Sabtu, 12 Disember 2009

CARA-CARA MENDAPAT SIGNAL YANG BETUL

Beranda
BramRider Profile
BICARA ILMU DAN TEHNOLOGI
Menyajikan informasi yang bermanfaat dan tempat diskusi
Sep 11, 2007
CARA PASANG PARABOLAPosted by bramrider under TENTANG SATELIT [115] Comments
by Arman Yusuf modified
Berikut adalah material yang saya siapkan sebelum kegiatan ini dimulai :
Satu set piringan parabola, prime focus, Ø 115 cm. Di titik tengah parabola, kedalamannya adalah 18 cm.
C Band Low Noise Block Fedhorn (LNBF) yang fungsinya sebagai transverter dari input 3,4 – 4,2 GHz menj
adi output 0,95 – 1,75 GHz dengan bantuan Local Oscillator (LO) 5,15 GHz. Banyak orang menyebutnya sebagai Feedhorn atau LNB saja.
Kabel koaksial khusus 75 Ω penghubung dari LNBF ke Set-Top Box (STB) lengkap dengan jacknya.
Digital STB. Gunanya untuk menala sinyal keluaran LNBF, mendecode sinyal dan menghasilkan komponen audio + video yang siap diumpankan ke televisi. Saya menggunakan @Metabox I (http://www.metaware.co.kr/) karena kualitas yang baik serta firmwarenya bisa diupdate dengan mudah. Di pasaran, banyak sekali STB ditawarkan, mulai dari kelas Free-to-Air Digital STB (menangkap siaran gratis seperti siaran televisi swasta nasional) sampai yang sanggup membuka Pay Television (siaran teracak, harus berlangganan misalnya siaran IndoVision).
Televisi yang memiliki RCA/AV Input (3 kabel: 1 video + 2 stereo audio). Bila Anda memiliki perangkat Home Theatre yang mendukung Dolby Prologic II, suara stereo yang diterima dapat dialihkan ke Home Theatre sehingga siaran yang dibuat dalam tata suara surround (biasanya film-film dengan label DTS, Dolby Surround atau THX) dapat disuarakan bak bioskop pribadi .
Setelah semua disiapkan, Anda harus mencatat data berikut:
Satelit yang akan kita tala. Demi kemudahan, mari kita tala satelit AsiaSat 3S yang berlokasi di 0,0o S 105,5o E. Informasi posisi, transponder dan channel terkini ada di http://sattracker.mrtian.com/chart
Posisi parabola kita (gunakan GPS untuk mengetahuinya). Dalam hal ini QTH saya adalah di 6,12o S 106,5o E. Jika kita telaah, ternyata posisi saya hanya berbeda 6,12o S 1,0o E dengan satelit AsiaSat 3S sehingga nanti “pucuk” parabolanya kira-kira akan mendongak ke atas langit Jakarta.
Menyiapkan Parabola
Letakkan parabola di bidang (tempat terbuka) tidak ada halangan ke langit bebas serta datar. Untuk menentukan kedatarannya, Anda bisa tuang air ke baskom. Bila air penuh tepat lurus di bibir baskom berarti bidang cukup datar terhadap bumi. Bila posisinya miring, gunakan papan yang diganjal untuk mendapatkan bidang yang datar.
Gambar 1: Menentukan datar tidaknya bidang peletakkan parabola
Buatlah garis vertikal dan horizontal pada parabola untuk membantu penentuan posisinya. Titik temu garis ini harus berada tepat di dasar parabola (gunakan gundu, tempat di mana gundu diam itulah titik dasar parabola). Setelah digaris, berikan penanda empat arah mata angin seperti gambar berikut:
Gambar 2: Menggambar arah mata angin di piringan parabola
Arahkan piringan parabola ke arah mata angin menggunakan kompas yang diletakkan di dasar parabola (yaitu titik pertemuan garis vertikal horizontal tadi). Atur agar keempat arah mata angin itu sesuai dengan yang ditunjukkan di kompas.
Gambar 3: Mengarahkan piringan ke arah mata angin. Sumbu S – N masih sedang diarahkan
Pasanglah LNBF pada bracket yang disediakan LNBF pada parabola. Untuk menentukan tinggi bracket yang tepat, gunakan rumus berikut:
Gambar 4: Menentukan posisi tinggi bracket dari dasar antena
Pada badan LNBF ada angka-angka 0,42 sampai 0,30. Angka itu disebut f/D, didapat dengan membagi 45,9 cm / 115 cm = 0,40. Pasanglah LNBF tepat di posisi f/D 0,40
Gambar 5: Mengatur posisi f/D LNBF di 0,40
Pada kepala LNBF ada angka-angka -30o, 0o dan +30o. Angka itu mengatur arah polarisasi antena dalam LNBF. Aturlah garis 0o tepat ke arah W, yang berarti juga searah garis W pada piringan parabola. Tanpa mengubah posisi f/D, kencangkan mur pengunci pada posisi yang pas.
Gambar 6: Mengatur polarisasi antena dalam LNBF
Karena saya berada di 6,12o S, yaitu 6,12o di bawah garis katulistiwa maka saya harus mendongakkan piringan parabola sebanyak 6,12o di sumbu N agar posisi antena tepat mengarah ke atas katulistiwa. Karena Ø parabola 115 cm, maka dengan menghitung SIN 6,12o x 115 cm didapat 12 cm (ingatlah rumus trigonometri Sine, Cosine dan Tangent. Gunakan scientific calculator untuk memudahkan perhitungan). Yang kita lakukan ini disebut dengan mengatur “deklinasi”.
Gambar 7: Mengatur deklinasi
Karena saya berada di 106,5o E sementara satelit berada di 105,5o E berarti saya harus menurunkan posisi piringan sebesar 1,0o di sumbu W. Karena Ø parabola 115 cm, maka dengan menghitung SIN 1,0o x 115 cm didapat 2 cm. Yang kita lakukan ini adalah mengarahkan piringan parabola tepat pada orbit satelitnya. Karena hanya coba-coba, saya berikan beban tertentu ke sumbu W, diganjal di bawah sedemikian rupa sehingga piringan parabola turun tepat sebanyak 2 cm di sumbu W.
Gambar 8: Menyesuaikan piringan ke arah ke orbit satelit AsiaSat 3S
Gambar 9: Hasil akhir pemasangan parabola
Selesailah kita mengatur antena parabola. Kita akan mengatur STB. Karena pengaturan tiap merk STB berbeda-beda, gambar yang ditampilkan hanyalah sekadar acuan belaka. Pertama, masukkan konfigurasi antena pada STB, dan akhiri dengan mencari transponder serta channel yang disediakan pada satelit tersebut (otomatis ada pada STB masing-masing):
a. Satellite: AsiaSat 3S;
b. LNB Type: Standard (Frequency 5,150 MHz);
c. 22 KHz: Off;
d. Polarity: Auto.
