih dari satu kali,.jadi janganlah bermurah hati kepada saya dengan memberikan harapan yang baik-baik, saya dan pacar saya rela terhadap apa yang akan kami terima (kami sama-sama belum menikah ),. saya ingin menikah,. dan saya juga ingin bertaubat denagn baik,. yang ingin saya tanyakan kepada pak ustad,.
1. apakah boleh saya menikahi pasangan saya?
2. apakah saya hanya boleh menikah dengan pasangan saya itu saja (saya tidak boleh menikah dengan wanita lain?)
3. apakah saya harus dihukum dulu sebelum menikah dengan pacar saya karena jika belum maka nikah saya tidak sah? atau jika menikah tidak dengan pacar saya bagaimana apakah jika belum dihukum maka nikah saya tidak sah?
4. dimana saya harus mencari hukuman ?
5. hukuman apa yang harus saya terima?

Terima ksih banyak pak ustad,. saya mohon jawabannya,. saya mohon petunjuknya,. saya mohon pak ustad. Wassalamualaikum


arh h, arh_1188@yahoo.co.id

Jawaban :

Semoga Allah, Dzat yang Maha Mengetahui isi hati hamba membimbing saudara untuk bertaubat dan membersihkan saudara serta kawan saudara dari dosa sebersih-bersihnya.

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaannya adalah sebagai berikut;

1. Menikahi wanita yang telah berzina/dizinahi atau menikah dengan lelaki yang pernah berzina/menzinahi hukumnya sah, tetapi makruh selama belum bertaubat. Jika sudah bertaubat, maka pernikahan tersebut sah tanpa ada kemakruhan. Dalil absahnya pernikahan dua orang yang telah berzina adalah ayat berikut;

Dan dihalalkan bagi kalian selain itu (semua yang telah disebutkan sebelumnya) (An-Nisa;24)

Juga ayat;

Nikahkanlah wanita-wanita yang belum menikah dikalangan kalian dan orang-orang shalih dikalangan budak-budak lelaki dan budak-budak wanita kalian. An-Nur;32)

Untuk ayat yang pertama, sebelum ayat ini, Allah menyebutkan wanita-wanita yang haram dinikahi seperti haramnya menikahi ibu, saudari, putri, mertua dsb. Setelah itu Allah menutup dengan pernyataan; “Dan dihalalkan bagi kalian selain itu (semua yang telah disebutkan sebelumnya)”. Pernyataan tegas kehalalan wanita-wanita lain selain yang disebutkan dalam ayat bersifat umum, termasuk mencakup wanita yang pernah berzina. Karena itu sah hukumnya menikahi wanita yang pernah berzina.

Untuk ayat yang kedua, lafadz الْأَيَامَى  (wanita-wanita yang belum menikah) maknanya bersifat umum, yang mencakup wanita yang pernah berzina maupun yang tidak pernah berzina. Karena itu berdasarkan ayat ini juga, menikahi wanita yang berzina hukumnya sah.

Adapun pendapat yang mengharamkan pernikahan dengan wanita yang telah berzina dengan beralasan surat An-Nur yang berbunyi;

{الزَّانِي لَا يَنْكِحُ إِلَّا زَانِيَةً أَوْ مُشْرِكَةً وَالزَّانِيَةُ لَا يَنْكِحُهَا إِلَّا زَانٍ أَوْ مُشْرِكٌ وَحُرِّمَ ذَلِكَ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ} [النور: 3]

yang sering diterjemahkan;

laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas oran-orang yang mukmin
(An-Nur; 3)

maka ayat ini tidak bisa dijadkan sebagai dalil keharaman pernikahan dua orang yang telah berzina karena lafadz “يَنْكِحُ” pada ayat tersebut maknanya bukan Akad  nikah tetapi bermakna bersetubuh. Karena itu terjemahan yang tepat terhadap ayat tersebut adalah;

Laki-laki yang berzina tidak bersetubuh (dengan cara haram) melainkan dengan perempuan yang berzina, atau perempuan yang Musyrik; dan perempuan yang berzina tidak disetubuhi (dengan cara haram)  melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki Musyrik, dan yang demikian (Zina) itu diharamkan atas orang-orang yang mukmin

Memaknai lafadz يَنْكِحُ  dengan makna bersetubuh (dengan cara yang haram/zina) dinyatakan dengan tegas oleh Ibnu Abbas dengan sanad Shahih dan dikuatkan oleh Ibnu Katsir.

“Dari Ibnu Abbas tentang ayat { الزَّانِي لا يَنْكِحُ إلا زَانِيَةً أَوْ مُشْرِكَةً }beliau berkata; ini sama sekali bukan (Akad ) nikah tetapi (maknanya) adalah Jimak (bersetubuh). Tidak ada yang berzina dengan wanita berzina kecuali lelaki yang berzina atau orang Musyrik (yang tidak punya iman)”

Seandainya menikahi wanita yang pernah berzina haram/tidak sah maka setiap perselingkuhan oleh salah satu pasutri harus berakibat diceraikannya secara paksa mereka dari ikatan pernikahan. Konsekuensi  ini sama dengan tidak sahnya pernikahan seorang Muslim  dengan wanita Musyrik. Seandainya ada pasangan yang menikah dalam keadaan dua-duanya Muslim , lalu di tengah jalan istri menjadi Musyrik, maka pasangan tersebut wajib diceraikan secara paksa, karena menikah dengan wanita Musyrik hukumnya haram sehingga pernikahannya tidak sah.

