Jumaat, 24 Jun 2011

SIAM.

Siam (Thai: สยาม) adalah negara yang paling kuat di Indocina dan negara Thailand terbesar termasuk negara-negara pengikut Kamboja, lanna, Laos, Pegu & bagian Malaysia. Kerajaan ini dibentuk oleh Phra Raung Dinasti dan berlangsung hingga 1932. Awalnya kerajaan dikuasai oleh Khmer sampai di Thailand 1238 mendapat kemerdekaan dari pemerintahan Khmer. Ketika Ramkhamhaeng, putra Sri Indraditya memerintah kerajaan Sukhothai kuat harus hubungan dengan Kekaisaran Mongolia. Setelah kematian Ramkhamhaeng menyebabkan penurunan Sukhothai menemukan Ayutthaya Kingdom.Ayutthaya telah perang dengan tahun Ayutthaya Sukhothai banyak menaklukkan Angkor, Sukhothai, Tambralinga. Ayutthaya kemudian perang dengan lanna kemudian Burma (Toungoo Dinasti) sampai Burma Sack Ayutthaya. Di Thonburi (Modern dekat Bangkok) Phraya Taksin sebagai Raja Thonburi. Raja Taksin untuk Attack lanna dan kerajaan-kerajaan lainnya untuk bersatu kembali Siam.

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Di bawah Khmer

Funan , Chenla , Kerajaan Khmer aturan Isan & sebagian besar dari Thailand Selatan Thailand kecuali pemerintahan oleh Sriwijaya Khmer Lavo kota Vimayapura di bawah Jayavarman VII Conquer Chao Phraya Basin, Northern Thailand Jayavarman VII kematian kerajaan Khmer penurunan Kemerdekaan memperoleh banyak negara termasuk Sukhothai, lanna & Phayao.in Ayutthaya era Borommaracha II diluncurkan untuk Attack Angkor membuat karung Angkor.

[sunting] Sukhothai dan Lanna

Thai bertahap negara-kota merdeka dari lemah Kerajaan Khmer. Dikatakan bahwa Sukhothai didirikan sebagai yang berdaulat, kerajaan kuat oleh Pho Khun Sri Indraditya pada 1238. Sebuah fitur yang disebut dengan politik 'klasik' Thai sejarawan sebagai, 'ayah mengatur anak-anak' ada pada saat ini. Semua orang dapat membawa masalah mereka kepada raja secara langsung; sebagai ada bel di depan istana untuk tujuan ini. Kota sebentar mendominasi area di bawah Raja Ramkhamhaeng, yang mendirikan Thai alfabet, tetapi setelah kematiannya pada tahun 1365 itu jatuh ke dalam kemunduran dan menjadi tunduk pada negara Thailand berkembang lain, Kerajaan Ayutthaya, di bawah Chao daerah Phraya.
Thailand lain menyatakan bahwa hidup berdampingan dengan Sukhothai adalah negara bagian utara lanna, yang berpusat di Chiangmai. Raja Phya Mangrai adalah pendirinya. Keadaan ini muncul pada periode yang sama seperti Sukhothai. Jelas lanna menjadi sekutu tertutup Sukhothai. Ketika Kerajaan Ayutthaya telah muncul dan memperluas pengaruh dari lembah Chao Phraya, Sukhothai akhirnya ditundukkan. Pertempuran sengit antara lanna dan Ayutthaya telah terus-menerus terjadi. Chiangmai akhirnya ditundukkan, menjadi Ayutthaya's 'pengikut'.
Lanna sejarah independen berakhir pada tahun 1558, ketika akhirnya jatuh ke Burma; setelah itu didominasi oleh Burma sampai akhir abad eigthteenth. Pemimpin lokal bangkit melawan Burma dengan bantuan dari Kerajaan Thailand meningkat Thonburi Raja Taksin. The 'Utara Kota-Serikat' kemudian menjadi pengikut bawah kerajaan Thailand Thonburi dan Bangkok. Pada awal abad keduapuluh mereka dianeksasi dan menjadi bagian dari Siam modern, atau Thailand.