Gambar 10: Mengatur konfigurasi antena
Jika Anda tidak dapat menemukan transponder atau channel — masukkan secara manual data salah satu TV, misalnya TV 5 ASIE:
a. Frequency: 3.670 GHz;
b. Polarity: HORIZONTAL (H);
c. Symbol Rate: 26,000 symbols/second;
d. FEC: 7/8;
e. Name: TV 5 ASIE;
f. Video PID: 1120;
g. Audio PID: 1121;
h. PCR PID: 1120.
Jika Anda menemukan beberapa channel TV secara otomatis melalui fasilitas
Search di STB — pilihlah satu channel misalnya TV 5 ASIE.
Gambar 11: Kekuatan sinyal yang diterima
Kemudian, aturlah agar sinyal diterima sebesar mungkin dengan mengkoreksi kedudukan piringan parabola. Pada gambar di atas, kekuatan sinyal yang semula hanya 20% setelah dikoreksi menjadi 73%, kualitas tetap 85% tetapi warnanya sudah hijau artinya sudah cukup stabil menerima sinyal. Pada STB yang saya miliki, gambar akan tampak baik bila sinyal ada di atas 60%, kualitas di atas 80% dan bar persentase menunjukkan warna hijau (bisa berbeda di tiap STB).
Setelah sepuluh langkah ini selesai dilalui, kita bisa mengulang pencarian transponder serta channel lain agar seluruh siaran bisa ditangkap. Ada 55 siaran TV gratis + 26 siaran radio gratis yang saya bisa nikmati (di luar siaran teracak yang jumlahnya mendekati 100). Setelah itu siaplah kita menikmati siaran dari luar negeri melalui satelit AsiaSat 3S dengan kualitas video tanpa cacat serta suara stereo yang membahana.
Gambar 12: Beberapa channel yang bisa ditangkap. Gambar di sini kurang cerah karena kamera digital memfoto langsung layar televisi
Sangat puas bisa menemukan posisi satelit secara mandiri, biar pun sinyal yang diterima pas-pasan tetapi karena mencari dengan usaha sendiri, ada ilmu berharga yang bisa kita serap. Tantangan ke depannya adalah bagaimana mencari satelit untuk TVRO lainnya seperti Palapa C2, Panamsat 7 + 10, ST 1, Thaicom23, Apstar 2R, AsiaSat 2 serta Telkom 1. Mengganti C Band LNBF dengan antena receiver/transverter band amatir radio adalah hal yang mudah setelah Anda tahu posisi satelitnya berada di mana. Antena transmitter untuk komunikasi dua arah dengan satelit biasanya Yagi; tentunya mudah ditentukan arahnya dengan bantuan referensi posisi piringan parabola kita.
Catatan:
Pengaturan posisi piringan parabola ini hanya untuk menerima sinyal satelit Geostationer Earth Orbit (GEO) yang orbitnya di sekitar garis katulistiwa, bukan untuk satelit Low/Medium Earth Orbit (LEO/MEO) atau yang orbitnya tidak berada di garis katulistiwa.
SUMBER : http://c.1asphost.com/mainsource/Indonesia.asp
google_protectAndRun("render_ads.js::google_render_ad", google_handleError, google_render_ad);

115 Tanggapan to “CARA PASANG PARABOLA”
panji Says: Okt 17, 2007 at 6:50 pm
mau nanya nih… kalau piringan parabola yang ukuran 6 fet / 9 fet / 12 fet itu bentuk kayak apa sih dan besarnya seberapa/diameter berapa aja sih makasih sebelumnya
Balas
setyo priyono Says: Okt 19, 2007 at 8:33 am
mas q masih amatir sekali.di rumah sudah ada parabola tapi cara program q blm bisa.gimana cara kita memperoleh data PID serta lainnya bila kita ingin menyeting sisran tv yang lai?makasih sebelumnya.
Balas
ade halimudin Says: Okt 29, 2007 at 8:02 pm
cara pemasangan parabola 2 lnb saya udah paham tapi kalau 3 dan 4 lnb saya ngak bisa tolong kasih tahu cara pemasangannya dan daftar symbolrate dan frequencynya makasih
Balas
bramrider Says: Okt 30, 2007 at 9:55 am
# Om Panji,
Saya bingung jga dgn pertanyaan anda, bentuk parabola ya… seperti digambar, nah kalo ukuran ya sudah sesuai dengan anda sebutkan.
# om setyo priyono dan om Ade halimudin,
Saya juga lagi belajar om, makanya saya posting tulisan dari rekan2 yang saya kenal dari milist parabola. Namun milist tersebut sedang dalam berbagai perubahan alamatnya, krn suatu hal. Namun keliatannya mereka sudah bergabung di alamat ini :http://www.forumsatelit.com/Coba deh rekan2 bergabung disana, udah canggih2 kok….
Maturnuwun.Salam.
Balas
prima_malang Says: Nov 9, 2007 at 11:56 am
mas saya mau tanya tentang cara pembikinan parabola yang ukurannya 9feet dan tolong di beri semua penghitungannnya dan mohon di jelaskan step by step (tutorial)saya masih amatir, mohon bantuannya….. ;):)
Balas
divan Says: Des 8, 2007 at 11:24 pm
mas apa itu sekat Ukatanya sekat U bisa roba POL V/H ke R/Lukuran sekat U dan bentuknya bgmncara pasangnya bgmn
Balas
robert Says: Des 18, 2007 at 12:42 pm
makasih ya tapi gimana memasang actuator
Balas
Bambang Says: Des 27, 2007 at 11:28 pm
Saya baru beli Parabola bekas,gimana cara pemasanganya(letak) ukuran parabola D=300 cm,gimana mencari chanel yg hilang karena kehapus dana saya berada di kota malang
Balas
andri herdianto Says: Des 28, 2007 at 2:27 pm
Saya dirumah menggunakan Parabola Mesh dan manual gak ada penggeraknya ,terus gimana cara instalasinya supaya satelit minimal 3 dapet, dengan hanya satu LNB?Gimana Caranya memasang minimal dua LNB?
Balas
The-RidHo Says: Jan 5, 2008 at 9:28 am
Bang, kalau TV 5 ASIE: Frequencynya 3.670 GHz;aku ingin tahu frequency-frequency yang lainnya bang, yang lengkapnya, seperti RCTI, INDOSIAR, SCTV, ANTV, …., CNN, TV3, Brunai Darussalam ,….., pokoknya semuanya bang, kasih tau ya bang!,pliss
Balas
DONX Says: Jan 10, 2008 at 2:30 pm
bang aq ga punya daftar atau list transponder yang lama maupun baru,abang tolong dong kirim ke email aku…makasih…
Balas
Hasan Says: Feb 2, 2008 at 7:19 pm
Kenapa sctv di receiver sy tiba-tiba hilang, tapi signal tetap ada hanya tdk ada gbr dan suara, stlh sy dilacak ulang sdh gbr tp blm ada suara, mhn bantuannya bang, sy pake frek/sr/pol : 03936/06620/hor, thanks.