Masalahnya, ada hadis yang menunjukkan bahwa perselingkuhan/perzinaan pasangan tidak membuat status pernikahan menjadi batal. Misalnya hadis berikut ini;

Dari Ibnu Abbas beliau berkata; seorang lelaki datang kepada Nabi SAW lalu berkata; sesungguhnya istriku tidak menolak tangan lelaki yang menyentuhnya. Nabi bersabda; jauhkan (ceraikan) dia. Lelaki itu menjawab; aku khawatir diriku membuntutinya (tidak sanggup berpisah dengannya). Nabi bersabda; kalau begitu bersenang senanglah dengannya.(H.R.Abu Dawud)

Lafadz لَا تَمْنَعُ يَدَ لَامِسٍ (tidak menolak tangan lelaki yang menyentuhnya) menunjukkan wanita itu tidak menolak diajak berzina oleh lelaki lain. As-Syaukani dalam Nailul Author menegaskan bahwa lafadz لَا تَمْنَعُ يَدَ لَامِسٍ secara bahasa tidak bisa diingkari bahwa lafadz itu adalah kinayah berzina. Namun ternyata Rasulullah SAW tidak menceraikan pasangan tersebut, maka hadis ini menjadi petunjuk bahwa perzinaan tidak merusak akad nikah.

Riwayat lain yang menguatkan;

Dari Sulaiman bin ‘Amr bin Al-Ahwash beliau berkata; Ayahku memberitahu aku bahwa dia menyaksikan Haji Wada’ bersama Rasulullah SAW. Maka Rasulullah SAW memuji Allah dan menyanjungNya. Beliau memberi peringatan dan memberi nasihat. Beliau bersabda; berpesanlah kebaikan terhadap wanita, karena mereka itu laksana tawanan bagi kalian, dan kalian tidak memiliki apapun dari mereka selain itu. Kecuali mereka melakukan perzinaan yang nyata. Jika mereka melakukannya, maka tinggalkan mereka dari tempat tidur dan pukullah mereka dengan pukulan yang tidak menyakitkan. (H.R. At-Tirmidzi)

Hadis ini lebih lugas lagi menunjukkan bahwa perzinaan istri tidak membuat rusak Akad  nikah, karena Rasulullah SAW tidak memerintahkan perceraian baik sukarela maupun terpaksa.

Karena itu surat An-Nur; 3 di atas tidak bermakna haramnya/tidak sahnya menikahi wanita yang pernah berzina, tapi hanya menunjukkan celaan keras terhadap aktivitas zina itu sendiri dan secara implisit menunjukkan dibencinya/makruhnya menikahi wanita yang telah berzina, meskipun menikahi mereka tetap sah hukumnya.

Demikian pula riwayat Martsad bin Abi Martsad Al-Ghonawy yang  berkeinginan menikahi pelacur Mekah yang menjadi Asbabun Nuzul dari ayat ini. Riwayat Martsad tidak menunjukkan haramnya menikahi wanita yang berzina tetapi hanya menunjukkan dibencinya menikahi mereka selama mereka belum meninggalkan perzinaannya.

Hukum ini berlaku bagi wanita yang telah berzina dan belum bertaubat. Menikahi mereka hukumnya sah, meski tidak disukai. Adapun jika mereka bertaubat, maka tidak ada masalah lagi karena menikahi mereka hukumnya sah tanpa kemakruhan sedikitpun. Diriwayatkan bahwa Ibnu Abbas berpendapat orang yang menikahi wanita yang telah dizinainya itu seperti orang mencuri anggur, lalu membelinya. Abubakar malah memandang bahwa menikahi wanita yang telah dizinai sebagai bentuk Taubat.

Namun keabsahan menikahi wanita yang telah berzina diikat syarat yaitu melakukan Istibro’. Istibro dalam hal ini adalah masa menunggu sebelum boleh melangsungkan Akad  nikah. Istibro’ wanita yang hamil karena berzina dilakukan dengan durasi waktu sepanjang masa kehamilannya dan berakhir pada saat melahirkan. Artinya, wanita hamil karena perzinaan baru boleh melangsungkan Akad  nikah yang syar’i setelah bayinya lahir. Jika saat hamil sudah melangsungkan Akad  nikah maka Akadnya fasid (rusak) dan harus dibubarkan. Dalil yang menunjukkan wajibnya beristibro adalah hadis berikut;

Dari Abu Sa’id Al-Khudry dan beliau memarfu’kannya, bahwasanya beliau berkata; wanita (Sabaya  yang) hamil tidak disetubuhi sampai dia melahirkan dan (wanita Sabaya) yang tidak hamil (tidak pula disetubuhi) sampai dia berhaid satu kali” (H.R. Abu Dawud)

Rasulullah SAW melarang mensetubuhi Sabaya hamil sampai melahirkan. Dalam kasus pernikahan, orang hanya bisa mensetubuhi jika telah melakukan Akad  nikah yang syar’i. Karena itu, hadis ini menunjukkan secara implisit dilarangnya melakukan Akad  nikah, karena Akad  nikah menjadi pintu masuk yang halal sebelum seseorang boleh menggauli seorang wanita.