[sunting] Ayutthaya

Kerajaan Ayutthaya memiliki lokasi pada inlet kecil, dikelilingi oleh tiga sungai. Karena lokasi unggulannya, Ayutthaya cepat menjadi kuat, politik dan ekonomi. Ayutthaya yang berbeda, berbagai nama mulai dari 'Ayothaya', berasal dari Ayodhya, India kota suci, 'Krung Thep', 'Phra Nakorn' dan 'Dvaravati'.
Penguasa pertama Kerajaan Ayutthaya, Raja Ramathibodi aku, dibuat dua kontribusi penting ke Thai sejarah: pembentukan dan promosi Theravada Buddha sebagai agama resmi - untuk membedakan kerajaan-Nya dari tetangga Hindu Kerajaan Angkor - dan penyusunan Dharmashastra, kode hukum yang didasarkan pada sumber-sumber Hindu dan adat tradisional Thailand. The Dharmashastra tetap menjadi alat hukum Thailand sampai akhir abad ke-19. Namun Ayutthaya terganggu oleh pertempuran internal
Ayutthaya tradisi menjadi model untuk periode berikutnya, Dinasti Chakri Bangkok.
Dimulai dengan Portugis pada abad ke-16, Ayutthaya, dikenal orang Eropa sebagai "Kerajaan Siam", memiliki beberapa kontak dengan Barat. Ini menjadi salah satu kota yang paling makmur di Asia Timur. Belanda dan Perancis termasuk di antara yang paling aktif di kerajaan asing serta Cina dan Jepang.
Siam kedutaan untuk Louis XIV pada 1686, oleh Nicolas Larmessin .
Ayutthaya memperluas lingkup wilayah lebih dari cukup, mulai dari Islam menyatakan pada Semenanjung Malaya, Andaman pelabuhan, untuk negara-negara di bagian utara Thailand. Pada abad ke-18, Kerajaan Ayutthaya penurunan secara bertahap dalam pertempuran antara pangeran dan pejabat telah melanda arena politik. Terpencil kerajaan menjadi lebih dan lebih mandiri, modal mengabaikan perintah dan keputusan.
Pada tahun 1700-an, fase terakhir kerajaan tiba. The Burma, yang telah mengendalikan dan juga lanna kerajaan mereka bersatu di bawah dinasti yang kuat, meluncurkan beberapa usaha invasi pada tahun 1750 dan 1760s. Akhirnya, pada tahun 1767, Burma menyerang dan menaklukkan ibu kota itu. Keluarga kerajaan meninggalkan kota di mana raja meninggal karena kelaparan sepuluh hari kemudian. Ayutthaya garis kerajaan yang telah padam. Secara keseluruhan ada 33 raja di periode ini, termasuk raja tidak resmi.

[sunting] Periode Thonburi

Tahun 1767, setelah mendominasi Asia Tenggara selama hampir 400 tahun, di Kerajaan Ayutthaya dibawa turun oleh menginvasi Burma pasukan, ibukotanya dibakar, dan wilayah yang diduduki oleh para penyerang.
Meskipun kekalahan dan pendudukan oleh Burma, Siam membuat pemulihan yang cepat. Penolakan terhadap aturan Burma dipimpin oleh seorang mulia keturunan Cina, Taksin, seorang pemimpin militer yang mampu. Awalnya berbasis di Chanthaburi di selatan-timur, dalam setahun ia telah mengalahkan pasukan pendudukan Burma dan mendirikan kembali negara Siam dengan ibukotanya di Thonburi di tepi barat dari Chao Phraya, 20 ; km dari laut. Pada 1768 ia dimahkotai sebagai Raja Taksin (kini secara resmi dikenal sebagai Taksin yang Agung). Dia cepat menyatukan kembali pusat Thailand jantung di bawah pemerintahannya, dan pada 1769 ia juga menduduki barat Kamboja. Dia kemudian berjalan ke selatan dan mendirikan kembali Siam menguasai Semenanjung Malaya sejauh selatan sebagai Pulau Pinang dan Terengganu. Setelah diamankan markasnya di Siam, Taksin menyerang Burma di utara pada tahun 1774 dan menangkap Chiang Mai pada tahun 1776, secara permanen menyatukan Siam dan lanna. Taksin umum terkemuka dalam kampanye ini adalah Thong Duang, yang dikenal dengan sebutan Chaophraya Chakri. Pada 1778 Chakri memimpin pasukan Siam yang ditangkap Vientiane dan kembali didirikan Siam dominasi atas Laos.
Meskipun keberhasilan ini, oleh Taksin 1779 adalah masalah politik di rumah. Ia tampaknya telah mengembangkan mania religius, mengasingkan rahib Buddha yang kuat dengan mengklaim untuk menjadi sotapannaatau tokoh ilahi. Ia juga menyerang pedagang Cina kelas, dan pengamat asing mulai berspekulasi bahwa ia akan segera digulingkan. Pada 1782 Taksin mengirim pasukannya di bawah untuk menyerbu Kamboja Chakri, tetapi saat mereka pergi sebuah pemberontakan pecah di daerah sekitar ibu kota. Para pemberontak, yang telah luas dukungan rakyat, menawarkan tahta Chakri. Chakri berjalan kembali dari Kamboja dan dicopot dari Taksin, yang diam-diam dieksekusi tak lama setelah. Chakri memerintah di bawah nama Ramathibodi (dia anumerta diberi nama Phutthayotfa Chulalok), namun kini umumnya dikenal sebagai Raja Rama I, raja pertama dari Chakri dinasti. Salah satu keputusan pertamanya adalah untuk memindahkan ibu kota di seberang sungai ke desa Bang Makok (berarti "tempat zaitun plum"), yang segera menjadi kota Bangkok. Ibu kota baru terletak di Pulau Rattanakosin, dilindungi dari serangan oleh sungai ke arah barat dan oleh serangkaian kanal s ke utara, timur dan selatan. Siam sehingga diperoleh dinasti baik yang sekarang dan modal saat ini.