Balas
bramrider Says: Feb 5, 2008 at 11:34 am
The ridho, DONX, Hasan :
Coba deh cari di http://www.lyngsat.com/
Balas
desta Says: Feb 6, 2008 at 2:17 pm
mas aku minta diterangin beam dengan kode C maupun kode NB/NA
Balas
Arly Says: Feb 16, 2008 at 11:27 pm
Bang, tlg dong kasitwkan cara memprogram digital yg pake 2 LNB. Alnya aq punya parabola yg 2LNB, tp channel yg di dpt sama bykNya dgn parabola yg pake 1LNB. Kira2 kesalahannya dmn ya bang? Apa settingan satelitnya y? Alnya kmrin aq dah sempat merubah pengaturanNya. Tlg juga ya bang krmkan aq pengaturan setting Palapa yg memuat channel2 indonesia. Thanx…
Balas
Arly Says: Feb 17, 2008 at 12:23 am
Oy Bang, kalo bole tw, apa sih yg di namakan Sekat? Dan letaknya dmn y? Thanx…
Balas
M. Sahayat Says: Feb 18, 2008 at 11:38 am
Kenapa sctv di receiver sy tiba-tiba hilang, tapi signal tetap ada hanya tdk ada gbr dan suara, saya pake frek lama ada yang bilang pindah satelit, mhn bantuannya bang, thanks.
Balas
Arly Says: Feb 18, 2008 at 1:24 pm
Mf ya Bang, sblmNya met knl. Aq jg mnt mf krn menjwb ini tanpa ijin. Sbnarnya sctv blum pindah satelit. Cuma kode audioNya dah berubah. Coba abang lakukan “scan automatis” di receiverNya. Ntar pasti dpt koq. Cuma namaNya dah berubah di daftar channel. Namanya jadi “INDOSAT”, ntar klo dah dpt, edit aja namanya jadi sctv. Kan gampang khan… Oy bang, tlg dong bantuin aq utk pengaturan satelit di receiver yg parabolanya pake 2 lnb? Please y… Krm aja ke alamat emailq arly_zayniezz@hotpop.com. Mkaci ya…
Balas
Mamen Says: Mar 1, 2008 at 5:35 pm
gw pake rcvr tanaka, 1 lnb, 6 feet. kok RCTI, METRO, GLOBAL, SPACETOON, BALI TV. gak bisa ya? pdhl laennya bisa?
Balas
crony Says: Mar 2, 2008 at 9:33 am
bang berapa frequency tv one terbaru? jwab za!!!
Balas
bramrider Says: Mar 5, 2008 at 3:52 pm
Om Arly : thanks atas infonya. Met kenal.
Om Mamen dan Om Crony : maaf belum bisa jawab, saya lg keluar kota 1 bulan, jadi blum cek di TV dirumah.
Thanks all.
Balas
..::ELWAFA::.. Says: Mar 7, 2008 at 9:29 am
Om, lokasi saya di Malang. mslh saya hampir sama dgn mas Mamen, apakah dish 6 feet memang tidak bisa menerima siaran globalTV cs? total channel di recv saya mencapai 298, tapi sayang gak ada globaltv, metrotv, rcti, spacetoon. Bagi temen2 yg ngerti masalah ini bisa kirim imel ke wafaelnitria@gmail.com
Balas
armstrong Says: Mar 14, 2008 at 9:16 pm
assalamu’alaikum wrwb.mas, a kehilangan siaran lativi,tolong dong di kirim ke email ku frequencynya.. makasiiii
Balas
bejo Says: Mar 16, 2008 at 9:19 pm
sekat lnb untuk pol r/r terbuat dari ap sih, trus masangnya gmn?. emg caranya gmn?. belum selesai, masih ada hal yang baru saya dpt yaitu untuk piringan 6 feet yang ga bisa RCTI,tvri coba saja set fokus pd angka max (42-43), dan jgn pake lnb hansen
Balas
yanni Says: Mar 22, 2008 at 10:01 am
mas, di reciever parabola saya tertulis angka “5150″ saat itu saya menggunakan Palapa C2. yang saya tanyakan, seandainya saya ingin ganti ke telkom atau asiasat 3, apa kode yang di reciever tsb diganti jg?? klo iya di mana saya bisa dapat kode2nya?? saya hanya menggunakan 1 LNB saja, tolong bantuannya ya mas ^_^ maklum saya baru belajar ngutak-atik siaran parabola di rumah ^_^.
Balas
Muh.Ikhwan Says: Mar 24, 2008 at 12:55 am
Mas tlng britahu dong bisa gak receiver matrix krypton menggunakan lnb ku band,siapa aja yg tau mohon jwbx,and bgmn cara kerjanya
Balas
Lukito Says: Mar 25, 2008 at 5:50 am
Mas bantu saya pasang parabola.saya berada di serawak malaysia timur.saya pakai piringan D:145cm saya sudah coba tapi baru dapat TPI,INDOSIAR,SCTV,TVONE dan untuk metro,global,speactoon sering tidak nampak gambar maupun suaranya.yang bisa tolong saya kirim email ke:hadilukito80@gmail.com
Balas
dedypurnama Says: Mar 25, 2008 at 12:11 pm
mas tlng bantu bantu saya gimana sich meninggikan sinyal di satelit yamal 202 pakai lnb c band
Balas
dedypurnama Says: Mar 26, 2008 at 4:41 pm
mas makasih y atas jawaban atas ppertanyaan saya,jadi sekarang da pertanyaan lg nich,siaran pada satelit yamal dah jumpa sebahagian besar,tp siaran telekanal zvezda,sport dan tyumen regional blum masuk,dan signalnya cuma 5% begitu jg yg ada di satelit intel 906,dan yg R nya blm dapat,jd apa langkah2 yg perlu dilakukan agar yg R nya tinggi tp pakai LNB c Band.
Balas
Guna-D Says: Apr 9, 2008 at 3:04 pm
Tuan rumahnya kemana nich? kok ada tamu gak dilayani. Gak bisa bantu ya?
Balas
bramrider Says: Apr 9, 2008 at 5:01 pm
Om Guna-D,
Iya nih om, mo bantu bingung juga, ilmu saya masih sebatas pasang dan searching channel.Dah lama nih gak liat parabola, ya… hampir setahun, dah gak sempet lagi. Saat ini lagi konsen di pemrograman komputer, internet dan ponsel.Semoga ada temen lain yang bisa bantu. Coba deh ke rekan2 di http://www.forumsatelit.com/
Mohon maaf sebelumnya.
Balas
bayu Says: Apr 10, 2008 at 2:05 pm
mas, setiap saya pasang solid dish yang 6 feet, kok mesti channel rcti sulit utk muncul, minta solusi donk
Balas
calee Says: Apr 12, 2008 at 10:54 pm
Gimana mas kalo masang 4 lnb untuk ukuran 6 fit…. minta panduannya donnk…..
