Selasa, 28 September 2010

PORTAL AGAMA BUDDHA.

Agama Buddha lahir di negara India lebih tepatnya lagi di wilayah Nepal sekarang sebagai reaksi terhadap agama Brahmanisme. Pencetusnya ialah Siddhartha Gautama yang dikenal sebagai Gautama Buddha oleh pengikut-pengikutnya. Ajaran Buddha sampai ke negara Tiongkok pada tahun 399 Masehi. oleh seorang bhiksu bernama Fa Hsien. Masyarakat Tiongkok mendapat pengaruhnya dari Tibet disesuaikan dengan tuntutan dan nilai lokal.
Setiap aliran Buddha berpegang kepada Tripitaka sebagai rujukan utama karena dalamnya tercatat sabda dan ajaran sang hyang Buddha Gautama. Pengikut-pengikutnya kemudian mencatat dan mengklasifikasikan ajarannya dalam 3 buku yaitu Sutta Piṭaka (kotbah-kotbah Sang Buddha), Vinaya Piṭaka (peraturan atau tata tertib para bhikkhu) dan Abhidhamma Piṭaka (ajaran hukum metafisika dan psikologi). (Selengkapnya...)
Buddha
Buddha Gautama
Pancasila
Sejarah
Tipitaka
Artikel Pilihan

Sejarah agama Buddha mulai dari abad ke-6 SM sampai sekarang dari lahirnya sang Buddha Siddharta Gautama. Dengan ini, ini adalah salah satu agama tertua yang masih dianut di dunia. Selama masa ini, agama ini sementara berkembang, unsur kebudayaan India, ditambah dengan unsur-unsur kebudayaan Helenistik (Yunani), Asia Tengah, Asia Timur dan Asia Tenggara. Dalam proses perkembangannya ini, agama ini praktis telah menyentuh hampir seluruh benua Asia. Sejarah agama Buddha juga ditandai dengan perkembangan banyak aliran dan mazhab, serta perpecahan-perpecahan. Yang utama di antaranya adalah aliran tradisi Theravada, Mahayana, dan Vajrayana (Bajrayana), yang sejarahnya ditandai dengan masa pasang dan surut. Selengkapnya... [sunting]
Gambar Pilihan


Candi Mendut
Candi Mendut adalah sebuah candi berlatar belakang agama Buddha. Candi ini terletak di desa Mendut, kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, beberapa kilometer dari candi Borobudur. Candi ini didirikan oleh dinasti Syailendra. Di dalam prasasti Karangtengah yang bertarikh 824 Masehi, disebutkan bahwa raja Indra telah membangun bangunan suci bernama veluvana yang artinya adalah hutan bambu.
Selengkapnya... [sunting]
Lokasi Pilihan


Peta Thailand
Kerajaan Thailand (bahasa Thai: ราชอาณาจักรไทย Ratcha Anachak Thai; juga Prathēt Thai), kadangkala juga disebut Mueang Thai, adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Laos dan Kamboja di timur, Malaysia dan Teluk Siam di selatan, dan Myanmar dan Laut Andaman di barat. Sekitar 95% penduduk Thailand adalah pemeluk agama Buddha aliran Theravada Selengkapnya... [sunting]
Hari Besar

Hari Waisaka atau Waisak merupakan hari suci agama Buddha. Hari Waisak juga dikenal dengan nama Visakah Puja atau Buddha Purnima di India, Vesak di Malaysia dan Singapura, Visakha Bucha di Thailand, dan Vesak di Sri Lanka.
Selengkapnya... [sunting]

Tokoh

sunting

Portal:Agama Buddha/Tokoh
Berita Buddha
Mei 2007
4 - Sebuah lukisan dinding Buddhis sepanjang 7 meter dari abad ke-14 ditemukan di sebuah gua di Nepal utara ketika seorang gembala beristirahat di sana. Gua itu diduga telah digunakan untuk maksud-maksud keagamaan. (AP)
April 2007
Thailand
17 - Ratusan biarawan di Bangkok menuntut agar agama Buddha dijadikan agama negara. Usul ini pernah ditolak pada 1997 karena dianggap akan memecah negara. (AP)
Telah wafatArsip Berita Buddha • [sunting]
Tokoh Buddhis

Siddhartha Gautama Buddha dilahirkan dengan nama Siddhārtha Gautama (Sansekerta: Siddhattha Gotama; Pali: "keturunan Gotama yang tujuannya tercapai"), dia kemudian menjadi sang Buddha (secara harafiah: orang yang telah mencapai Penerangan Sempurna). Dia juga dikenal sebagai Shakyamuni atau Sakyamuni ('orang bijak dari kaum Sakya') dan sebagai sang Tathagata.
...terdahulu
Selengkapnya...
Tahukah Anda...

bahwa penganut Agama Buddha tidak menganggap Siddhartha Gautama sebagai Buddha pertama atau terakhir ?
bahwa Agama Buddha tidak menganggap Siddhartha Gautama sebagai Tuhan ?
bahwa Buddha berarti Mereka yang sadar, yang mencapai pencerahan sejati ?
bahwa Ayah Siddharta Gautama adalah seorang raja ?
bahwa siapa saja bisa menjadi seorang Buddha ?
bahwa Buddha terbagi menjadi tiga kategori (Samma Sambuddha, Pacceka Buddha dan Savaka Buddha) ?
[sunting]

Tiada ulasan:

Catat Ulasan


















KETURUNAN SIAM MALAYSIA.

Walaupun saya sebagai rakyat malaysia yang berketurunan siam malaysia,saya tetap bangga saya adalah thai malaysia.Pada setiap tahun saya akan sambut perayaan di thailand iaitu hari kebesaraan raja thai serta saya memasang bendera kebangsaan gajah putih.

LinkWithin