[sunting] Periode Bangkok

[sunting] Rama I

Rama Aku dipulihkan sebagian besar sistem sosial dan politik dari kerajaan Ayutthaya, promulgating kode hukum baru, pengadilan mengembalikan upacara dan menerapkan disiplin pada rahib Buddha. Pemerintahannya dilakukan oleh enam besar kementerian yang dipimpin oleh pangeran kerajaan. Empat dari wilayah-wilayah tertentu yang diberikan ini: di Kalahom selatan; yang Mahatthai di utara dan timur; yang Phrakhlang daerah segera selatan ibukota; dan Krommueang area sekitar Bangkok. Dua lainnya adalah pelayanan tanah (Krom Na) dan pelayanan istana kerajaan (Krom Wang). Pasukan itu dikendalikan oleh wakil Raja dan saudara, yang Uparat. Burma, melihat kekacauan yang menyertai penggulingan Taksin, menginvasi Siam lagi pada 1785. Rama memungkinkan mereka untuk menduduki baik utara dan selatan, tetapi Siam Uparat memimpin pasukannya ke barat Siam dan mengalahkan Burma dalam pertempuran di dekat Kanchanaburi. Ini besar terakhir Burma Invasi Siam, meskipun hingga akhir 1802 pasukan Burma harus diusir dari Lanna. Pada tahun 1792 diduduki orang Siam Luang Prabang dan membawa sebagian besar di Laos di bawah pemerintahan Siam tidak langsung. Kamboja juga efektif dikuasai oleh Siam. Pada saat kematiannya pada tahun 1809 Rama aku telah menciptakan Kekaisaran Siam mendominasi area jauh lebih besar daripada Thailand modern.

[sunting] Invasi Vietnam

Pada 1776 ketika Tay-Anak pasukan pemberontak ditangkap mereka Gia Dinh Nguyen dieksekusi seluruh keluarga kerajaan dan sebagian besar penduduk setempat. Nguyen Anh, satu-satunya anggota keluarga Nguyen masih hidup, berhasil melarikan diri ke seberang sungai untuk Siam. Sementara dalam pengasingan Nguyen Anh berharap untuk merebut kembali Gia Dinh dan mendorong Tay-Anak pemberontak keluar. Dia yakin netral Raja Buddha Yodfa Chulaloke dari Siam untuk memberikan kepadanya dengan dukungan pasukan dan kekuatan invasi kecil.
Pada pertengahan 1784 Nguyen Anh, dengan 50.000 Siam pasukan dan 300 kapal, bergerak melalui Kamboja, kemudian Timur Tonle Sap (Toh Lay Sap di Thailand) dan menembus baru-baru ini mencaplok provinsi Annam. Mencapai 20.000 tentara Siam Kien Giang dan 30.000 mendarat di Bab Lap, sebagai Siam maju ke arah Can Tho. Belakangan tahun itu, Siam Kamboja menangkap mantan provinsi Gia Dinh di mana, itu mengklaim, mereka melakukan kekejaman terhadap penduduk pemukim Viet.
Nguyễn Hue mengantisipasi pindah dari Siam, diam-diam telah menempatkan para infanteri di sepanjang Sungai Mekong (Mae Nam Khong), dan di beberapa pulau di tengah, menghadap pasukan lain di sebelah utara bank dengan bala bantuan angkatan laut di kedua sisi dari posisi infanteri.
Pada pagi hari tanggal Januari 19 Nguyen Hue mengirimkan kekuatan angkatan laut kecil, di bawah bendera gencatan senjata, untuk memikat orang Siam ke dalam perangkap. Setelah begitu banyak kemenangan, orang Siam tentara dan angkatan laut itu percaya diri dari menyerah. Jadi, mereka pergi ke perundingan, tidak menyadari jebakan. Nguyen Hue's pasukan berlari ke formasi Siam, menyembelih utusan bersenjata dan menyalakan pasukan tidak siap. Pertempuran berakhir dengan pemusnahan dekat dari pasukan Siam. Semua kapal-kapal angkatan laut dari Siam hancur dan hanya 1.000 dari ekspedisi asli selamat untuk melarikan diri ke seberang sungai ke Siam.

