Ahad, 10 Julai 2011

WARNA DAN JENIS KULIT.

Warna Kulit
Warna kulit manusia sangat tergantung dari ras atau keturunannya. Misalnya, orang Negro memiliki kulit yang hitam legam, bangsa Eropa memiliki kulit putih, bangsa Polynesia berkulit kemerahan, Cina (oriental) berkulit kuning langsat, dan orang Asia umumnya berkulit sawo matang. Warna kulit ini ditentukan oleh pigmen yang terdiri dari eumelanin dan feomelanin. Eumelanin adalah pigmen basil oksidasi yang berwarna cokelat tua dan feomelanin adalah pigmen hasil reduksi yang berwarna kuning krem.
Orang Negro hanya memiliki eumelanin, ras kaukasoid (Eropa) hanya feomelanin, sedangkan bangsa Cina dan Jepang sama dengan bangsa Melayu, memiliki kedua jenis pigmen tersebut. Hanya, pada ras oriental (Cina dan Jepang), feomelanin lebih besar dibandingkan dengan eumelanin sehingga berwarna kuning langsat.
Sebaliknya, pada orang Melayufeomelanin lebih kecil jika dibandingkan dengan Eumelanin, sehingga berwarna sawo matang. Pengaruh sinar matahari memperbanyak pembentukan eumelanin sehingga menghitamkan kulit. Kondisi ini banyak terjadi di negara yang beriklim tropis, seperti Asia, Amerika Latin, dan Afrika.
Eumelanin ini sangat berguna untuk menangkal pengaruh sinar matahari yang berupa ultra violet yang berbahaya bagi kesehatan kulit, karena bisa menyebabkan kanker kulit. Menurut berbagai penelitian, kanker kulit lebih banyak terjadi pada bangsa yang eumelattin pada kulitnya sedikit.
Kerja hormon di dalam tubuh laki-laki maupun perempuan terjalin dalam sebuah sistem. Ada sistem hormon seks, ada juga bukan hormon seks. Kelenjar penghasil hormon seks ada di indung telur (ovarium); anak ginjal (glandulla suprarenalis); buah zakar (testes), selain di kelenjar gondok (glandulla thyroid); kelenjar anak gondok (glandulla parathyroid); kelenjar ludah perut (pancreas) yang keseluruhannya terjalin sebagai sebuah sistem endocrine.Sistem hormonal tubuh dikomando oleh sebuah kelenjar alit di otak, yakni kelenjar pituitary. Di pucuk komando ada kelenjar hypothalamus. Gangguan pada salah satu hormon, akan mengganggu (keseimbangan) hormon lainnya. Keterkaitan masing-masing hormon tubuh dan saling kebergantungan harus tetap terjaga dan terpelihara.
Komando sistem hormon di otak, rutin mengendalikan kerja harian seluruh hormon tubuh, termasuk hormon seks, selain mengatur kapan tubuh seorang anak mulai diaktifkan kelenjar seks di tubuhnya. Pada saat tombol mulai aktif itu dinyalakan, anak mulai bertumbuh jadi pubertas.
“Lonceng biologis”
Pada mudigah (embrio) anak perempuan terbentuk calon rahim, calon indung telur, calon saluran telur, dan calon vagina, selain calon kelenjar susu. Sepasang indung telur yang akan memproduksi hormon kewanitaan estrogen. Hormon yang sama dihasilkan pula oleh kelenjar anak ginjal.
Indung telur perempuan yang menopause sudah berhenti memproduksi estrogen. Namun, estrogen dalam takaran kecil masih diproduksi kelenjar anak ginjal. Kadar estrogen dalam tubuh menentukan seberapa feminin tampilan seorang perempuan.
Selain berbeda jender mudigah perempuan dari mudigah laki-laki, berbeda pula dalam ukuran, berat, dan cara kerja otaknya. Termasuk perbedaan anak laki-laki dengan anak perempuan dalam semua unsur dalam darah, dan nilai faali tubuh lainnya.
Harus diakui, secara keseluruhan, nilai-nilai faali tubuh laki-laki rata-rata lebih tinggi dibanding nilai faali yang dimiliki tubuh perempuan. Atas dasar itu, ukuran prestasi olahraga, misalnya, antara pria dan wanita tidak selayaknya disamakan.
Di otak terdapat sebuah pusat pengatur jadwal kerja mesin tubuh, antara lain dalam hal urusan lapar, tidur, dan seks.
Pusat itu bernama lonceng biologis (biological clock). Lonceng biologis yang akan memerintahan pusat komando tertinggi otak hypothalamus. Memulai fungsi kelenjar seks ketika masa pubertas sudah tiba waktunya. Pada saat lonceng biologis otomatis berbunyi, organ seks anak perempuan seperti vagina, rahim, indung telur, payudara, dan demikian pula segenap organ reproduksi milik.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

KETURUNAN SIAM MALAYSIA.

Walaupun saya sebagai rakyat malaysia yang berketurunan siam malaysia,saya tetap bangga saya adalah thai malaysia.Pada setiap tahun saya akan sambut perayaan di thailand iaitu hari kebesaraan raja thai serta saya memasang bendera kebangsaan gajah putih.

LinkWithin