Balas
fact_best Says: Mei 18, 2008 at 6:19 pm
om kalo angka f/d parabola venus angkanya berapa,trmakash
Balas
Jojo Says: Mei 30, 2008 at 5:18 pm
Slm knl mas. Aq newbe about prbola, py mslh n bth solusi nich mas. Aq tggl di doloksanggul, skitar 6jam dr mdn. Aq pake parabola 6ft 2lnb, Recvr geosat DVB. Aq dah cb search FTA channel luar kyk TV5 dll pake satelit asiasat 3s, asiasat 2 tp nggak dpt jg . Pdhl intensitas signal besar. Klo autosearch pake asiasat 3s yg dpt cm siaran lokal aja. Giman solsinya mas? Mhn dijawab ya mas.
Balas
mira Says: Jun 8, 2008 at 9:21 am
bang batuin aku donk,stasiuntv yg menyiarkan euro 2008 kok di acak..?? abang tau ga kodenya biar kita bisa nonton euro 2008..???
mohon bantuannya…
thanks
Balas
Andi Says: Jun 16, 2008 at 4:43 pm
Bang klo buka program yang di enskrip gimana caranya.Thank b4
Balas
anto Says: Jun 26, 2008 at 3:38 pm
Salam KenalGini bang, Saya di Ende Flores NTT… Nah sekarang di Global TV kan lagi ada Bola nich… hanya Freq. nya berubah,.. tahu nggak Bang Freq.nya skrang.. Global TV… Mks
Balas
haris nasty Says: Jul 2, 2008 at 3:30 pm
bang,aq mw tanya..abang punya g daftar list siaran-siaran tv seluruh dunia lengkap sama nama satelit,freq,symbol n lain2 nya?.soalnya aq mw nyari siaran sendiri,aq pake parabola 1 LNB ditambah hidrolik.jd kan tinggal masukan freq nya.klw msalah nentuin posisi satelitnya udah aq setting sendiri hidroliknya koq.udah dapat palapa,telkom 1,thaicom,asiasat 1,2,3, dll.klw ada tlg kirimin ke email saya y bang???makasi bang.di tunggu loh bang.soalnya pntg bgt…..
Balas
FATIMA Says: Jul 4, 2008 at 10:32 am
PARABOLAKU HANYA TIDAK DAPAT MENANGKAP SIARAN RCTI. GMN CARANYA YA… TLNG BANTU AKU YA
Balas
nelinho Says: Jul 9, 2008 at 1:40 pm
cara mencari sinyal RCTI yang susah kerena RCTI terlalu sensitif mudah hilang tapi susah dapat tolong beritahu cara mudah nya
makasih
Balas
misail Says: Jul 25, 2008 at 5:31 pm
mas,bagaimana kita mencari siaran satelt yang jenisnya ” KU Band “…makasih
Balas
mamas86 Says: Agu 15, 2008 at 8:33 am
mas bisa ga tlg jelasin cara memprogram reciver parabola, coz pnyku chaneknya hilang semuaminta daftar frekuensi chanel TV di indonesia + luar(klo ada) dong…Trims. ta tggu…
Balas
Bonz Says: Agu 22, 2008 at 7:04 pm
ikut nimrung ah…tolong Pencerahannyasaya mau sharing beberapa TV dengan satu para bola, kemudian masing2 tv bisa merubah chanel dengan sendiri2, alat apa saja yang di butuhkan?dan satu parabola bisa menampung berapa TV?
terimakasih
Balas
xonom Says: Agu 29, 2008 at 3:53 pm
om …. tolongin ane duonk,…. ! minta list chanel2 tv dan satelitnya. Liwat email ane EDAN_AREMA@YAHOO.CO.ID
Balas
dhaniz Says: Sep 12, 2008 at 7:53 pm
pak saya mau nanya. kalo parabola bekas indovison bisa di buat untuk mini parabola ga? apakah benar hanya menambah receiver saja? tolong di jawab di email saya. dhanis_keren@yahoo.com. terimakasih bapak.
Balas
udien roy Says: Okt 5, 2008 at 11:13 am
kalau di daerahku, hampir di setiap rumah pake parabola, maklum jauh dar dari kota, nggak ada sinyal VHF dan aku juga ahli pasang parabola, tercepat, dari pemasangan LNB 1 sampe 4,ini ada trik cara pasang parabola dengan cepet, stelah usae perakitan parabola giliran cari singal, hadapkan TV ke arah kita sa’at menentukan titik sinyal, tekan info di remote resiever,arahkan antena ke atas di mana antena bisa menangkap satelit Asia Sat 3s dgn derajat 105.5 dan gulir sedikit antena ke arah utara, jika masih blm dapat putar antena ke arah berlawanan arah mata hari terbenam, pasti dapat, selah itu baru miringkan antena ke arah timur perlahan2 hingga menangkap satelit palapa c2, selesei, jangan lupa jika menggunakan LNB ganda atur dulu posisi 22k, atau jika pakai diseq, pastikan telkom 1 di bagian no 2, mau yg lbh jelas bisa send email di udien.roy@gmail.commau info menarik? klik disini oke salam sejah tera buat semuanya,
Balas
budisan68 Says: Okt 13, 2008 at 9:54 pm
salam kenal saja, aku belom pernah pasang lebih dari 2 LNB, tapi lebih suka 1 lnb lalu diberi tarikan sehingga bisa dapat banyak satelit.
Balas
Budi Kurniawan Says: Okt 18, 2008 at 10:55 pm
hallo salam kenal,Saya mau tanya tentang frekuensi,video PID,audio PID,symbol rate, LNB/LO transtv,trans7,tv one dengan menggunkan palapa c1. Informasi ini akan saya berikan pada saudara saya yang ada di Sumatera Barat yang menggunakan parabola. Atas informasinya saya ucapkan terima kasih.
Balas
Hilwan Says: Okt 20, 2008 at 5:50 pm
Bang, parabola saya pnya 2 Lnb palapa tp 1 lg gk dpet sinyal sdikitpun, knpa ya ?Mhon pencerahannya di Email saya Yhilwan@gmail.com.trima kasi bnyak. .
Balas
sastery Says: Okt 21, 2008 at 1:54 am
saya ada DVB jenis TOPFIELD TF3030F, bila saya menggunakan piring astro.. dia hanya detect astro punyer chanel, bagaimana saya mau detect lainlain chanel? semoga kawan kawan semua sudi memberi tunjuk ajar. terimakasih.- sastery@gmail.com
Balas
gusmi Says: Okt 24, 2008 at 7:12 pm
Trims atas info di web nya!suskes slalu.
