Selasa, 13 Disember 2011

GELAR ATAU SEBUTAN HYANG BUDDHA.

Gelar atau Sebutan lain Hyang Buddha
Menurut waktu sejarah, Buddha yang kita kenal ialah Buddha Gautama (Gotama; sebutan Hinayana) dan Buddha Shakyamuni (sebutan Mahayana), sedangkan menurut waktu kosmik dalam agama Buddha Mahayana terdapat banyak sekali Buddha sebagaimana dinyatakan di dalam sutra-sutra Mahayana. Gelar atau sebutan lain Hyang Buddha ada sepuluh, yakni :
1.Tathagata (Skt.; Pali) : 'Dia' yang telah datang dan telah melaksanakan semua tugas Buddha, yang mengambil jalan absolut mengenai sebab dan akibat, dan telah mencapai kebijaksanaan maha sempurna.
2. Arahat (SKt.; Pali; Arhat) : Buddha sempurna, yang berarti 'patut dipuja'. Juga berarti seorang suci tingkat tertinggi dalam aliran Hinayana, sedangkan Mahayana adalah Bodhisattva.
3. Samyak-Sambuddha (Skt.) ; (Pali : Samma-Sambuddha) : 'Dia' yang telah mencapai Penerangan Sempurna dan Maha mengetahui.
4. Vidyā-Carana-Sampanna (Skt.) ; (Vijja-Carana-Sampanna) : Yang berbakat Pengertian Kesucian Leluhur, Yang mencapai Bodhi Teragung ( Pengetahuan-perbuatan-sempurna).
5. Sugata (Skt.; Pali) : Yang Maha Mulia; Yang telah mencapai Jalan yang benar.
6. Lokavid (Skt.; Pali : Loka-Vidu) : Yang telah mengetahui atau memahami Kebenaran sejagad.
7. Anuttara (Skt.; Pali ) : Yang tak dapat dibandingkan; yang telah memperoleh segala-galanya dan mencapai setinggi-tingginya ( Anuttara-Samyak-Sambuddha)
8. Purusa-Damya-Sārathi (Skt. ); (Pali : Purisa-Damma-Sarathi) : Penunjuk, Pendidik serta pemimpin seluruh makhluk yang memerlukan Pembinaan-Nya. Penjinak hawa nafsu.
9. Sāstā-Deva-Manusyānām (Skt. ;) (Pali : Sattha-Deva-Manussanam) : Guru junjungan para Dewa-Dewi serta manusia.
10.Buddha-Lokanatha atau Bhagavān (Bhagavat) (Skt. ); ( Pali : Bhagava) : Sang Maha Suci yang sempurna Kebijaksanaan-Nya. Yang dihormati dunia, Buddha sempurna.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan


















KETURUNAN SIAM MALAYSIA.

Walaupun saya sebagai rakyat malaysia yang berketurunan siam malaysia,saya tetap bangga saya adalah thai malaysia.Pada setiap tahun saya akan sambut perayaan di thailand iaitu hari kebesaraan raja thai serta saya memasang bendera kebangsaan gajah putih.

LinkWithin