Selasa, 2 April 2013

CARA MENYEKAT LNB DAN R/L SECARA OPTIMAL

Pada umumnya lnb yang ada dipasaran dirancang untuk menangkap sinyal yang berpolarisasi horisontal dan vertikal karena kebanyakan satelit yang bisa ditangkap di indonesia berpolarisasi horisontal dan vertikal.
namun ada beberapa satelit yang dapat ditangkap di indonesia berpolarisasi Right dan Left. kalau transmisi satelit tersebut menjangkau tempat kita, walaupun tidak maksimal dengan lnb berpolarisasi horisontal dan vertikal sinyal dapat kita tangkap.

Namun kalau transmisi satelit tersebut tidak nyampai tempat kita tetapi jangkauannya nyampai ketempat kita, maka sangatlah mustahil sinyalnya dapat kita tangkap dengan lnb berpolarisasi Right dan Left. seperti jangkauan satelit yamal 202 pada gambar dibawah ini. dimana pada satelit ini terdapat chanel yang konon diburu maniak parabola.

Beam Yamal 202
Untuk dapat menangkap jangkauan sinyal satelit tersebut haruslah menggunakan lnb yang dirancang untuk menangkap sinyal polarisasi Right dan Left. kalaulah kita sulit nendapatkan lnb tersebut dipasaran, kitapun bisan merancangnya sendiri karena pada dasarnya lnbnya sama, hanya yang untuk polarisasi R/L terdapat sekat yang berfungsi untuk menyearahkan frekwensi yang semula R/L menjadi H/V.

sekat ini bisa kita pasang sendiri dengan cara yang sederhana. bahan yang dibutuhkan adalah plastik tebal kira-kira 7 mm. kalau susah mencari bahan tersebut, pakai saja talenan/bantalan untuk mengiris-iris di dapur. yang bagus adalah talenan merk maspion, karena tebalnya sangat pas, kalaulah tidak ada merek maspion, pakai merek lionstarpun juga bisa. kalaulah tidak ada, bisa menggunakan keramik lantai, tetapi hasilnya tidak maksimal.

Perbandingannya adalah misalnya lnb tanpa sekat sinyalnya 30%, disekat pakai talenan maspion bisa menjadi 80%. pakai talenan lionstar sinyalnya 70%. sedangkan pakai keramik sinyalnya hanya 40%. setelah bahan didapat, tibalah saatnya untuk membentuk sekat dan memasangnya.

Ukuran optimal untuk sekat lnb adalah Panjang 17 cm, lebar sesuai diameter lnb, dan tebal 7 mm (talenan merk maspion seperti yang telah dijelaskan diatas).


Sekat LNB
Sekat LNB


setelah sekat kita bentuk, sekat tersebut kita sisipkan kedalam tabung lnb. ukuran kedalaman menyisipkan sekat yang optimal adalah sejajar jarum antena Horisontal dan sisanya biarkan tersisa diluar (melet keluar). perbandingan sinyalnya tidak seberapa, tapi lumayan kan! kisaran sinyalnya sekitar 3-5%. yang penting sekat harus melet keluar minimal 3 cm. kurang dari itu sinyalnya bisa berkurang lebih dari 5%.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

KETURUNAN SIAM MALAYSIA.

Walaupun saya sebagai rakyat malaysia yang berketurunan siam malaysia,saya tetap bangga saya adalah thai malaysia.Pada setiap tahun saya akan sambut perayaan di thailand iaitu hari kebesaraan raja thai serta saya memasang bendera kebangsaan gajah putih.

LinkWithin