Balas
Said Says: Nov 2, 2008 at 9:36 pm
Mnjawab sdkt prtanyaan tman yg ada dsni: 1.parabola 6ft max dpt mggnkan hnya 2lnb…2. Utk dpt mnangkap siaran rcti mggunakan parabola 6ft mmg gmpang2 susah.sdkt trik coba diatur kmbali posisi lnb keatas/kbawah atw derajat h/v nya.atw gnti dgn lnb 18k keatas… 3..utk stel 2lnb lihat dulu swit lnb yg dgunakan apakah diseqc atw 22k lalu sesuaikan pnyetelanya direciver/setting satelit..4.utk yg hanya sbgian saja siaran dpt dterima spt metro,rcti,tvone dll blm dpt diterima masalahnya dari parabola anda yg arahnya blm tepat ttapi bila hanya siaran yg dapat diterima hanya jalur vertikal kemungkinan lnbx yg brmasalah…saran saya gunakanlah lnb 18k keatas agar penangkapan parabola smakin kuat..semoga berguna..salam dari palu(zul-tenk) utk solusi parabola bisa hub.saya hp.081341054872
Balas
Jerry Says: Nov 7, 2008 at 10:08 pm
saya pake receiver zenon tapi daftar siarannya hilang. tolong minta daftar channel tvnya lengkap dgn frekuensi, lnb freq, symbol rate, tel pid, video pid, audio pid dan pcr pid nya. terima kasih sebelumnya
Balas
ANDRIANA Says: Nov 14, 2008 at 11:20 am
lam kenal, bang aku bru pasang parabola pake posisioner. trs skrg siaranya dah pada ilang. tolong ksh tw cara nyari siaranya… krm aja ke e-mailku. andriana_timenes@yahoo.com
Balas
ade irawan Says: Nov 14, 2008 at 1:14 pm
lam kenal bang….kebetulan ditempat ku gak kayak kota2 besar lainnya yang bisa nangkep siaran televisi tanpa parabola. makanya kau beli digital receiver dan parabola dengan 2 lnb. trus aku pasangin swicth agar 1 piringan parabola bisa 4 digital (penghematan ). mau minta tolong daftar frekuensi siaran televisi yang lain, soalnya saya cuma dapet siaran televisi indonesia saja. kalo dengan kondisi perangkat yang saya punya bisa menangkap siaran televisi yang lain, mohon kiranya diberikan daftar tv + frekuensinya ke alamat emailku saja adeirawanz@gmail.com.atas perhatian dan masukkannya saya ucapkan terima kasih.
Balas
Said palolo Says: Des 1, 2008 at 9:34 pm
@adriana : hilangx siaran mgkn stlan positioner berubah/atw lnb anda brmslh…@jerry/ade irawan : utk update siaran silahkan lihat di http://www.lyngsat.com/ atw satco.dx.com
Balas
Arstel Says: Des 30, 2008 at 11:37 am
Mas, mau tanya kalau kita punya parabola diseq dvb.
1. kalau ada tambahan channel di satellite tertentu bagaimana?2. kalau kita mau di update tentang channel parabola yang baru atau yang pindah posisi ada di website mana.Terima kasih
Balas
azis Says: Jan 4, 2009 at 10:25 am
mas berapa sudut kemiringan dan arah posisi yang tepat untuk pemasangan parabola digital untuk daerah sul-sel.soalx cmn dapt beberapa siaran meski udh pasang 2 lnb pada parabola.apa hrs tambh lnb lagi?,dan bagaimana cara dapat mengakses nomor frekuensi simbol rate,volaritas dan sbgaix?
Balas
pabenk Says: Jan 5, 2009 at 11:50 am
mt siang semua na..alamat untuk lihat frekuensi Tv apa ya…??? satdox,,atau tolng kasih alamt web na yang benar?? Thk
Balas
Said palolo Says: Jan 7, 2009 at 11:33 pm
Sdkit pencerahan@ utk lihat list lengkap siaran parabola teman2 bisa ke http://www.lyngsat.com/ atw http://www.satcodx3.com..atau/ bs dserch dgoogle dgn keyword nama satelit .mis”: palapa c2 satcodx,…dll.salam dari palu mw info lgkap ttg parabola silhkan 081341054872
Balas
fii Says: Jan 14, 2009 at 10:22 pm
mas tlong minta daftar list frekwensi siaran parabola ataw digital diseluruh dunia kalau ada yang ada siaran bluefilm nya(BF).thanks verymuch.MR FII DI TEBING TINGGI SUMUT
Balas
Yopi Says: Jan 17, 2009 at 7:35 pm
Mas di tv saya cuman bisa dapat siaran di satelit palapa c2 aja, sementara parabola yang saya pakai 2 LNB, trus kalaw yang satelit telkom 1 tidak ada signal, tolong kirimkan nomor frequensi untuk satelite telkom 1
SalaYopi ( Papua Barat )
Balas
ully Says: Jan 25, 2009 at 6:29 pm
mas tlng kode frekwensi parabola digital buat SCTV dong sctv dirumah saya hilang sinyal mksh ya mas
Balas
Allan Says: Jan 25, 2009 at 9:48 pm
Mau tanya2 nich Om,
agar satu receiver bisa untuk beberapa tv (channelnya bs d-akses semua kayak di hotel2 gedhe) pake alat apaan?dimana saya bisa membelinya dan berapa harganya?
terimakasih banyak Om…
Balas
prass Says: Jan 29, 2009 at 3:34 pm
setting SCTV? coba di:http://www.lyngsat.com/palapac2.html
lam kenal….
Balas
Musa minta lontong Says: Jan 30, 2009 at 9:53 am
Bapak,ibu,kakak,adek,smuany yg da dsini,tolongin aq y! Aq minta tolng kirimi daftar frekuensi channel tv dunia,klo gk da yg nasional jg gk papa.Kirim k email q musahuda89@yahoo.comtrims sbelumny
Balas
yuli Says: Feb 1, 2009 at 7:12 pm
mas aq mo tanya gmn cara pasang dua lnb yg digunakan untuk 2 receiver tanpa mengganggu receiver yang lain?sebab aq da pasang secara lgsung dr 1 receiver ke receiver lainnya, ada beberapa stasiun hilang (terutama yang satelit Telkom)?mas beri pencerahannya yhaaaaaaaaaaaaaaaa
Balas
wiwied v Says: Feb 3, 2009 at 1:12 am
Salaam Pak…Saya lagi bingung nie Pak…, mohon bantuannya yah…, gara2 mau ngerubah frekuensi SCTV baru, siaran2 dari antenna Telkom1 pada ilang semua yah. Sekarang SCTV-nya dapet (plus channel2 dari PalapaC2-C), tapi yang dari Telkom malah nggak dapet sama sekali. Padahal saya udah masukin setting-an frekuensi sesuai dengan yang ada di http://www.lyngsat.com/telkom1.html, tapi selalu “no signal”. Kenapa ya Pak? Mohon bantuannya ya Pak. Maturnuwun bangeeeet…
salam,wiwied v
Balas
monica Says: Feb 15, 2009 at 8:14 am
Mas bisa bantu cara mencari signal Satelite termasuk Frequnency, symbol rate dan Polarity-nya dengan cara paling mudah untuk masing2 chanel, masih awam nih…tks
Balas
thamrin Says: Feb 16, 2009 at 4:14 pm
mohon dikirim frekwensi digital baru tahun 2009n kepada saya karena saya seorang pemasang parabola
To Om Thamrin :
Di sebelah kiri blog saya ada linknya tuh…..Thanks
Balas
bungsu Says: Feb 22, 2009 at 11:39 pm
mau nanya pak , bagaimana caranya membuat sambungan paralel agar satu parabola bisa digunakan untuk dua atau lebih TV dengan siaran yang berbeda . alat apa saja yang diperlukan dan bagaimana cara pemasanganya , terima kasih …..