Lebih lugas lagi ada riwayat yang menunjukkan bahwa Rasulullah SAW memisahkan pasangan suami istri yang menikah setelah diketahui bahwa wanitanya sudah dalam keadaan hamil dulu sebelum menikah.

Dari Sa’id bin Musayyab bahwasanya seorang lelaki bernama Bashroh bin Aktam menikahi seorang wanita (yang telah hamil karena perzinaan)-lalu perawi menyebut lafadz yang semakna dengan lafadz sebelumnya dan menambah- dan beliau (Rasulullah SAW) memisahkan keduanya (dari ikatan pernikahan)
(H.R. Abu Dawud)

Pemisahan paksa dari Rasulullah SAW menunjukkan bahwa Akad  tersebut fasid (rusak). Jadi menikahi wanita yang hamil karena zina tidak boleh sebelum dia melahirkan anaknya, atau keguguran. Diserupakan pula kebolehannya jika janin tersebut keluar dengan cara abortus, meskipun aborsi sendiri adalah maksiat baru jika dilakukakan pada janin yang telah bernyawa.

Sejumlah Shahabat Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam telah memfatwakan kebolehan pernikahan seorang lelaki dengan wanita yang dizinahinya, bahkan terlibat langsung dalam proses menikahkan. Diriwayatkan bahwa Abubakar As-Shiddiq r.a. telah menikahkan seorang lelaki dengan gadis yang direnggut keperawanannya oleh lelaki tersebut. Al-Baihaqi meriwayatkan;

"Dari Abu Bakar As-Shiddiq tentang seorang lelaki yang memecahkan keperawanan seorang wanita, kemudian mereka mengaku, maka Abubakar mencambuk keduanya masing-masing seratus kali, lalu menikahkan keduanya dan mengasingkan mereka selama satu tahun" (H.R. Baihaqi)

Diriwayatkan pula bahwa Umar r.a. memerintahkan menikahkan dengan normal seorang wanita yang telah berzina kemudian bertaubat dengan baik. Al-Baihaqi meriwayatkan;

"Dari As-Sya'bi, bahwasanya ada seorang gadis yang berzina kemudian dihukum, lalu mereka (keluarganya) berpindah, lalu gadis itu bertaubat dan bagus taubatnya serta keadaannya. Lalu dia dipinang melalui pamannya, maka pamannya merasa tidak enak menikahkannya sebelum memberitahu reputasinya, namun juga tidak suka menyebarkan hal tersebut. Maka peristiwa itu dilaporkan kepada Umar bin Khattab, maka Umar berkata; Nikahkanlah gadis itu sebagaimana kalian menikahkan gadis-gadis Shalihah kalian" (H.R. Al-Baihaqi)

Malah, keinginan umar adalah wanita yang berzina hendaknya dinikahi oleh lelaki yang menzinahinya, meskipun tidak wajib/harus demikian. Ibnu Abi Syaibah meriwayatkan;

"Dari Ubaidullah bin Abi Yazid dari ayahnya, bahwasanya Siba' bin Tsabit menikahi putri Robah bin Wahb, dan dia punya putra yang didapat dari istri yang lain, sementara istrinya juga punya putri yag didapatkan dari suaminya terdahulu. Maka putranya berzina dengan putri istrinya, dan putri istrinya hamil. Maka keduanya dilaporkan kepada Umar bin Khattab dan keduanya mengaku. Maka umar mencambuk keduanya dan sangat ingin menikahkan mereka. Namun pihak lelaki menolak." (H.R. Ibnu Abi Syaibah)

Ibnu Abbas juga memfatwakan dengan fatwa yang senada. Ibnu Abi Syaibah meriwayatkan;

"Dari Ibnu Abbas tentang seorang lelaki dan wanita yang berzina lalu keduanya dihukum, kemudian pihak lelaki ingin menikahi wanita itu. Ibnu Abbas berfatwa; Tidak apa-apa. Awalnya Sifah (zina), endingnya Nikah (H.R. Ibnu Abi Syaibah)

'Ikrimah mengumpamakan pernikahan seorang lelaki dengan wanita yang dizinahinya seperti orang yang mencuri kurma, lalu setelah itu membelinya. Ibnu Abi Syaibah meriwayatkan;

"Dari 'Ikrimah beliau berkata: "Tidak masalah, itu seperti seorang lelaki yang mencuri kurma kemudian membelinya" (H.R. Ibnu Abi Syaibah)

Sejumlah Tabi'in besar seperti Sa'id bin Jubair, 'Al-Qomah, dan Umar bin Abdul 'Aziz juga berfatwa senada. Semuanya mendukung penjelasan hukum bahwa pernikahan lelaki dengan wanita yang dizinahinya adalah sah, bahkan bisa dikatakan termasuk cara taubat dari perzinahan tersebut.

