Sabtu, 18 Mei 2013

HIDUP SIHAT DENGAN KAKI

Dengan adanya kendaraan pribadi dan kendaraan umum, jalan kaki kini menjadi hal yang jarang dilakukan. Padahal jalan kaki termasuk olahraga murah dan ringan yang memiliki segudang manfaat.


Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan jalan kaki:
1. Memperkuat sistem pernafasan.


2. Menjaga postur tubuh dan berat badan tetap ideal.
Ketika berjalan kaki, semua bagian tubuh bergerak dan Anda akan lebih cepat mengeluarkan energi. Hal ini akan membantu membakar lemak di tubuh. Selain itu, juga dapat memperkuat kaki dan tubuh bagian bawah serta membuat sendi lebih fleksibel.


3. Dapat membantu menekan risiko serangan jantung.
Berjalan kaki dapat menekan risiko serangan jantung lantaran dapat memompa dan memperderas aliran darah ke koroner jantung. Dengan begitu kecukupan oksigen otot jantung terpenuhi dan otot jantung terjaga untuk bisa tetap cukup berdegup.
Bukan hanya itu, kelenturan pembuluh darah arteri tubuh yang terlatih menguncup dan mengembang akan terbantu oleh mengejangnya otot - otot tubuh yang berada di sekitar dinding pembuluh darah sewaktu melakukan kegiatan berjalan kaki yang berakibat baik bagi kesehatan jantung.


4. Dapat membantu mengontrol dan mencegah diabetes.


5. Berjalan tanpa alas kaki akan memperkuat kaki dan jari - jari kaki Anda.


6. Menurunkan tingkat kolesterol dalam darah.


7. Berjalan kaki dapat mencegah osteoporosis karena jalan kaki sangat efektif untuk menurunkan kehilangan massa pada tulang terutama bagian kaki.


8. Dengan berjalan kaki cepat, dapat menggantikan obat antidepresan yang biasanya diminum secara rutin oleh penderita depresi.


Tips Berjalan Kaki
Berikut beberapa tips berjalan kaki yang dapat Anda lakukan agar berjalan kaki semakin memberi manfaat bagi Anda:

  • Aktivitas jalan kaki memang baru bisa disebut olahraga jika dilakukan secara berlanjut, minimum 30 menit setiap harinya.
  • Sebelum dan sesudah berjalan kaki, cek kadar gula darah Anda. Jika terlalu rendah, di bawah 100 mg/dl, Anda harus menambah asupan karbohidrat sekitar 15-30 gram. Jika terlalu tinggi, di atas 200 mg/dl, maka sebaiknya tunda dulu olahraga Anda sampai kadar gula darahnya turun.
  • Waktu yang paling baik untuk penderita diabetes melakukan olahraga jalan kaki adalah sekitar 1-2 jam setelah makan, saat insulin dan kadar gula darah mulai stabil. Paling disarankan jika dilakukan di pagi hari, terutama untuk penderita diabetes tipe 1.
  • Untuk menghindari terjadinya penurunan kadar gula terlalu rendah saat berjalan kaki, sebaiknya bawalah makanan ringan yang mengandung karbohidrat.
Demikian Artikel ini semoga bermanfaat dan tetap selalu hidup dengan pola sehat.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

KETURUNAN SIAM MALAYSIA.

Walaupun saya sebagai rakyat malaysia yang berketurunan siam malaysia,saya tetap bangga saya adalah thai malaysia.Pada setiap tahun saya akan sambut perayaan di thailand iaitu hari kebesaraan raja thai serta saya memasang bendera kebangsaan gajah putih.

LinkWithin