Balas
bungsu Says: Feb 22, 2009 at 11:40 pm
mau nanya pak , bagaimana caranya membuat sambungan paralel agar satu parabola bisa digunakan untuk dua atau lebih TV dengan siaran yang berbeda . alat apa saja yang diperlukan dan bagaimana cara pemasanganya , terima kasih …..
Balas
Freddy Hernawan Says: Feb 27, 2009 at 7:41 pm
wah infonya bagus sekali nih. makasih yah infonya.
Balas
said Says: Mar 1, 2009 at 11:29 pm
@ wiwid :pake 2 lnb tapi siaran telkom hilang kemungkinan setting switch diseq atw 22khz berubah coba set ulang
@ bungsu:recivernya diperbanyak sama dengan tehnologi yg digunakan tv kabel mo jelas silahkan di serch ttg tv kabel
@ yuli:lnb nya harus ganti dengan lnb 2 output
salam ikraoke@gmail.com
Balas
said palolo Says: Mar 1, 2009 at 11:35 pm
@ wiwid :pake 2 lnb tapi siaran telkom hilang kemungkinan setting switch diseq atw 22khz berubah coba set ulang
@ bungsu:recivernya diperbanyak sama dengan tehnologi yg digunakan tv kabel mo jelas silahkan di serch ttg tv kabel
@ yuli:lnb nya harus ganti dengan lnb 2 output
salam dari palu info jelas ttg parabola silahkan :salam ikraoke@gmail.com hp.081245029292
Balas
xpolx Says: Mar 4, 2009 at 3:54 pm
Salam untuk semua…
Kepada kawan-kawan yang mempunyai pengalaman memasang dan mencari signal satelit secara manual untuk PARABOLA…
Saya baru saja memasang PARABOLA di rumah. Sudah beberapa hari saya mencari signal untuk PALAPA C2 (113.0E) namun tidak berhasil juga. Untuk pengetahuan saya berada di kedudukan 516Œ07.20 N 116*23Œ59.24 E pada kordinat google earth.
Gambar di bawah menunjukkan parabola yang saya pasang di halaman rumah.
GAMBAR
Klik Sini :
http://xpolx.com/phTuition/index.php
Petunjuk:-
1 Pembaris Separuh Bulatan
2 Dasar Kemiringan Parabola
3 Kunci Penetapan Keseimbangan
4 Motor
Persoalan saya, bagaimanakah saya dapat menentukan arah signal satelit ke arah PALAPA C2. Apakah yang perlu saya ubah pada posisi Piring Parabola saya itu?
Untuk Ketetapan pada ketika parabola itu diambil gambar, kedudukan nombor 1 110 darjah ke arah Barat. Petunjuk no. 2 menghala ke Utara-Selatan.
Apakah silapnya pemasangan PARABOLA ini untuk mencari Signal PALAPA C2.
Balas
Rubiyanto Says: Mar 8, 2009 at 4:38 pm
Mas bisa kasih saya daftar frekwensi luar negri untuk receiver matik 3 LNB?Saya harap dkirim via email saya.Tq
Balas
dedy Says: Mar 11, 2009 at 11:58 am
mas tolong donk kirimkan channel-channel yang baru melalui email saya
Balas
fiet Says: Mar 26, 2009 at 11:32 pm
mas mo tnya merk rx parabola apa yg bagus dan bisa di upgrade..?dan berapa harganya.
Balas
haris Says: Apr 5, 2009 at 9:26 am
asalamualaikm gimana ya caranya agar semua satelit di atas tadi bisa di tangkap di rumah saya?
Balas
haris Says: Apr 5, 2009 at 9:30 am
bagaimana agar signal di rumah saya mutu signalnya kuat?apa mungkin Lnb nya yg eror
Balas
MujiTRIAS Says: Apr 11, 2009 at 3:27 pm
bagaimana menambah cenel tv, dan mengunakan satelit apa krn cenel tv tempat saya terbatas
Balas
aji Says: Apr 20, 2009 at 2:49 pm
askum,mo tanya,arah palapa c2.kemana ya?trus,kalo parabola manual kayak saya punya dari china,sctv,tpi gambar dan sinyal bagus.tp chanel lainnya belum dapat ditangkap,padahal frek,symbol rate,udah diedit menurut arahan.thanks.cpt dibls ya…
Balas
wahyu Says: Apr 22, 2009 at 12:57 pm
Mohon masukan, saat ini saya bisa menangkap satelit paling timur PAS8 166E dan paling barat Insat 2E 83E. Saya ingin sekali bisa menangkap lebih ke barat lagi tapi muncul error di positioner venus saya. apakah ada cara supaya parabola bisa diarahkan lebih ke barat sehingga bisa menangkap satelit thaicom2/5, telstar 10 atau syukur2 bisa yamal 202 (mengorbankan satelit di timur tidak apa2). saya memakai paket parabola standart venus. posisi depok selatan jakarta. terima kasih
Balas
TORA Says: Mei 7, 2009 at 11:06 am
tolong dong mas kasiih tau daftar frekwensi lnb,trans symbolrate,tel pid, dst untuk chanel tv nasional.bls tora_alip@yahoo.co.id
Balas
muhamad soleh Says: Mei 8, 2009 at 5:42 pm
Mas bisa bantu cara mencari signal Satelite termasuk Frequnency, symbol rate dan Polarity-nya dengan cara paling mudah untuk masing2 chanel, masih awam nih…tks
Balas
zukaily Says: Mei 9, 2009 at 7:54 pm
salam…mau nanya..gue balik dr taiwan.gue beli parabola yang brand nya lawrence tp gue ngak tahu gi mana mau nyiapin agar signal nya berfungsi..gue org malaysia.boleh tolong ngak?
Balas
zukaily Says: Mei 9, 2009 at 7:56 pm
sent to my email: as_serpani84@yahoo.com.my
Balas
ben Says: Mei 18, 2009 at 9:45 pm
bisa kasi daftar frekuensinya ga mas….?
HBO, ESPN. ect
Balas
denzy Says: Mei 21, 2009 at 6:00 pm
hai semua org indonesia dan malaysia…saya orang malaysia..saya baru saja beli satu parabola dari china..tapi ngak tau cara2 untuk pasangkannya dan mencari channel…saya suka banget sama channel indonesia..bole ngak siapa2 disini yang sudi ajarin saya…email saya aja di abusayyaf81@yahoo.com..terima kasih.
Balas
Fad lee Says: Jun 3, 2009 at 12:49 am
Cara psg,Jarak dan posisi hadap menghadap tiap lnb untuk 4 lnbf c band donk,mklm sih baru coba2. Ku pake rx matrix strawbery, br beli ama 6ft piring, + 4in1 lnbf goldsat 17K. Gmn yach
Balas
E70 Says: Jun 18, 2009 at 3:56 pm
bro n sista’ ada daftar PID stasiun TV dari satelit palapa c2 n telkom??? kalo boleh sama daftar PID Tv luar dong…email ke redztone@ayahoo.com…please ya…..
Balas
M.Jimanto Says: Jun 20, 2009 at 11:52 pm
assalamua’laikum,salam kenal mas,ini saya JIMANTO/Sampit kalteng,mo nanya,gimana cara setting DSR agar signal 2 satelit dapat di gabung menjadi satu?kalo untuk seting parabola/lnb 2 & switch sudah bisa. Saya memakai DSR Panasat.skian mohon jawabanya,send via email.n thx
Balas
moonraker Says: Jul 4, 2009 at 2:06 pm
untuk lihat world channel updated, bisa lihat di http://www.satcodx.com/
Balas
reja Says: Jul 22, 2009 at 10:50 am
mas minta kirimin frekuensi-frekuensi terbaru terutama tv one
Balas
atto.mastor Says: Agu 11, 2009 at 9:32 pm
kemaren g nyoba tes pasang lnb parabola dak tau kenapa kok yang di dapat siaran luar negeri semua ada 30 lebih….so mau nanya salahnya dimana,,,tlong
Balas
Alfasera Says: Okt 10, 2009 at 3:28 am
Assalamualaikum hello teman2.yang ingin bertanya…hubungi Alfa di +96654921257.via sms mungkin bisa membantu. thangs
Balas
Alfasera Says: Okt 10, 2009 at 3:33 am
Assalamualaikum hello teman2.yang ingin bertanya…hubungi Alfa di +966554921257.via sms mungkin bisa membantu. thangs
Balas
dony26 Says: Okt 13, 2009 at 11:47 am
Saya mau tanya bagaimana caranya agar parabola bisa paralel ke lebih dari 1 televisi namun chanelnya bisa diganti melalui remote tv masing2… bukan dari remote receiver parabolanya… diantara semua TV bisa siaranya tidak sama ada tv yang aktiv Indosiar, ada yang sedang aktif TV 7 dll
Balas
syfakumala Says: Okt 17, 2009 at 6:01 pm
mas saya minta setting chanel2 nya donk yang luar negri!!
Balas
Paw Says: Okt 29, 2009 at 12:25 am
Hi…lam knl sya mo tnya ni sya pnya parabola d psang am motor2nya mslh nya sya nyari trans am tv7 ko gak bisa ya pdhl frek/s.rate nya udh bnr tlong donk ksi tw mslh nya krm ke email sya pawcell@yahoo.com.thank ya
Balas
Berth papua Says: Nov 7, 2009 at 4:37 pm
Salam saudara2 gimana kalau saya bisa akses siaran luar (ESPN) butu bantuannya, langkah2 mengakses siaran,No Contec 081344907175
Balas
wihok Says: Nov 16, 2009 at 7:22 pm
espn kagak bs bro. . . krn tu dah dambil ma tv berlangganan indovision!
Balas
yasa Says: Nov 7, 2009 at 11:47 pm
Salam semuanya…… mas punya parabola bekas gak???????? saya buat nembak hotspot dari rumah nih….kalau ada kirim ke email aku yah “mampusluh72@gmail.com” saya tunggu….. balasannya. terimakasih.
Balas
Dhanar Says: Nov 9, 2009 at 1:28 pm
Maaf, sblumx.Saya mw tanya knp chanel tv saya hilang. Wktu saya mw iseng2 btulin global tv yg g hlang. Tp mlah hmpir smw chanel hilang. Gmn caranya memperbaikinya?Makasih. Nanti jawabannya saya tunggu di dhanar.math@gmail.com.
Balas
moki Says: Nov 10, 2009 at 3:06 pm
drmah dah ada prbla,but maybe arahnya geser tp dikit.gimana sih cara setting yg paling mudah tuk orang awam/bodo sekalipun kaya saya….hahahaha thanks a lot
Balas
chico Says: Nov 11, 2009 at 8:18 am
Tolongi gue ya mas,,minta kirim dulu nih frekuensi baru untuk gue ;;global tv.
Balas
Jaka dilaga Says: Nov 22, 2009 at 11:36 pm
Ak u di irian tukang pasang segala merek parabola.kota Timika.dan pedalaman.karena waktuku mepet.hanya bisa bagi2 ilmu lewat sms saja Bisa tanya mulai yg free to air sampai yg byr iuran.indonesia taiwan..sampean koncoku sak antero iso hub aku.hp.081240404099.pasti di balas.aku matur nuwun nunut ngiyup lo mas rodo panjang. 1remot 1parabola bisa ratusan canel.asal pakaipenggerak.Dan resivernya murah meriah.bnyk di pasaran.jng lupa alternative piala dunia recivernya Matrik bola.mumpung masih jauh startnya cepat beli agak murah.bagi anda yg udah ada tv kabel.mungkin bisa nönton.kecuali ada larangan he he he …wasallam.and thankyou before
Balas
Jaka dilaga Says: Nov 23, 2009 at 12:24 am
Kalau di posisi Timika. Yg bisa di terima radiusnya satelit antara lain. ABS1 TAICHOM23 .ST1 INSAT2.3.MALAYSIA.MEASAT.1.3.ASIASAT2.DAN3 TELKOM.PALAPAC2.cinastar b6 India.Vinasat .jsat3 asiasat4.telestar18. Dan PANAMSAT8 DAN 2. Ma.af kurang detil itulah pandangan lebih jelasnya di http://www.lynsat.com/ .Catatan.bila pasang penggerak. Supaya jos.carilah siaran yg paling bawah satelitnya.taichom 2.3ATAU ABS1.paskan di CanalDUBAI SPORT.DAN PASKAN KE TIMUR DI SATELIT PANAMSAT8.DI CHANAL MTV CHINA.KWALITAS SIGNALNYA DI MAKSIMALKAN.SEDAN SATELIT YG LAIN PALAPA DLL PASTI MANTAP.KARNA YG LAIN PASTI NGIKUT.YG MEMUDAHKAN PENCARIAN CANAL PAKAILAH RECIVER BERPASILITAS DISEQ1.2 DAN BLIND SCAN.(MENCARI BUTA) BEGITU JUGA RECIVER PENGGERAKNYA DISEQ1.2.JADI 1REMOT 1PARABOLA1LNB.OH IYA PILÌHLAH PARABOLA YG ADA BEARING DI BREAKES MOUNTINGNYA.(ADA KELAKERNYA) TUJUANYA BIAR PUTERNYA LICIN DAN RINGAN JUGA TAK MUDAH GESER SA AT PINDAH KESATELIT1 DAN YG LAINYA.JGN LUPA ASIASAT 3 F.4111 RATE13650 H.FILM BLOKBUSTER.ASIKLAH GRATISAN.PILIHLAH RECIVER YG PUNYA MEMORRY CHANAL DI ATAS 200SAN.KARENABISA MAMPU SIMPAN BUANYAK CH.JADIKAN RUMAH ANDA PENUH DGN MEDIA INFORMASI DAN HIBURAN.KARNA RADIOPUN JUGA BISA LEWAT SATELIT PARABOLA BERATUS2 FM.ENAK TENAN.suaranya.