Memang ada riwayat dari Ibnu Mas'ud, Aisyah, Jabir bin Zaid dan Al-Baro' yang menunjukkan mereka berfatwa tidak bolehnya dua orang yang berzina menikah sebelum taubat, misalnya riwayat berikut;

Dari Ibnu Mas'ud dan 'Aisyah mereka berkata: "mereka (dua orang yang berzina) masih terus berzina selama berkumpul (H.R. At-Thobaroni)

"Dari Al-Baro' tentang seorang lelaki yang berzina denngan seorang wanita kemudian menikahinya beliau berkata; mereka terus berzina selamanya"
(H.R. Ibnu Abi Syaibah)

Namun ini hanya berlaku jika mereka beluam bartaubat. Jika sudah bertaubat maka tida ada masalah lagi. Lagipula  ucapan selain Al-Quran dan Hadis bukan dalil, sehingga tidak bisa menjadi dasar keharaman sesuatu. Imama As-Syafi'i mengkritik fatwa ini sebagaimana diriwayatkan Baihaqi;

As-Syafi'i berkata; kami dan mereka tidak berpendapat seperti ini (pendapat yang mengharamkan dua orang yang berzina menikah). (pendapat kami adalah) Mereka berdua berdosa saat berzina namun halal saat menikah dan bukan berzina lagi. Umar dan Ibnu Abbas berpendapat semakna dengan ini
(H.R. Baihaqi)

2. Boleh menikahi pasangan zina, tetapi tidak wajib. Boleh bagi saudara menikahi wanita tersebut sebagaimana boleh pula menikahi wanita lain. Kami kutipkan Atsar Umar sebagaimana yang telah disebut sebelumnya. Ibnu Abi Syaibah meriwayatkan;

"Dari Ubaidullah bin Abi Yazid dari ayahnya, bahwasanya Siba' bin Tsabit menikahi putri Robah bin Wahb, dan dia punya putra yang didapat dari istri yang lain, sementara istrinya juga punya putri yag didapatkan dari suaminya terdahulu. Maka putranya berzina dengan putri istrinya, dan putri istrinya hamil. Maka keduanya dilaporkan kepada Umar bin Khattab dan keduanya mengaku. Maka umar mencambuk keduanya dan sangat ingin menikahkan mereka. Namun pihak lelaki menolak.
" (H.R. Ibnu Abi Syaibah)

3. Hukuman zina terkait dengan penghapusan dosa, tidak mempengaruhi keabsahan nikah. Jika orang menikah sebelum dihukum, maka akad nikahnya sah, tapi tetap berdosa, dan jika mati dalam keadaan demikian, maka dia terancam neraka.

4 dan 5. Hukuman orang berzina namun dia belum menikah adalah dicambuk 100 kali dan diasingkan selama setahun. Namun yang berhak melakukan hanyalah penguasa yang syar'i. Jika, otoritas di Aceh misalnya disetujui sebagai penguasa yang Syar'i, maka bisa ke sana untuk meminta hukuman.

Hanya saja, mengaku zina untuk dihukum tidak wajib dilakukan. Sunnahnya justru menyembunyikan aib, kemudian bertaubat sungguh-sungguh. Dalil yang menunjukkan bahwa mengaku untuk dihukum tidak wajib dan justru menyembunyikan aib malah sunnah adalah hadis berikut;

Dari Sulaiman bin Buraidah dari ayahnya dia berkata, "Ma'iz bin Malik datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam seraya berkata, "Wahai Rasulullah, sucikanlah diriku." Rasulullah menjawab: "Ah kamu! Pulang dan mintalah ampun kepada Allah, dan bertaubatlah kepada-Nya." Kemudian Ma'iz pergi, tidak lama kemudian dia kembali lagi sambil berkata: "Wahai Rasulullah, sucikanlah daku." Beliau menjawab: " Ah kamu! Pulang dan mintalah ampun kepada Allah, dan bertaubatlah kepada-Nya." Lalu Ma'iz pergi, tetapi belum begitu jauh dia pergi, dia kembali lagi dan berkata kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, "Wahai Rasulullah, sucikanlah daku." Beliau menjawab sebagaimana jawabannya yang pertama, (H.R. Muslim)

Dalam hadis ini diterangkan bahwa Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ memerintahkan orang yang mengaku berzina agar pulang dan bertaubat. Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ menganjurkan sampai tiga kali. Karena itu hadis ini menunjukkan bahwa yang lebih afdhol adalah menyembunyikan aib dan bertaubat secara diam-diam. An-Nawawi menjelaskan makna Hadis ini dalam syarahnya sebagai berikut;

"dalam hadis ini terdapat dalil gugurnya dosa maksiat-maksiat besar dengan taubat, dan hal ini adalah Ijma' kaum Muslimin" (syarah Shohih Muslim, vol 11, hlm 199)

Ibnu Hajar juga mengutip sikap tegas As-Syafi'I terkait ketentuan ini;

"As-Syafi'i mengambil pendapat ini dengan tegas, beliau berkata: Saya suka jika orang melakukan dosa lalu Allah menutupi aibnya kemudian dia menutupi aibnya sendiri dan bertaubat (Fathu Al-Bari, vol 12, hlm 125)

Dalam hadis riwayat Malik, ada perintah lugas dari Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ untuk menyembunyikan aib dosa zina jika sampai terjerumus melakukan. Malik meriwayatkan;

