Ahad, 8 September 2013

SEJARAH GANDHI

Mahatma Gandhi lahir pada tanggal 2 oktober 1869 di salah satu daerah India, Gujarat. Banyak orang di dunia memang lebih mengenal beliau dengan nama Mahatma Gandhi yang dalam bahasa Sansekerta berarti “jiwa agung”, namun nama aslinya adalah Mohandas Karamchand Gandhi. beliau adalah sosok pengagum dan sangat menghargai berbagai aliran kepercayaan, baik Islam, Hindu, maupun Kristen.

ketika india berada dibawah jajahan inggrin, gandhi lahir dari keluarga dengan kasta waisya. kejujuran gandhi sudah terlihat ketia ia masi kecil, ketika baru berusia 8 thn ia diperintahkan gurunya untuk mencontek karna pemerintah inggris mengadakan ujian bahasa inggris anak-anak india, namun saat ujian berlangsung gandhi justru mengerjakan sendiri alhasil ia mendapat nilai paling rendah. gandhi juga pernah berbuat buruk ketika kecil, ia pernah mencuri uang untuk membeli roko dan menghisapnya.



sesuai dengan adat india, saat berusia 13 tahun gandhi dinikahkan dengan kasturbai yang seusia dengannya, oleh karna itu gandhi cuti 1 tahun dari sekolahnya. ketika kembali masuk sekolah gandhi sangat sulit berkonsentrasi karna selalu teringat istrinya, akibatnya ia kesulitan untuk naik kelas. namun akhirnya gandhi mulai sadar dan berusaha mengejar ketertinggalannya.

gandhi kesulitan untuk masuk universitas setelah lulus dari sekolah menengah atas, akhirnya ia memutuskan pergi ke inggris untuk belajar ilmu hukum, keputusannya itu ditentang oleh semua orang yang dekat dengan gandhi,namun gandhi bersikeras untuk pergi ke inggris. tahun keempat ia lulus sebagai pengacara dan kembali ke india.

gandhi memulai karirnya di bombay, timur laut india, namun kurang berhasil, kantor pengacara gandhi pun dipersulit izinnya karna menentang menentang pemerintah. salah satu temannya kemudian menawarkan pekerjaan di afrika selatan yang kaya akan emas dan berlian.

gandhi di kucilkan karna terus menggunakan ikat kepala india karna menganggap itu adalah kepribadian india, kemudian gandhi menulis di sebuah surat kabar yang isinya warga india berhak menggunakan ikat kepala dan tidak ada seorangpun yang dapat menghalangi termasuk pemerintah inggris. hal itu membuatnama gandhi mulai diperhitungkan.

orang india yang berada di afrika selatan sangat tidak dihargai, hal itulah yang menyebabkan gandhi gusar dan bertekat untuk memperjuangkan nasib orang india, kemudian pada tahun 1894 gandi membentuk perkumpulan orang-orang india di afrika selatan.

gandhi kemudian pulang k india, sesampainya di india ia menceritakan semua tentang keadaan orang india di afrika selatan, menulis buku, dan rajin mengisi pidato guna membagun kebersamaan orang india dan menumbuhkan jiwa perjuangan bangsa india, hal itu membuat pemerintahan inggris marah besar, sehingga gandhi sering mendapatkan perlakuan yang buruk dari bangsa kulit putih.

perlakuan yang buruk dari bangsa kulit putih tidak membuat gandhi dendam, justru gandhi berusaha meyakinkan bangsa india untuk membantu inggris saat perang dengan membentuk barisan penolong, dan mendapar penghargaan dari pihak militer inggris, kemudian gandhi pulang k india

gandhi sempat di cap sebagai penghianat karna menyetujui peraturan pemerintah inggris untuk pendaftaran warga india di afrika selatan dan pemerintah inggris berjanji akan memberlakukan bangsa india dengan baik, namut tidak lama dari itu, pemerintahan inggris mengingkari janjinya, gandhi kemudian mengajak warga india untuk keluar dari perbatasan, karna itu lah gandhi dipenjara.

beberapa kali gandi dipenjarakan bangsa inggris karna menentang pemerintahan inggris, untuk tetap memperjuangkan nasib saudara-saudaranya gandhi kerap kali melakukan puasa di dalam penjara.

warga india juga pernah menganggap gandhi penghianat karna mendukung umat islam yang membentuk negara pakistan, ketika itu pula sering terjadi perang antara umat indu dan umat islam. 15 agustus 1947 india merdeka, namun ghandi waktu itu tetap puasa berharap kerukunan antara umat islam dan umat hindu.

di akhir hidupnya ia ditembak oleh orang yang tidak dikenal, dan wafat, namun jejaknya masi terus dikenang sampai sekarang tidak hanya warga india tapi seluruh dunia.

kepemimpinan gandhi yang menyumbangkan jiwa raganya mengantarkan nya pada posisi yang sangat terhormat, jasa-jasanya terus dikenang, dan prinsip-prinsip perdamaiannya terus menjadi inspirasi oleh banyak orang.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

KETURUNAN SIAM MALAYSIA.

Walaupun saya sebagai rakyat malaysia yang berketurunan siam malaysia,saya tetap bangga saya adalah thai malaysia.Pada setiap tahun saya akan sambut perayaan di thailand iaitu hari kebesaraan raja thai serta saya memasang bendera kebangsaan gajah putih.

LinkWithin