Khamis, 6 September 2012

PLANET PLUTO

Pada tahun 2006 Pluto sudah tidak menyandang gelar sebagai planet lagi. Pada acara sidang umum Perhimpunan Astronomi Internasional (International Astronomical Union/IAU) di Praha, ibu kota Republik Ceko, para astronom mengumumkan perubahan status Pluto sebagai planet. Para astronom sepakat Pluto statusnya bukan merupakan planet lagi, walaupun masih mempunyai sebutan “planet kerdil” (dwarf planet). hal ini disebabkan Pluto mempunyai ciri-ciri yang berbeda dengan kedelapan planet dalam tata surya.
pada 7 September 2006 nama Pluto diganti dengan nomor saja, yaitu 134340. Pada 1978 Pluto diketahui memiliki satelit yang berukuran tidak terlalu kecil darinya bernama Charon(ini yang saya pelajari ketika masih sekolah). Kemudian pada tahun 2005 ditemukan lagi satelit lainnya, Nix dan Hydra.
Sejarah Penemuan
Pluto ditemukan pada tanggal 18 Februari 1930 oleh Clyde William Tombaugh, seorang astronom muda di Observatorium Lowell. Pluto kemudian menjadi salah satu anggota tata surya yang paling kontroversial (saingan ma Dewi Persik ni.hehe). Penemuan Pluto sebenarnya tidak lepas dari penemuan Neptunus, ketika itu diketahui bahwa orbit Neptunus tidak sama tepat dari yang diperoleh dari perhitungan. Dari ketidak sesuaian inilah, para astronom menduga adanya planet X sebagai objek yang bertanggung jawab gangguan orbit yang terjadi.
Mr. Lowell adalah astronom pertama yang mencoba menemukan planet hipotesis ini.  Namun Mr. Lowell ini gagal menemuka planet yang dia cari-cari. Hingga akhirnya Mr. Tombaugh memperoleh foto-foto pada daerah langit tempat benda langit itudiperkirakan berada. Dia membandingan foto-foto yang dia ambil beberapa minggu sebelumnya, dan terlihat sebuah objek yang bergerak relatif terhadap bintang-bintang. Mr. Tombaugh pin yakin bahwa dirinya telah menemukan benda langit yang mempengaruhi orbit dari Neptunus tersebut. Menariknya, penemuan tersebut belum bisa menjawab keanehan dalam orbit Neptunus. Massa Pluto terlalu kecil untuk dapat dianggap sebagai objek yang bertanggung jawab atas perbedaan tersebut.
Pemberian Nama
Tentang nama yang diberikan kepada planet inipun tak kalah uniknya. Pluto adalah nama Dewa yang menguasai dunia kematian dalam mitologi Romawi (dikenal juga sebagai Hades dalam mitologi Yunani). Meskipun banyak yang menawarkan nama, penghargaan diberikan kepada Venetia Burnry, seorang gadis kecil berusia 11 tahun asal Inggris. Nama pilihan ini berhasil menyingkirkan nama-nama lain yang diusulkan, seperti Minerva (Dewa Ilmu Pengetahuan). Saking hebohnya, mengispirasi Walt Disney untuk memberi nama anjing peliharaan Mickey Mouse dengan nama serupa.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

KETURUNAN SIAM MALAYSIA.

Walaupun saya sebagai rakyat malaysia yang berketurunan siam malaysia,saya tetap bangga saya adalah thai malaysia.Pada setiap tahun saya akan sambut perayaan di thailand iaitu hari kebesaraan raja thai serta saya memasang bendera kebangsaan gajah putih.

LinkWithin