Dari Zaid bin Aslam berkata, "Pada masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ada seorang laki-laki mengaku telah berbuat zina, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam lalu minta diambilkan sebuah cambuk, maka dibawakanlah sebuah cambuk yang telah rusak. Beliau bersabda: "Yang lebih baik dari ini." Lalu diberikan cambuk masih bagus dan belum dipotong ujungnya. Beliau bersabda: "Yang lebih rendah kualitasnya dari ini." Kemudian diberikan cambuk yang telah dirangkai dan agak lunak. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kemudian memerintahkan untuk mencambuknya, maka laki-laki itu pun dicambuk. Setelah itu beliau bersabda: "Wahai para manusia, sungguh telah sampai waktunya kalian untuk berhenti (melakukan pelanggaran terhadap) larangan-larangan Allah. Barangsiapa terjerumus pada perbuatan kotor ini maka hendaknya dia menutupinya selam Allah menutupinya, Barangsiapa memberitahukan perbuatannya kepada kami, maka akan kami tegakkan atasnya hukum Allah." (H.R. Malik)

Jika orang yang terjerumus dalam zina memilih menyembunyikan dari penguasa dan tidak meminta hukuman, maka cara bertaubatnya sebagaimana diterangkan para ulama adalah melakukan tiga hal; 1.meninggalkan maksiat tersebut 2. Menyesali perbuatan maksiat tersebut 3.bertekad untuk tidak mengulanginya selamanya. Tiga hal ini dilakukan sambil memperbanyak istighfar dan beramal shalih untuk menghapus dosa tersebut. Allah mengabarkan dalam Al-Quran bahwa taubat yang sungguh-sungguh dan beramal shalih akan menghapuskan keburukan-keburukan yang pernah dilakukan. Allah berfirman;


Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Az-Zumar; 53)

dan orang-orang yang tidak menyembah Tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barang siapa yang melakukan yang demikian itu, niscaya Dia mendapat (pembalasan) dosa(nya), (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan Dia akan kekal dalam azab itu, dalam Keadaan terhina, kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; Maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al-Furqon; 68-70)

Sejumlah hadis juga menguatkan prinsip ini. Bukhari meriwayatkan;

Dari Ibnu Abbas radliallahu 'anhuma, bahwa orang-orang musyrik dahulu sering membunuh, sering berzina dan lalu mereka mendatangi Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan berkata; wahai Muhammad, apa yang engkau katakan dan engkau serukan adalah baik. Bersediakah engkau mengabarkan kepada kami jika  apa yang telah kami perbuat ada kafaratnya? lalu Allah Azza wa jalla menurunkan ayat: Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar dan tidak berzina, dan turunlah ayat: Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah.
(H.R. Bukhari)

Ahmad meriwayatkan;

Dari Abdullah ia berkata; Seorang laki-laki datang menemui Nabi shallallahu 'alaihi wasallam seraya mengatakan; Wahai Rasulullah, aku menemui seorang wanita di sebuah kebun, maka akupun memeluknya, aku raba dia, kuciumi dan aku melakukan apa saja kepadanya selain menyetubuhinya. Ia mengatakan; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pun mendiamkannya hingga turun ayat ini: (Dan Dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat). Ia melanjutkan; Lalu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memanggilnya dan membacakan ayat itu kepadanya. Umar pun berkata; Wahai Rasulullah, apakah itu khusus untuknya atau untuk seluruh manusia, beliau menjawab: "Bahkan untuk seluruh manusia." (H.R. Ahmad)

Namun, jika lebih sreg dengan meminta hukuman cambuk, maka hal tersebut juga tidak dilarang. Hukuman dunia dinyatakan dalam hadis juga menghapus dosa. Bukhari meriwayatakan;

Dari Az Zuhri berkata, telah mengabarkan kepada kami Abu Idris 'Aidzullah bin Abdullah, bahwa 'Ubadah bin Ash Shamit adalah sahabat yang ikut perang Badar dan juga salah seorang yang ikut bersumpah pada malam Aqobah, dia berkata; bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda ketika berada ditengah-tengah sebagian sahabat: "Berbai'atlah kalian kepadaku untuk tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun, tidak mencuri, tidak berzina, tidak membunuh anak-anak kalian, tidak membuat kebohongan yang kalian ada-adakan antara tangan dan kaki kalian, tidak bermaksiat dalam perkara yang ma'ruf. Barangsiapa diantara kalian yang memenuhinya maka pahalanya ada pada Allah dan barangsiapa yang melanggar dari hal tersebut lalu Allah menghukumnya di dunia maka itu adalah kafarat baginya, dan barangsiapa yang melanggar dari hal-hal tersebut kemudian Allah menutupinya (tidak menghukumnya di dunia) maka urusannya kembali kepada Allah, jika Dia mau, dimaafkannya atau disiksanya". Maka kami membai'at Beliau untuk perkara-perkara tersebut. (H.R. Bukhari)

HUKUMAN BERZINA

Zina, adalah suatu perbuatan yang kotor, keji. Satu pekerjaan atau perbuatan terkutuk, bagi yang melakukannya, akan memperolehi dosa yang besar. Satu pekerjaan laknat, satu pekerjaan syaitan dan perbuatan yang sesat.

Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala di dalam Al-Quran yang berbunyi (maksudnya):

"Janganlah kamu hampiri akan pekerjaan zina itu, sesungguhnya (perbuatan zina itu) sangat keji dan jalan yang sesat.
(Al-Isra' 32)

Berbuat jahat (zina) adalah perbuatan keji sekali, kerana dari kejahatan itu terjadi bencana dan kemelaratan, seumpama "penyakit perempuan" dan lainnya. Dan akibat perzinaan itu, apabila lahir anak dari perbuatan zina itu, maka tidaklah tahu siapakah waris sebenar anak itu dan teranglah akan rosak pewaris yang sebenar-benarnya.

Memanglah perbuatan zina itu sangat kotor, sehingga Allah Subhanahu wa Ta'ala memerintahkan kepada Daulah Islamiah, kepada sesiapa yang berzina itu dijatuhkan hukuman 100 kali sebatan, sebagaimana tersebut firman Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam kitab suci Al-Quran yang berbunyi (maksudnya):

"Perempuan-perempuan dan laki-laki yang berzina hendaklah keduanya didera, masing-masing 100 kali sebatan. Janganlah sayang terhadap kedua-duanya dalam menjalankan agama Allah jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Hendaklah hadir ketika menyeksa (hukuman dera itu dijalankan) keduanya, satu golongan dari orang-orang mukmin."
(An-Nur 2)

Di dunia ini saja sudah begitu hebat kutukan dan deraan yang akan di terima oleh orang yang berzina itu, apatah lagi hukum dan balasan Allah Subhanahu wa Ta'ala kelak di akhirat. Menurut yang sering dijelaskan oleh mubaligh-mubaligh dalam pandangan yang diperlihatkan kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam sewaktu baginda israk iaitu:

Baginda melihat beberapa manusia laki-laki perempuan, di hadapan mereka terdapat dua piring yang berisi daging. Satu di antaranya berisi daging yang segar dan satu piring lagi berisikan daging yang busuk dan sangat keji, tetapi manusia-manusia itu terus menjemput dan memakan daging yang busuk itu sahaja, dan daging yang segar itu, sedikit tidak disentuhnya. Inilah sebagai perumpamaan bagi orang-orang yang berzina, ia ada mempunyai isteri yang halal, tetapi masih suka mencari perempuan lacur dan haram, atau jalan yang baik masih ada yang dapat di tempuh, iaitu nikah, tetapi tidak mahu. Hanya bergaul sebagai kambing sahaja antara keduanya.

Dalam perjalan israk itu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam melihat juga satu kumpulan manusia yang terdiri dari laki-laki dan perempuan yang sangat hebat penyeksaannya dan azab yang ditimpakan kepada mereka.

Mereka digantung pada dadanya dengan rantai api neraka. Sedang dari faraj mereka keluar nanah dan danur yang sangat busuknya sehingga teramat busuknya, ahli neraka sendiri mengharapkan dan mengeluh dan meminta agar mereka-mereka ini dijauhkan dari mereka. Inilah manusia-manusia sewaktu hayatnya, melacur dan berzina, demikianlah ditunjukkan kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam sebagai perumpamaannya.

Menurut hadis mengenai bagaimana hebatnya seksaan bagi orang-orang yang berzina adalah sebagai tersebut di bawah ini.

Menurut satu riwayat daripada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, baginda bersabda: Takutlah kamu berbuat zina, kerana bagi orang yang mengerjakan zina itu, akan diberi enam jenis bala/seksa:

Tiga seksa sewaktu di dunia iaitu dengan berbuat pekerjaan terkutuk itu, Allah Subhanahu wa Ta'ala mengurangkan rezekinya dan menghilangkan keberkatan, umurnya, dan sewaktu dicabut nyawanya, kelak dengan tidak ada rahmat dan belas kasihan sedikit juga padanya.

Sabda Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam yang bermaksud:

"Jauhilah oleh kamu akan zina kerana kecelakaannya ada empat macam: Hilang kebagusan pada mukanya, disempitkan rezekinya dan kemurkaan Allah atasnya dan menyebabkan kekekalannya di dalam neraka."
(Riwayat Thabrany An Ibni 'Abbas)

Dan di akhirat kelak, sangatlah kemurkaan Allah atasnya, sangatlah pertanggunganjawab yang ditimpakan kepadanya dan ia akan diseret ke neraka dengan dirantai.

Sabda Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam yang bermaksud:

"Dan siapa-siapa yang berzina dengan seorang perempuan, sewaktu berbangkit dari kuburnya kelak, sesungguhnya ia merasai sangat kehausan."

Berdasarkan kepada hadis-hadis Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam tersebut, sesungguhnya sangatlah pedih dan ngerinya azab dan seksaan yang akan diterima oleh orang yang melakukan perbuatan yang durjana itu.

Dari itu, hendaklah dan wajiblah kita jauhi, kalau benar-benar kita mempercayai Al-Quran dan hadis Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, haruslah kita jauhi dari sebab-sebab yang menyebabkan dan menghampirkan jatuhnya kepada perbuatan zina itu. Kelakuan-kelakuan yang mengakibatkan zina itu diantaranya ialah pergaulan bebas antara lelaki dan perempuan.

