Jumaat, 19 April 2013

KONDOM

saya ingatkan, saat membaca tulisan ini, tolong pikirannya jangan dibawa kemana mana ya. Kita disini membicarakan kondom sebagai salah satu alat untuk mencegah kehamilan dan penyebaran penyakit menular seksual.
Keluarga berencana (KB) merupakan salah satu cara yang ditempuh oleh pasangan usia subur untuk menunda kehamilan. Ada banyak cara atau metode untuk melaksanakan program KB, salah satunya adalah dengan menggunakan kondom. Selain untuk KB, ternyata kondom juga berguna untuk mencegah penyebaran penyakit menular seksual.
Berdasarkan pemakainya, kondom dibagi menjadi 2 macam yaitu kondom untuk laki laki dan kondom untuk perempuan.
2403801324 62773baab9 O
Apakah kondom laki laki itu?
Kondom laki laki adalah kondom yang dibuat khusus untuk laki laki yang akan menutupi seluruh badan Mr. P pada saat ereksi. Kondom ini akan mencegah tumpahnya sperma beserta cairan semen pada liang vagina.
Terbuat dari apakah kondom laki laki itu?
Pada umumnya kondom laki laki terbuat dari karet yang disebut dengan lateks. Selain terbuat dari lateks, beberapa produsen kondom juga memproduksi kondom berbahan dasar plastik (polyurethane). Kondom berbahan plastik relatif lebih mahal dan mudah rusak, namun kondom ini sering digunakan oleh mereka yang alergi terhadap lateks. Ada pula kondom yang terbuat dari bahan alami yakni membran hewan, sayangnya kondom ini cukup mahal dan tidak efektif untuk mencegah penularan penyakit.
Apa saja karakteristik kondom lateks ?
Berikut beberapa karakteristik kondom lateks yang bisa dijadikan patokan saat membelinya di toko.
  • Ukuran. Kondom ukuran standar akan cocok untuk setiap laki laki. Bila terasa kecil, anda bisa mencoba kondom berukuran XL, sedangkan bila terlalu besar anda bisa menggunakan kondom mini.
  • Bentuk. Umumnya kondom berbentuk tabung dengan rongga kecil di ujungnya sebagai tempat menampung cairan sperma. Selain itu, ada pula kondom polos tanpa rongga di ujungnya.
  • Ketebalan. Bila anda sering mengalami kejadian kondom bocor setelah melakukan hubungan seksual, maka anda sebaiknya memilih kondom ekstra kuat alias yang ketebalannya lebih. Selain kondom yang sangat tebal, juga tersedia kondom yang sangat tipis. Namun kondom jenis ini sangat tidak dianjurkan untuk digunakan karena mudah bocor.
  • Pelumasan. Saat ini kondom yang dijual sudah banyak mengandung bahan pelumas yang berfungsi untuk membunuh sperma dan beberapa kuman penyakit. Pelumas ini akan memberikan perlindungan ekstra terutama bila kondom bocor.
  • Rasa. Kondom dengan rasa yang manis dan mint sering dipilih mereka yang suka melakukan oral seks.
  • Warna. Kondom tersedia dengan berbagai macam warna. Tidak ada sesuatu yang khusus dari warna ini selain memperindah bentuk kondom.
Kapan sebaiknya seorang laki laki menggunakan kondom?
Kondom sebaiknya digunakan sebelum Mr. P melakukan penetrasi. Sebelum terjadinya ejakulasi, kemungkinan keluarnya sperma sudah sangat besar. Disamping itu, dengan menggunakan kondom sejak dini maka pencegahan terhadap penularan penyakit juga semakin efektif. Buanglah kondom begitu Mr. P ejakulasi.
Bagaimana cara menggunakan kondom?
Masukanlah kondom secara penuh saat Mr. P dalam keadaan ereksi. Bila kondom tidak mempunyai rongga sperma di ujungnya, sisakanlah sekitar 1 cm di bagian depan Mr. P sebagai tempat menampung sperma. Gunakalah kondom baru setiap anda melakukan hubungan seksual. Pastikan kondom anda terpasang dengan benar sebelum melakukan penetrasi. Jika anda menggunakan cairan pelicin, pastikan anda menggunakan cairan dengan bahan dasar air agar tidak merusak kondom. Tulisan lain tentang ini bisa dibaca disini.
Apa yang menyebabkan kondom laki laki bocor?
  • Kondom kaladuarsa. Kondom juga mempunyai masa kaladuarsa. Pastikan anda melihat tanggal ini sebelum menggunakannya.
  • Penyimpanan yang salah. Panas yang terlalu tinggi akan merusak kondom lateks.
  • Pelumasan yang tidak cukup. Pelumasan yang kurang akan menyebabkan kondom mudah sobek.
  • Kondom yang terlalu kecil. Cobalah kondom yang lebih besar.
  • Liang vagina yang terlalu sempit. Gunakan kondom yang lebih tebal.
Apa yang menyebabkan kondom terlepas saat berhubungan?
  • Kondom yang terlalu besar. Gunakanlah kondom yang lebih kecil.
  • Hilangnya ereksi. Segera tarik Mr. P dari liang vagina, pegang pangkal kondom begitu anda merasa kehilangan ereksi.
Seberapa efektif kondom untuk ber-KB?
Efektifitas kondom untuk mencegah kehamilan sekitar 85 %. Efektifitas akan meningkat dengan penggunaan yang benar.
Bagaimana kondom mencegah penularan penyakit?
Kondom lateks memberikan perlindungan terhadap penyakit menular seksual dengan cara mencegah secara mekanis masuknya kuman ke tubuh pasangannya.
2402971951 5bfb5a9c4f M
Apakah kondom perempuan itu?
Kondom perempuan adalah kondom yang khusus dibuat untuk kaum perempuan berbahan dasar plastik (polyurethane) yang sudah dilumasi. Kondom ini berbentuk tabung dengan cincin fleksibel di kedua ujung yang mana salah satu diantara ujung ini adalah buntu.
Bagaimana cara menggunakan kondom perempuan?
Sebelum memulai aktifitas seksual, sang perempuan memasukan kondom ke dalam liang vagina yang mana ujung yang buntu berada di dalam sampai ke leher rahim sementara yang terbuka dipasang sedemikan rupa sehingga menutupi bibir kecil atau labia minor. Kondom akan mencegah sperma masuk ke dalam rahim. Kondom ini harus segera dibuang begitu selesai digunakan.
Bagaimana efektifitas kondom perempuan untuk ber-KB?
Efektifitasnya sekitar 75%.
Apakah kondom perempuan mampu mencegah penularan penyakit?
Kondom perempuan memang mampu untuk mencegah penularan penyakit namun tidak seefektif kondom untuk laki laki.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

KETURUNAN SIAM MALAYSIA.

Walaupun saya sebagai rakyat malaysia yang berketurunan siam malaysia,saya tetap bangga saya adalah thai malaysia.Pada setiap tahun saya akan sambut perayaan di thailand iaitu hari kebesaraan raja thai serta saya memasang bendera kebangsaan gajah putih.

LinkWithin