[sunting] Rama II

Pemerintahan Rama putra saya Phuttaloetla Naphalai (sekarang dikenal sebagai Raja Rama II) adalah relatif lancar. The Chakri keluarga sekarang menguasai semua cabang pemerintah Siam - sejak 42 Rama aku punya anak, saudaranya yang Uparat sudah 43 dan Rama II 73, tidak ada kekurangan staf pangeran kerajaan birokrasi, tentara, dan rahib senior pemerintah provinsi. (Sebagian besar adalah anak-anak dari selir dan dengan demikian tidak memenuhi syarat untuk mewarisi takhta.) Ada konfrontasi dengan Vietnam, kini menjadi kekuatan utama di kawasan itu, alih Kamboja pada 1813, berakhir dengan status quo ' 'dipulihkan. Tetapi selama pemerintahan Rama II pengaruh barat lagi mulai terasa di Siam. Pada 1785 Inggris menduduki Penang, dan pada 1819 mereka mendirikan Singapura. Segera pengungsi Inggris Belanda dan Portugis sebagai utama ekonomi Barat dan pengaruh politik di Siam. Inggris Siam keberatan dengan sistem ekonomi, di mana monopoli perdagangan dipegang oleh pangeran kerajaan dan bisnis menjadi subyek pajak yang sewenang-wenang. Pada 1821 pemerintah British India mengirim misi untuk menuntut bahwa pembatasan angkat Siam perdagangan bebas - tanda pertama dari sebuah isu yang mendominasi politik Siam abad ke-19.

[sunting] Rama III

Rama II meninggal pada tahun 1824 dan damai digantikan oleh putranya Chetsadabodin, yang memerintah sebagai Raja Nangklao, sekarang dikenal sebagai Rama III. Rama II anak bungsu, Mongkut, diperintahkan untuk menjadi biarawan untuk menyingkirkannya dari politik.
Pada tahun 1825 Inggris mengirim misi lain ke Bangkok. Mereka sekarang sudah mencaplok selatan Burma dan Siam dengan demikian tetangga ke barat, dan mereka juga memperluas kontrol mereka atas Malaya. Sang Raja enggan untuk menyerah pada tuntutan Inggris, tapi penasehat memperingatkan bahwa Siam akan menemui nasib yang sama seperti Burma kecuali Inggris ditampung. Pada tahun 1826, oleh karena itu, Siam menyimpulkan perjanjian komersial pertama dengan kekuatan Barat. Di bawah perjanjian, Siam sepakat untuk membentuk sistem perpajakan yang seragam, untuk mengurangi pajak perdagangan asing dan menghapuskan beberapa monopoli kerajaan. Akibatnya, Siam perdagangan meningkat dengan pesat, banyak orang asing menetap di Bangkok, dan pengaruh budaya barat mulai menyebar. Kerajaan menjadi kaya dan pasukan bersenjata yang lebih baik.
Seorang Lao pemberontakan yang dipimpin oleh Anouvong dikalahkan pada tahun 1827, yang berikut Siam menghancurkan Vientiane, yang dilakukan secara besar-besaran penduduk dipaksa transfer dari Laos yang lebih aman wilayah diadakan Isan, dan membagi Lao Mueang ke unit yang lebih kecil untuk mencegah pemberontakan. Pada 1842-1845 Siam melancarkan perang yang sukses dengan Vietnam, yang menguasai Siam mengencangkan Kamboja. Rama III warisan paling terlihat di Bangkok adalah Wat Pho kompleks candi, yang diperbesar dan diberkahi dengan kuil baru.
Rama III Mongkut menganggap saudaranya sebagai ahli warisnya, meskipun sebagai biarawan Mongkut tidak bisa secara terbuka menganggap peran ini. Dia menggunakan tinggal lama sebagai biarawan untuk memperoleh pendidikan barat dari Perancis dan Amerika misionaris, salah satu Siam pertama untuk melakukannya. Dia belajar bahasa Inggris dan bahasa Latin, dan mempelajari ilmu pengetahuan dan matematika. Para misionaris tidak diragukan lagi berharap untuk mengubah dirinya menjadi Kristen, tetapi kenyataannya ia adalah seorang Buddha ketat dan Siam nasionalis. La berniat menggunakan pengetahuan barat ini untuk memperkuat dan memodernisasi Siam ketika ia datang ke tahta, yang ia lakukan pada tahun 1851. Pada tahun 1840-an itu jelas bahwa kemerdekaan Siam dalam bahaya dari kekuatan kolonial: ini diperlihatkan secara dramatis oleh Inggris Opium Wars dengan Cina pada 1839-1842. Pada tahun 1850 Inggris dan Amerika mengirimkan misi ke Bangkok menuntut akhir dari semua pembatasan perdagangan, pembentukan pemerintahan gaya barat dan kekebalan bagi warga negara mereka dari hukum Siam (ekstrateritorialitas). Rama III pemerintah menolak tuntutan ini, meninggalkan penggantinya dengan situasi yang berbahaya. Rama III dilaporkan mengatakan di ranjang kematiannya: "Kami tidak akan lagi perang dengan Burma dan Vietnam. Kami akan minta mereka hanya dengan Barat." ((Citation diperlukan | date = November 2007))

[sunting] Mongkut

Mongkut datang ke tahta sebagai Rama IV pada tahun 1851, bertekad untuk menyelamatkan Siam dari dominasi kolonial dengan memaksa enggan modernisasi pada mata pelajaran. Tapi meskipun ia dalam teori monarki mutlak, kuasa-Nya terbatas. Setelah biarawan selama 27 tahun, ia tidak memiliki dasar yang kuat di antara pangeran kerajaan, dan tidak memiliki aparatur negara modern untuk melaksanakan keinginannya. Usaha pertama reformasi, untuk membangun sistem administrasi modern dan meningkatkan status utang-budak dan perempuan, sedang frustrasi. Rama IV dengan demikian datang untuk menyambut tekanan barat, Siam. Ini datang pada tahun 1855 dalam bentuk sebuah misi yang dipimpin oleh Gubernur Hong Kong, Sir John Bowring, yang tiba di Bangkok dengan tuntutan untuk segera berubah, didukung oleh ancaman kekerasan. Sang Raja segera menyetujui permintaan kepada perjanjian baru, yang disebut Bowring Perjanjian, yang membatasi bea masuk hingga 3%, menghapuskan monopoli perdagangan kerajaan, dan diberikan ekstrateritorialitas mata pelajaran Inggris. Kekuatan Barat lainnya segera menuntut dan mendapat konsesi serupa.
Raja segera datang untuk mempertimbangkan bahwa ancaman nyata Siam berasal dari Perancis, bukan Inggris. Inggris tertarik pada keuntungan komersial, Perancis dalam membangun kekaisaran kolonial. Mereka menduduki Saigon pada tahun 1859, dan 1867 mendirikan protektorat di selatan timur Vietnam dan Kamboja. Rama IV berharap bahwa Inggris akan membela Siam jika ia memberi mereka konsesi ekonomi mereka menuntut. Pada masa pemerintahan berikutnya ini akan membuktikan menjadi ilusi, tetapi memang benar bahwa Inggris melihat Siam sebagai negara penyangga yang bermanfaat antara Burma dan Inggris Indochina Perancis.

[sunting] Chulalongkorn

Rama IV meninggal pada 1868, dan digantikan oleh tahun 15-putra berusia Chulalongkorn, yang memerintah sebagai Rama V dan sekarang dikenal sebagai Rama Agung. Rama V adalah raja siam pertama untuk memiliki penuh pendidikan barat, yang telah diajarkan oleh pengasuh Inggris, Anna Leonowens - yang terjadi dalam sejarah siam telah fictionalised sebagaiThe King and I . Mula-mula pemerintahan Rama V didominasi oleh Bupati konservatif, Chaophraya Si Suriyawongse, tetapi ketika raja datang usia pada tahun 1873 ia segera mengambil kendali. Dia menciptakan Dewan Penasihat dan Dewan Negara, sistem pengadilan formal dan anggaran kantor. Ia mengumumkan bahwa perbudakan akan berangsur-angsur dihapuskan dan utang-Pembatasan perbudakan.
Pada awalnya para pangeran dan konservatif lainnya berhasil menahan raja agenda reformasi, tetapi sebagai generasi tua digantikan oleh yang lebih muda dan berpendidikan barat pangeran, perlawanan memudar. Raja bisa selalu berpendapat bahwa satu-satunya alternatif adalah pemerintahan asing. Dia menemukan sekutu yang kuat pada saudara-saudaranya Pangeran Chakkraphat, yang ia membuat menteri keuangan, Pangeran Damrong, yang diselenggarakan pemerintah interior dan pendidikan, dan saudaranya iparnya Pangeran Devrawongse , menteri luar negeri selama 38 tahun. Pada 1887 Devrawonge berkunjung ke Eropa untuk mempelajari sistem pemerintah. Atas rekomendasinya raja Kabinet didirikan pemerintah, kantor audit dan departemen pendidikan. Semi-otonom Chiang Mai telah berakhir dan tentara itu mereorganisasi dan memodernisasikan.
Teritorial klaim ditinggalkan oleh Siam pada akhir abad 19 dan awal abad ke-20
Pada tahun 1893 otoritas Perancis di Indocina digunakan sengketa perbatasan kecil untuk memprovokasi krisis. Kapal meriam Perancis muncul di Bangkok, dan menuntut penyerahan wilayah Lao timur Mekong. Sang Raja memohon kepada Inggris, tetapi menteri Inggris mengatakan kepada Raja untuk menyelesaikan syarat-syarat apa saja yang bisa ia peroleh, dan ia tidak punya pilihan selain untuk mematuhi. Britain's hanya gerakan ini adalah kesepakatan dengan Perancis menjamin integritas dari sisa Siam. Sebagai gantinya, Siam harus menyerahkan klaimnya atas Tai Shan berbahasa wilayah utara-timur Burma ke Inggris.
Prancis, bagaimanapun, terus tekanan Siam, dan pada 1906-1907 mereka diproduksi krisis lain. Siam kali ini harus mengakui wilayah kekuasaan Prancis di tepi barat Mekong berlawanan dari Luang Prabang dan sekitar Champassack di selatan Laos, serta Kamboja barat. Campur Inggris untuk mencegah lebih banyak menggertak dari Siam perancis, tetapi harga mereka, pada tahun 1909 adalah penerimaan kedaulatan Inggris atas dari Kedah, Kelantan, Perlis dan Terengganu di bawah [ [Anglo-Siam Perjanjian tahun 1909]]. Semua ini "hilang teritori" berada di pinggiran dari Siam lingkup pengaruh dan tidak pernah aman di bawah kendali mereka, tetapi dipaksa untuk mengabaikan semua klaim kepada mereka adalah sebuah penghinaan besar kepada kedua raja dan negara (sejarawan David K . Wyatt menggambarkan Chulalongkorn sebagai "patah dalam semangat dan kesehatan" setelah krisis 1893). Pada awal abad 20 krisis ini diadopsi oleh pemerintah nasionalis semakin sebagai simbol perlunya negara untuk menyatakan dirinya sendiri terhadap Barat dan negara-negara tetangganya.
Sementara itu, reformasi terus dengan cepat mengubah monarki mutlak didasarkan pada hubungan kekuasaan ke modern, terpusat negara bangsa. Proses semakin di bawah kendali Rama V putra, yang semuanya berpendidikan di Eropa. Kereta Api s dan telegram garis bersatu yang sebelumnya terpencil dan semi-otonom provinsi. Mata uang diikat ke standar emas dan sistem modern menggantikan perpajakan exactions sewenang-wenang dan pelayanan tenaga kerja masa lalu. Masalah terbesar adalah kekurangan pegawai negeri yang terlatih, dan banyak orang asing harus bekerja sampai sekolah baru dapat dibangun dan Siam lulusan yang dihasilkan. Hingga tahun 1910, ketika Raja meninggal, Siam telah menjadi setidaknya semi modern sebuah negara, dan terus melarikan diri kolonial.