Pergaulan bebas antara pemuda dan pemudi, atau antara laki-laki dan perempuan itu, sesungguhnya sangat berbahaya dan itu akan mengakibatkan terbitnya perbuatan durjana atau zina. Patut benar kita insafi apa yang dikatakan salah seorang ulama, Syekh Musthafa Alhammamy pernah berkata yang bermaksud:

"Sesungguhnya kemerdekaan pergaulan laki-laki dan perempuan di dalam dan di luar rumah, itulah sebab-sebab yang utama untuk menjatuhkan kepada kejahatan ini (zina). Dan itulah yang menyebabkan zina itu bertebar dengan seluas-luasnya. Siapa yang hendak menghilangkan dan mencabut dari akarnya, hendaklah dia melarang keluarganya dari pergaulan yang tidak terbatas itu."

Itulah salah satu kata-kata dari seorang ulama kita, dan memang dalam agama pun perkara itu dilarang keras, sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam yang diriwayatkan oleh Thabrany yang bermaksud:

"Jauhilah oleh kamu bersunyi-sunyi dengan perempuan. Demi Allah, tidak bersunyi dari seorang laki-laki dengan seorang perempuan, melainkan masuklah syaitan diantara keduanya, dan bahawa bersentuhan seorang laki-laki akan khinzir yang berkubang dengan tanah/lumpur, lebih baik baginya daripada bersentuhan bahu dengan seorang perempuan yang tidak halal baginya."

Demikianlah larangan mengenai pergaulan bebas antara laki-laki dan perempuan, atau antara pemuda dengan pemudi. Apatah lagi menari antara pemuda dan pemudi, antara laki-laki perempuan, sangatlah dilarang dan dikutuk serta akan menerima azab yang amat pedih di akhirat nanti."

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam pernah bersabda yang bermaksud:

"Dicucuk kepala kamu dengan jarum daripada besi lebih baik baginya daripada menyentuh kulit perempuan yang tidak halal baginya."

Demikianlah halnya, sedang menyentuh sahaja, demikian hebat seksanya dan apakah pada waktu menari itu tidak menyentuh satu dengan yang lain? Rasanya lebih dari menyentuh lagi dan memegang-megang, berpeluk-pelukan dan meraba-raba lagi antara kedua jenis manusia itu.

Berdasarkan hadis tersebut, berdosalah orang-orang yang suka bersentuhan dengan perempuan, walaupun berjabat tangan antara keduanya. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam ada menjelaskan dalam salah satu hadis yang bermaksud:

"Barangsiapa yang berjabat tangan (bersalaman) dengan seorang perempuan, maka kelak di hari akhirat, ia akan dirantai dengan rantai api neraka.
Dan jikalau ia menciumnya, maka kelak di hari kemudian digunting kedua bibirnya dengan gunting dari api neraka.
Dan jika ia berzina dengannya, maka kedua pahanya akan menyaksi kelak di hari kemudian mengenai pekerjaannya yang terkutuk itu, dan Allah sangat murka kepadanya."

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta'ala yang menjelaskan, bagaimana persaksian anggota tubuh kita kelak di hari kemudian. Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala yang berbunyi (maksudnya):

"Hari ini akan dikuncilah mulut-mulut mereka dan akan berbicara serta bersaksilah tangan mereka (kira-kira katanya nanti, akulah yang memegang perempuan itu) dan menyaksikan kaki-kaki mereka (katanya, akulah yang berjalan pergi ke tempat pelacuran itu) dengan apa-apa yang dilakukan masing-masing."

(Yasin 65)

Amat berat benarlah yang akan ditanggung oleh manusia-manusia yang melakukan zina itu kelak di hari kemudian dan bagaimana hebat dan pedihnya seksa itu, bergantung kepada kelakuan yang dilakukan masing-masing. Dan kalau menzinai perempuan yang sudah bersuami, maka berlainan pulalah dosa dan seksaannya, sebagaimana menurut hadis juga, pernah Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam bersabda yang bermaksud:

"Barang siapa berzina dengan perempuan yang bersuami adalah bagi laki-laki dan perempuan yang berzina itu, seksa yang sangat hebat sekali. Nanti pada hari kiamat, Allah Subhanahu wa Ta'ala memberikan segala kebajikan laki-laki itu kepada suami perempuan itu dan segala dosa (yang telah dilakukan oleh suami) dipertanggungkan (dibebankan) kepada laki-laki itu.
Bila mana suami mengetahui pekerjaan isterinya yang serong itu dengan laki-laki lain (berbuat zina) sedangkan ia dayus (membiarkan sahaja dalam perkara itu), maka Allah Subhanahu wa Ta'ala mengharamkan bagi suami itu masuk syurga."

Demikianlah serba ringkas bagaimana azab dan seksa bagi orang-orang yang berzina yang sesungguhnya wajiblah kita jauhi sejauh-jauhnya, kerana itu adalah salah satu perbuatan yang mengakibatkan zina dan akan mendatangkan musibah dan keburukan.