Balas
AKITU Says: Nov 24, 2009 at 6:49 am
mohon dijelaskan dengan gambar ya…….Bantu dulu nih!!!!!!!!!
Balas
Jaka dilaga Says: Nov 24, 2009 at 8:02 am
Waduh Sctv ganti frekwesi baru lagi 03757 rate 6250.horisontal.tapi juga ada yg frekwensi lama tetap bisa. Jawab,.kalau pakai gambar mhn ma af ye..gak bisa upload maklum.kita lagi krisis listrik.aku sempat pakai tenaga matahari mantap hasilnya.tapi cuaca daerah hutan.kadang 1bln tk ada matahari tk bisa di ramalkan.kadang panas kadang tiba2 hujan.Ok thanks.lain kali aye akan dgn gambarnya.ingat REJEKI BOLEH DI KA£KULASI TAPI YG DATANG JUSTRU BNYK YG TDK DIRENCANAKAN .Oh iya bila ingin berpartner dgn aye di wil.indo.timur.aye siap bantu.kirim foto dulu yaa barangnya.terus bila sampean perlu product papua aku bisa bantu juga lo cöntohkaos ala papua.dan.. Kerajinan Kulit Buaye asli.tas .d6mpet.sepatu.sarung hp.tas wanita yg cantik tas laptop.so al harga nanti aye hub.ke orgnya.aku cuman cari temen doang.via Tiki.pos juga bisa..ikat pinggang.Rp.180rb.blm ongkir.tdk rugi Uaaawetnya boboh… cos…
Balas
MUJIONO Says: Nov 28, 2009 at 11:00 am
CARA PASANG LNB 4,Q SERING ADA KENDALA,KADANG DAPAT KADANG TIDAK.HAL INI PENGARUH WAKTU Q LEBIH LAMA,PADAHAL Q HARI-HARI NGURUSI PARABOLA,KADANG NYERVIS,KADANG MASANG.MEMANG ORANG LAIN BILANG Q TERMASUK TEHNIK PARABOLA.TRIMS BUNG
Balas
MUJIONO Says: Nov 28, 2009 at 11:08 am
Q SERING PASANG PARABOLA LNB 4.TAPI SERING GANGGUAN,KADANG BISA KADANG KESULITAN,MOHON BUNG INFO PEDOMANNYA PASANG LNB 4.TRIMS
Balas
MUJIONO Says: Nov 28, 2009 at 11:11 am
SEMOGA PROGRAM YANG BUNG ASUH SEMAKIN JAYA DAN SUKSES
Balas
Tinggalkan Balasan

Nama (wajib)
E-mail (will not be published) (wajib)
Situs webXHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut:
       -->

Beritahu saya mengenai komentar-komentar selanjutnya melalui surel.
Entri Tersimpan
Tanggal Tulisan :
Sep 11, 2007 at 3:57 pm
Kategori :
TENTANG SATELIT
Lakukan Lebih Lanjut :
You can leave a response, or trackback from your own site.
Blog pada WordPress.com. — Theme: Connections by http://www.vanillamist.com/
var skimlinks_pub_id = "725X1342";
var skimlinks_sitename = "bramrider.wordpress.com";
var skimlinks_domain = "go2.wordpress.com";
skimlinks();
var gaJsHost = (("https:" == document.location.protocol) ? "https://ssl." : "http://www.");
document.write(unescape("%3Cscript src='" + gaJsHost + "google-analytics.com/ga.js' type='text/javascript'%3E%3C/script%3E"));
var wpcomPageTracker = _gat._getTracker("UA-52447-2");
wpcomPageTracker._setDomainName("wordpress.com");
wpcomPageTracker._initData();
wpcomPageTracker._trackPageview();
_qoptions = { labels:"adt.0,language.id" };_qacct="p-18-mFEk4J448M";quantserve();
_acseed='Nm01fCNhbSRyYkgvVDVxYj5mP2VPY1tve3J3bCxGOiszc2YpWH5QYFR9fDdRSEAvNi0qak5YOlMtSlt7RzktQmYoUUZzcDhObz5BamthUUFqL3hHNkkhLE1jQlklUXpMX2k1T1MgL1g1R30zMHdIMXdsNXRfdy5dcFRxcnxaMkJ7ZEtbZWhqcVN7XkFecg==';
st_go({'blog':'1697531','v':'wpcom','user_id':'0','post':'12','subd':'bramrider'});
ex_go({'crypt':'RDZ8LFkxbXFDLnxzdyZ0LlVGclZsRU92T1hDWkhbZHFseWdFYzFpcV9STXpMdy5sW1E3T3VkWEJMeXprRUZSOWpTeW9HQlZHUk0/Mi9JTVdTTDhUSmMvXUU5TGFCP0lib1FXPW1sYV9wbWhKdV10WDlEeF9NeDRMS3xFT0EueDR8Tj1nMzQ5OXpkUU5aJiY2Wm50M1BCcllYcXozK1lYN3JlRkQ4RG05anx0Y1glZ1V1blFFMkhvb0NEaS43WFgzZzl3RSZnP3ptbzF0UGdqPXdmLnlSeS0/bGh+RX5aRjk5PSYvdkFibi1GfFRManN1NFJzMSY4ZFBHRkpUaWhyX1s1R1plZGZDbGkvJitqSWVudixISXJLPzUrTy5dTW5EUWY0LDFBR2NCOTFlRS5vXy4uWG94SFsuVUkxXzBnfDVnaGNTTTA5W3xROHU='});
addLoadEvent(function(){linktracker_init('1697531',12);});



Tiada ulasan:

Catat Ulasan


















KETURUNAN SIAM MALAYSIA.

Walaupun saya sebagai rakyat malaysia yang berketurunan siam malaysia,saya tetap bangga saya adalah thai malaysia.Pada setiap tahun saya akan sambut perayaan di thailand iaitu hari kebesaraan raja thai serta saya memasang bendera kebangsaan gajah putih.

LinkWithin