[sunting] Pendakian Vajiravudh dan nasionalisme elite

Salah satu reformasi Rama V adalah untuk memperkenalkan gaya barat hukum kerajaan berturut-turut, maka pada tahun 1910 ia damai digantikan oleh putranya Vajiravudh, yang memerintah sebagai Rama VI. Dia telah dididik di Sandhurst akademi militer dan di Oxford, dan merupakan Edwardian anglicised pria. Memang salah satu masalah Siam adalah melebarnya jurang antara westernised keluarga kerajaan dan aristokrasi atas dan seluruh negeri. Butuh waktu 20 tahun lagi untuk pendidikan barat untuk memperluas ke seluruh birokrasi dan tentara: sumber potensi konflik.
Ada beberapa reformasi politik di bawah Rama V, tetapi raja masih absolut raja, yang bertindak sebagai perdana menteri sendiri dan staf semua lembaga negara dengan kerabatnya sendiri. Vajiravudh, dengan pendidikan Inggris, tahu bahwa sisa bangsa tidak dapat dikecualikan dari pemerintah untuk selama-lamanya, tetapi ia tidak demokrat. Ia menerapkan pengamatannya dari keberhasilan monarki Inggris, muncul lebih banyak di depan umum dan lebih kerajaan mengadakan upacara. Tapi dia juga pada ayahnya program modernisasi. Poligami itu dihapuskan, membuat pendidikan dasar wajib, dan pada tahun 1916 perguruan tinggi datang ke Siam dengan pendirian Chulalongkorn University, yang pada waktu menjadi persemaian Siam baru inteligensia.
Solusi lain dia temukan adalah untuk mendirikan Wild Tiger Corps, sebuah organisasi paramiliter warga Siam "karakter yang baik" bersatu untuk memajukan bangsa penyebabnya. Sang Raja menghabiskan banyak waktu pada pengembangan gerakan ketika ia melihatnya sebagai sebuah kesempatan untuk menciptakan suatu ikatan antara dirinya dan setia warga negara; korps sukarelawan bersedia untuk berkorban untuk raja dan bangsa dan sebagai cara untuk memilih dan kehormatan kesukaannya.
Pada awalnya, Wild Tigers diambil dari raja rombongan pribadi (kemungkinan bahwa banyak yang bergabung untuk mendapatkan nikmat dengan Vajiravudh), tetapi antusiasme di kalangan penduduk muncul kemudian.
Dari gerakan ini, seorang Jerman pengamat menulis pada bulan September 1911:
Ini adalah pasukan relawan seragam hitam, mengebor secara lebih atau kurang gaya militer, tetapi tanpa senjata. Pramuka Inggris yang tampaknya paradigma untuk Tiger Corps. Di seluruh negeri, di paling jauh-jauhnya tempat, unit korps ini sedang dibentuk. Satu akan hampir tidak mengenali Siam tenang dan apatis.
Gaya Vajiravudh pemerintah berbeda dari ayahnya. Pada awal pemerintahan keenam, raja terus menggunakan tim ayahnya dan tidak ada istirahat mendadak dalam rutinitas sehari-hari pemerintah. Sebagian besar menjalankan urusan sehari-hari Oleh karena itu di tangan orang-orang berpengalaman dan kompeten. Bagi mereka dan staf mereka Siam berutang banyak langkah-langkah progresif, seperti pengembangan rencana nasional untuk pendidikan seluruh rakyat, mendirikan klinik di mana vaksinasi gratis diberikan terhadap cacar, dan perluasan terus kereta api.
Namun, senior secara bertahap dipenuhi omembers dari King's Coterie ketika terjadi kekosongan jabatan melalui kematian, pensiun, atau mengundurkan diri. Pada 1915, setengah kabinet terdiri dari wajah-wajah baru. Paling menonjol adalah Chao Phraya Yomarat kehadiran dan ketidakhadiran Pangeran Damrong. Ia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Dalam Negeri secara resmi karena kesehatan yang buruk, tetapi dalam kenyataannya karena gesekan antara dirinya dan raja.
Siam pada tahun 1917 menyatakan perang terhadap Jerman, terutama untuk mendapatkan nikmat dengan Inggris dan Perancis. Siam's token partisipasi dalam Perang Dunia I mengamankan tempat duduk di Konferensi Perdamaian Versailles, dan Menteri Luar Negeri Devawongse menggunakan kesempatan ini untuk berdebat untuk pencabutan abad ke-19 perjanjian dan pemulihan Siam penuh kedaulatan. Amerika Serikat diwajibkan pada tahun 1920, sementara Perancis dan Britania ditunda sampai 1925. Kemenangan ini diperoleh raja beberapa popularitas, tapi tak lama kemudian melemahkan oleh ketidakpuasan atas isu-isu lain, seperti sebagai pemborosan, yang menjadi lebih terlihat ketika sebuah resesi terjadi sesudah perang tajam Siam pada tahun 1919. Ada juga fakta bahwa raja tidak mempunyai anak, ia jelas perusahaan lebih suka laki-laki dengan perempuan (masalah yang dengan sendirinya tidak terlalu peduli Siam pendapat, tetapi yang juga merongrong stabilitas monarki karena tidak adanya ahli waris) .
Jadi ketika Rama VI meninggal tiba-tiba pada tahun 1925, usia hanya 44, monarki sudah dalam keadaan lemah. Ia digantikan oleh adiknya Prajadhipok.

[sunting] Prajadhipok

Siap menghadapi tanggung jawab barunya, semua telah Prajadhipok dalam mendukung hidup adalah intelijen, diplomasi tertentu dalam berurusan dengan orang lain, yang kesederhanaan dan rajin kemauan untuk belajar, dan yang agak berkarat, tapi masih ampuh, sihir mahkota.
Tidak seperti pendahulunya, raja tekun membaca hampir semua dokumen negara yang datang dalam perjalanan, dari menteri pengajuan untuk petisi oleh warga negara. Dalam waktu setengah tahun hanya tiga dari dua belas menteri Vajiravhud tetap tinggal, sisanya telah digantikan oleh anggota keluarga kerajaan. Di satu sisi, janji ini membawa kembali orang-orang dari bakat dan pengalaman, di sisi lain, itu tanda kembali ke kerajaan oligarki. Raja jelas ingin menunjukkan istirahat yang jelas dengan keenam mendiskreditkan pemerintahan, dan pilihan orang untuk mengisi posisi teratas tampaknya sebagian besar dibimbing oleh keinginan untuk mengembalikan tipe Chulalongkorn pemerintah.
Awal Prajadhipok warisan yang diterima dari kakaknya masalah adalah jenis yang telah menjadi kronis di Pemerintahan Keenam. Yang paling mendesak adalah ini ekonomi: keuangan negara berada dalam kekacauan, anggaran besar dalam defisit, dan account kerajaan mimpi buruk seorang akuntan utang dan transaksi dipertanyakan. Bahwa seluruh dunia berada di dalam depresi ekonomi setelah Perang Dunia I tidak membantu keadaan baik.
Sebenarnya tindakan pertama sebagai raja Prajadipok mensyaratkan inovasi kelembagaan dimaksudkan untuk mengembalikan kepercayaan dalam kerajaan dan pemerintah, pembentukan Dewan Tertinggi Negara. Dewan penasihat ini terdiri dari sejumlah berpengalaman dan sangat kompeten anggota keluarga kerajaan, termasuk waktu panjang Menteri Dalam Negeri (dan Chulalongkorn tangan kanan) Pangeran Damrong. Bertahap meningkatkan arrogated pangeran ini kekuasaan oleh memonopoli semua posisi menteri utama. Banyak dari mereka merasa tugas mereka untuk menebus kesalahan atas kesalahan-kesalahan pemerintahan sebelumnya, tetapi biasanya tidak dihargai.
Dengan bantuan dari dewan ini, raja berhasil memulihkan stabilitas ekonomi, meskipun dengan harga membuat sejumlah besar pegawai negeri sipil berlebihan dan pemotongan gaji yang tetap. Ini jelas tidak populer di antara para pejabat, dan merupakan salah satu aktivitas untuk memicu kudeta tahun 1932.
Prajadhipok lalu mengalihkan perhatian pada pertanyaan tentang masa depan politik di Siam. Terinspirasi oleh contoh Inggris, Raja ingin untuk mengizinkan orang biasa untuk memiliki hak suara dalam urusan negara dengan penciptaan parlemen. Sebuah konstitusi diusulkan diperintahkan untuk wajib militer, tetapi Raja keinginan itu ditolak, mungkin dengan bijaksana, dengan para penasihatnya, yang merasa bahwa penduduk belum siap untuk demokrasi.
Pada tahun 1932, dengan negara jauh di dalam depresi, Dewan Tertinggi memilih untuk memperkenalkan pemotongan pengeluaran resmi, termasuk anggaran militer. Raja meramalkan bahwa kebijakan ini akan menciptakan ketidakpuasan, terutama dalam tentara, dan karena itu ia mengadakan pertemuan khusus para pejabat untuk menjelaskan mengapa luka itu diperlukan. Dalam berbicara ia menyatakan sebagai berikut:
Aku sendiri tahu apa-apa tentang keuangan, dan semua yang bisa saya lakukan adalah mendengarkan pendapat orang lain dan memilih yang terbaik ... Jika saya telah membuat kesalahan, aku benar-benar layak untuk dimaafkan oleh orang-orang Siam.
No previous raja Siam yang pernah berbicara dalam istilah-istilah tersebut. Banyak menafsirkan pidato tampaknya bukan sebagai Prajadhipok dimaksudkan, yaitu sebagai daya tarik yang jujur untuk memahami dan kerjasama. Mereka melihat itu sebagai tanda kelemahan dan bukti bahwa sistem yang mengabadikan aturan otokrat sempurna harus dihapuskan. Gangguan politik yang serius terancam di ibukota, dan pada bulan April raja sepakat untuk memperkenalkan konstitusi di mana ia akan berbagi kekuasaan dengan perdana menteri. Ini tidak cukup untuk unsur-unsur radikal dalam tentara, namun. Pada Juni 24, 1932, sedangkan raja berlibur di tepi pantai, Bangkok garnisun memberontak dan merebut kekuasaan, dipimpin oleh sekelompok dari 49 perwira yang dikenal sebagai "Promotor." Dengan demikian mengakhiri 150 tahun monarki absolut Siam.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan


















KETURUNAN SIAM MALAYSIA.

Walaupun saya sebagai rakyat malaysia yang berketurunan siam malaysia,saya tetap bangga saya adalah thai malaysia.Pada setiap tahun saya akan sambut perayaan di thailand iaitu hari kebesaraan raja thai serta saya memasang bendera kebangsaan gajah putih.

LinkWithin