Dan perlulah dimaklumi, bahawa hendaklah kita selaku orang muslim yang beriman, menjaga dan memelihara diri jangan sekali-kali dihampiri zina itu, kerana sungguh besar mudarat dan dosanya, seronok hanya seketika, tetapi dosanya berpanjangan dan sesungguhnya amat pedih seksaan yang akan diterimanya.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman yang ertinya:

"Katakanlah kepada orang-orang yang beriman, supaya ia menutup pandangannya melihat yang terlarang dan menjaga kehormatannya dari kejahatan (jangan berbuat zina) demikianlah yang sebaik-baiknya, Allah Maha Mengerti apa-apa yang mereka lakukan."

Dan seterusnya firman Allah Subahanahu wa Ta'ala yang ertinya:

"Katakanlah kepada orang-orang yang beriman (wanita) supaya ia menutup pemandangannya dan menjaga kehormatannya, janganlah ia memperlihatkan perhiasannya selain yang biasa nyata kelihatan."

Ahad, 5 Januari 2014

MENELAN SPERMA SUAMI.

Sebelumnya, Mengenai hukum oral seks, ulama ada beberapa pendapat mu’tabar (teranggap/diakui):
1.haram total
2.boleh asalkan tidak terkena madzi (madzi hukumnya najis, maka dibersihkan dahulu karena keluar ketika awal bercumbu atau ketika terangsang)

Hukum menelan sperma
Adapun mengenai hukum menelan sperma, maka HARAM
berikut penjalasan ulama:
Imam AN-Nawawi rahimahullah berkata,
هل يحل أكل المني الطاهر؟ فيه وجهان: الصحيح المشهور أنه لا يحل لأنه مستخبث، قال تعالى وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِث [الأعراف:157].
“apakah boleh memakan/menelan mani yang suci? Ada dua pendapat, yang shahih dan terpilih adalah tidak halal karena, hal itu dianggap buruk. Sebagaimana firman Allah,
“Diharamkan bagi kalian, hal-hal yang buruk”
[1]

Dalam Fatwa Asy-syabakah Al-Islamiyah,
وأما ابتلاع المرأة لمني زوجها فهو أمر منافٍ للفطرة السليمة والأذواق الرفيعة، وقد ذهبت طائفة من أهل العلم إلى أن المني نجس، وعلى رأيهم فلا يجوز ابتلاعه
“Adapun wanita menelan  mani suaminya, maka ini adalah perkara yang bertentangan dengan fitrah yang selamat dan bertentangan dengan adab yang sepantasnya. Sejumlah ulama berpendapat bahwa mani najis (pendapat terkuat adalah tidak najis, pent), maka menurut pendapat mereka tidak boleh menelannya.”[2]

Syaikh Abdurrahman Al-Barrak berkata,
ابتلاع المرأة لمني زوجها حرام وذلك لعدة أمور :
الأول : أن فيه تعرضاً لدخول النجاسة إلى فم المرأة ، ولا يُأمن مع خروج المني أن يخرج شيء من النجاسة ، خصوصاً في أول المني كالمذي والودي النجسين ، أو خروج بعض البول في آخر تدفق المني
الثاني : ولو قيل عند بعض العلماء بأن ” المني طاهر ” إلا أنهم لا يجوزون ابتلاعه استخباثاً واستقذاراً .
الثالث : أن فيه تشبهاً بالكفرة وأهل المجون وأهل الزنا الذين لا همَّ لهم إلا التلذذ بالشهوات ، وموافقة للحيوانات .
Hukum istri Menelan sperma suami haram dengan beberapa alasan:
Pertama: bisa memungkinkan wanita menelan najis, tidak bisa dijamin bahwa ketika mani keluar , tidak keluar juga najis yang lain (seperti madzi dan sisa kencing, pent). Khususnya ketika awal-awal, yaitu madzi dan sisa air kencing pada ujung tetesan.
Kedua: walaupun sebagian ulama mengatakan mani suci, akan tetapi tidak boleh menelannya karena merupakan hal yang dianggap kotor dan buruk.
Ketiga: hal ini “tasyabbuh”, menyerupai orang kafir, orang dungu/pelawak, pelaku zina yang tidak ada keinginan mereka kecuali hanya masalah kelezatan syahwat saja. Ini juga menyerupai hewan[3]

Pendangan medis menelan sperma
Mengenai menelan sperma maka ada pendapat yang menyatakan bahwa hal ini menyehatkan bagi wanita. Karena sperma mengandung zat-zat penting dan nutrisi bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi belum ada penelitian/jurnal ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan (setahu kami) yang menyatakan demikian.
Ada yang mengklaim telah melakukan penelitian bahwa wanita yang menelan sperma bisa menyehatkan. Akan tetapi Ada ahli yang menyatakan bahwa hal tersebut belum bisa dipastikan karena:
-bisa jadi sehat karena timbul perasaan gembira karena bisa memuaskan pasangan
-belum bisa dipastikan apakah zat-zat nutrisi dalam air mani hanya bermanfaat untuk nutrisi sperma saat pembuahan atau nutrisi tubuh secara umum.
Akan tetap lebih baik tidak melakukannya (menelan sperma) hanya untuk mencari gizi atau kandungan zat nutrisinya (jika benar ada nutrisinya dan berguna untuk tubuh) karena masih banyak sumber makanan lain yang jelas-jelas bergizi dan bermanfaat bagi tubuh.

Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush shalihaat, wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam