Khamis, 13 September 2012

PENGERTIAN PARABOLA

Televisi satelit adalah siaran tv yang diproduksi oleh stasiun TV milik pemerintah maupun swasta melalui satelit. Untuk menontonnya, Anda memerlukan antena parabola, dan sebuah alat penerima siaran satelit digital atau DVB. DVB adalah kependekan dari Digital Video Broadcasting (Penyiaran Video Digital). Hanya sinyal-sinyal digital yang bisa diterima dan diproses oleh peralatan elektronik ini sedangkan untuk sinyal analog, perlu penerima analog. Dewasa ini, kebanyakan program tv satelit disiarkan dalam bentuk digital.
Beberapa program adalah program pra-bayar sedangkan yang lainnya gratis. Siaran-siaran TV ini diudarakan dalam berbagai bahasa. Untuk program berbahasa Inggris, Anda bisa menonton CCTV9, NHK World, Al Jazeera, CNA (Channel News Asia), France 24, Euronews, DWTV dan masih banyak lagi.

Kualitas program TV satelit yang Anda saksikan bergantung pada antena, alat penerima digital dan pesawat TV. Jika Anda menonton program TV menggunakan televisi layar datar, maka Anda bisa menikmati gambar yang cerah dan suara yang jernih dari program-program TV satelit. Saat ini, beberapa stasiun TV seperti Luxe TV, NHK World and kemungkinan besar Arirang TV telah meluncurkan program mereka dalam format HDTV. Kualitas gambar HDTV lebih baik daripada program standard TV digital. Kita memerlukan pesawat televisi HD untuk menonton siaran-siaran HDTV. Kebanyakan daripadanya sekarang diluncurkan dalam bentuk LCD TV yang bobotnya ringan. Di samping itu, televisi layar datar atau layar LCD lebih efisien dalam hal konsumsi listrik. Siarannya membutuhkan sedikit energi listrik daripada layar tabung yang sebelumnya. Layar LCD lebih cocok untuk rumah-rumah yang ruangannya kecil.

Program yang bisa Anda saksikan melalui penerima TV satelit ada banyak. Program itu berupa musik, olah raga, berita dan siaran perjalanan. Anda dapat menontonnya 24 jam, 7 hari seminggu. Siaran TV satelit menyediakan cakupan penuh tentang kejadian-kejadian di seluruh dunia. Dengan menonton program TV satelit, kita dapat memahami budaya dan tradisi orang-orang dari seluruh dunia. Kebanyakan siaran TV satelit diudarakan oleh pemerintah-pemerintah asing dengan tujuan mempromosikan berbagai aspek kehidupan di masing-masing negara itu kepada penontonnya di seluruh dunia. Di masa datang, TV satelit akan lebih dominan daripada stasiun TV lokal karena kualitas dan keanekaragaman siarannya yang ditawarkan kepada setiap penonton dengan gratis.
Sejarah antena parabola
Sejarah antena parabola dapat diamati mulai dari tahun 1970an. Ketika itu belum ada penyedia/provider untuk televisi satelit. Televisi satelit mulai tumbuh tahun 1976. HBO adalah stasiun televisi pertama yang mengembangkan program-program televisi kepada perusahaan kabel melalui transmisi satelit televisi. Antena parabola C-band ditemukan oleh seorang profesor di Stanford yang mencoba membangun antena parabolanya sendiri dan berhasil menangkap siaran HBO.

Pada masa itu antena parabola C-band berukuran sangat besar. Karena itu, antena parabola diletakkan di halaman. Ketika itu, tidak ada ruang yang cukup untuk meletakkan antena parabola. Harga antena parabola pada masa itu mahal. Pada tahun 1980an, berbagai perusahan mengembangkan antena parabola C-band. Karena itu, harga antena parabola turun. Akibatnya, banyak program yang dirancang untuk televisi satelit dan dianggap sebagai investasi. Pada tahun 1984, Kongres Amerika mengesahkan Cable Act. Ini dari Cable Act adalah untuk memperbolehkan berbagai perusahaan kabel melakukan enkripsi pada siaran mereka. Hal ini dilakukan karena ada penonton yang tidak membayar untuk layanan televisi satelit. Enkripsi berhasil mengarahkan orang-orang untuk berlangganan televisi kabel.

Pada tahun 1990an, enkripsi yang digunakan berhasil diretas. Akibat dari peretasan tersebut, perusahaan-perusahaan mulai mengembangkan dan menggunakan transmisi digital. Antena parabola berperan besar dalam perkembangan industri layanan televisi satelit. Dish Network, sebuah perusahaan penyedia layanan televisi satelit memulai penyiaran mereka pada tahun 1996. Mereka memanfaatkan antena parabola. Pada tahun yang sama, DirecTV juga mulai bersiaran. Akibatnya, terjadi persaingan antarpenyedia layanan televisi satelit dan menandai persaingan antara berbagai perusahaan penyedia layanan televisi satelit. Saat ini Dish Network Company telah tumbuh dan menawarkan berbagai program televisi digital dan HDTV. Dish Network menyediakan berbagai saluran dan program dalam definisi tinggi. Dish Network juga menjadi penyedia layanan televisi antena parabola dengan pelanggan yang banyak.

Pada tahun 1970, 1980, dan 1990an antena parabola mengubah cara kerja pemrograman televisi. Perubahan tersebut ditandai dengan perubahan pada peralatan televisinya. Pada masa itu, antena parabola jenis C-band yang besar telah hilang. Antena parabola jenis C-band telah berubah ukuran menjadi lebih kecil. Kini, antena parabola berukuran kecil. Antena parabola mampu diletakkan di atap dan tidak mengganggu stabilitas bangunan. Ukurannya tidak lagi mengganggu pemandangan. Berbagai saluran dan program-program televisi yang menggunakan antena parabola telah mampu ditransmisikan dengan jelas dan tanpa gangguan. Saat digunakan menonton HDTV, antena parabola mampu mentransmisikan gambar yang realistis.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

KETURUNAN SIAM MALAYSIA.

Walaupun saya sebagai rakyat malaysia yang berketurunan siam malaysia,saya tetap bangga saya adalah thai malaysia.Pada setiap tahun saya akan sambut perayaan di thailand iaitu hari kebesaraan raja thai serta saya memasang bendera kebangsaan gajah putih.

LinkWithin