Ahad, 4 Disember 2011

MASALAH PENDIDIKAN SEKS.

Pendidikan seks
Pendidikan seks atau seksualitas pendidikan adalah proses perolehan informasi dan pembentukan sikap dan keyakinan tentang seks, identitas seksual, hubungan dan keintiman. Ini juga merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan pendidikan mengenai anatomi seksual manusia, reproduksi seksual, hubungan seksual, kesehatan reproduksi, hubungan emosional dan aspek lain dari perilaku seksual manusia. Hal ini sangat lah penting bagi masyarakat umum, bahwa kaum muda memiliki hak untuk dididik tentang seks. Ini karena mereka mungkin terkena berbagai sikap dan keyakinan dalam kaitannya dengan seks dan seksualitas. Dan di sisi lain, beberapa pesan kesehatan selalu palu disampaikan pada dampak dari berhubungan seks, seperti tertular infeksi menular seksual, kehamilan yang tidak diinginkan, penyakit kelamin,dll. Pendidikan seks dapat menambah pengetahuan yang ada dan memperbaiki setiap kesalahan informasi yang mereka miliki.
Setiap orang mendapatkan informasi tentang seks dari sumber yang berbeda. Ini bisa melalui media, dari teman, orang tua, sekolah dan lembaga kesehatan. Ini telah membentuk bagian dari kurikulum di sekolah-sekolah di seluruh dunia. Hal ini dikatakan formal maupun informal, tergantung pada sumbernya. Bila sumber berasal dari orang tua, teman, pemimpin agama, dari percakapan santai dengan teman, atau melalui media, dikatakan bersifat informal. Ketika ditawarkan oleh sekolah atau penyedia perawatan kesehatan ini disebut sebagai formal.
Tujuan Pendidikan Seks
Tujuan dasar pendidikan seks adalah untuk mengurangi risiko hasil negatif dari perilaku seksual berisiko. Ini adalah cara di mana para pemuda belajar dan mengadopsi sikap yang tepat terhadap seks. Hal ini bertujuan untuk menginformasikan masyarakat tentang bahaya perilaku seksual berisiko yang dapat menyebabkan kehamilan remaja yang tidak diinginkan, kontraksi infeksi menular seksual seperti HIV. Ini membantu para pemuda untuk memiliki pola pikir positif tentang seks dan seksualitas mereka. Hal ini juga memberdayakan pemuda terhadap pelanggaran seksual.
Kapan Pendidikan Seks Perlu Dilakukan?
Meskipun secara umum diterima bahwa kaum muda memiliki hak untuk belajar tentang seks, itu tetap merupakan isu kontroversial di beberapa negara khususnya berkaitan dengan usia di mana anak-anak harus mulai menerima pendidikan tersebut. Pada usia berapa anak-anak akan dapat memahami konsep-konsep yang diajarkan selama pendidikan seks? Atau ini harus diajarkan kepada anak-anak agar mereka dapat menggunakan informasi di kemudian hari ketika mereka benar-benar mungkin membutuhkannya? Ketika diajarkan pada usia dini apakah itu mendorong kaum muda untuk berhubungan seks? Orang terkadang khawatir bahwa memberikan informasi tentang seks dan seksualitas membangkitkan rasa ingin tahu dan dapat mengakibatkan eksperimentasi seksual. Berlawanan dengan itu, penelitian telah menunjukkan bahwa pendidikan seksualitas tidak meningkatkan aktivitas seksual. Itu baik mengurangi aktivitas seksual, atau malah mereka lebih memikirkan akan pentingnya penggunaan kondom. karena itu penting dilakukan pembelajaran ilmu untuk anak-anak muda sebelum usia pubertas, dan ke atas sebelum mereka membentuk pola perilaku mereka. Usia yang tepat harus tergantung pada perkembangan fisik, emosi dan intelektual dari anak-anak muda.
Kurikulum Pendidikan Seks
Masalah batasan informasi yang perlu diberikan kepada anak-anak muda masih sangat kontroversial. Orang yang berbeda menyampaikannya, pasti memiliki pendapat dan keyakinan mereka tentang seks, dan ini biasanya mempengaruhi kesediaan mereka untuk menerima pendidikan seks atas dasar fakta bahwa apa yang diajarkan mungkin bertentangan kecenderungan moral mereka. Misalnya, Gereja Katolik Roma sangat menentang penggunaan segala bentuk kontrasepsi buatan. Pada subjek pendidikan seks, Paus Yohanes Paulus II dalam bukunya berjudul Consortio Anjuran Apostolik Familiaris, orang tua diperintahkan “untuk memberikan anak-anak mereka pendidikan yang jelas dan perlahan-lahan untuk menyampaikannya” dan bahwa “jika ideologi bertentangan dengan iman Kristen diajarkan di sekolah, keluarga harus bergabung dengan anggota keluarga yang lain dalam membantu anak-anak untuk tidak patuh terhadap iman. ”
Di India, upaya oleh pemerintah negara bagian untuk memperkenalkan pendidikan seks sebagai bagian dari kurikulum wajib sekolah. Pro dan kontrapun timbul seiring dengan kritik keras oleh orang yang mengaku hal itu bertentangan dengan budaya India dan akan menyesatkan anak-anak. Di Inggris dan Wales, tidak wajib di sekolah sebagai orang tua dapat menolak untuk membiarkan anak-anak mereka mengambil bagian dalam pelajaran. Di beberapa negara, orangtua harus memberikan persetujuan mereka sebelum anak-anak mereka dapat menghadiri kelas-kelas tersebut. Variasi ini di berbagai daerah yang diyakini telah muncul karena kontroversi  kurikulum pendidikan seks.
Berbagai topik biasanya di pelajaran dalam pendidikan seks tergantung pada hukum-hukum daerah. Beberapa di antaranya:
1. Sistem reproduksi laki-laki dan perempuan
2. Haid
3. Fisik dan emosional perubahan remaja
4. Kehamilan
5. Kontrasepsi
6. Proses Pertumbuhan
7. Bahaya kekerasan seksual
8. Homoseksualitas
9. Infeksi menular seksual (IMS)
10. Onani
11. Safe sex / penggunaan kondom
12. Pelecehan seksual
13. Seks posisi
14. kehamilan remaja
Beberapa orang merasa bahwa pendidikan seks menimbulkan kerusakan kurikulum gagasan yang sudah ada sebelumnya kesopanan dan mendorong penerimaan praktek-praktek yang tidak bermoral. Banyak agama mengajarkan bahwa seks di luar perkawinan tidak bermoral. Untuk alasan ini, homoseksual, biseksual, transgender pemuda, dan orang-orang dengan orientasi seksual atau praktek lain yang dianggap tidak bermoral sering diabaikan dalam kelas-kelas pendidikan seks. Bahkan ada kurangnya diskusi tentang praktik seks aman untuk manual, seks oral dan anal berkaitan dengan risiko besar. praktek-praktek seperti ini menjadi lebih merajalela di kalangan pemuda dan banyak mereka salah percaya bahwa mereka bebas risiko. Orang-orang memberikan pendidikan seks memiliki sikap dan kepercayaan mereka sendiri tentang seks dan seksualitas tetapi penting bahwa mereka tidak membiarkan pengaruh negatif ini pendidikan seks yang mereka sediakan.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan


















KETURUNAN SIAM MALAYSIA.

Walaupun saya sebagai rakyat malaysia yang berketurunan siam malaysia,saya tetap bangga saya adalah thai malaysia.Pada setiap tahun saya akan sambut perayaan di thailand iaitu hari kebesaraan raja thai serta saya memasang bendera kebangsaan gajah putih.

LinkWithin